Top

Aktivitas Merdeka Belajar PAUD: Membuat Minuman Sehat dan Bervariasi

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

28 Ags 2023

  |  

Edukasi

Anak PAUD perlu belajar membuat aneka minuman. Minuman yang simpel dalam hal pembuatan dan yang menyehatkan bisa menjadi pilihan. Selain karena dibuat dengan cara yang lebih higienis, minuman yang dibuat sendiri bisa mengurangi pengeluaran. Anak-anak didik akan belajar tentang karakter cara hidup hemat dan kemandirian saat belajar membuat minuman.

Dilansir dari Hopkinsallchildrens.org, dijelaskan bahwa apa yang diminum anak-anak dapat sangat memengaruhi jumlah kalori yang mereka konsumsi dan jumlah kalsium (yang dibutuhkan untuk membangun tulang kuat) yang didapat tubuh mereka.

Pembelajaran tentang cara membuat minuman sehat sangat penting bagi anak PAUD. Inilah beberapa jenis minuman yang bisa diajarkan kepada anak-anak didik usia PAUD.

1. Jeruk Hangat

Edukasi siswa bahwa minuman ini mengandung vitamin C yang tinggi. Sangat baik diminum saat cuaca dingin atau hujan untuk menjaga imun tubuh. Jeruk hangat juga bermanfaat untuk memperlancar pencernaan.

Baca juga: Ide Aktivitas Belajar Topik Minuman Kesukaanku - Educa Studio

2. Jus Buah

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat jus adalah aneka buah-buahan, gula, air, dan bisa ditambahkan susu serta es batu. Peralatan yang dibutuhkan adalah blender, sendok, dan gelas. Jelaskan kepada siswa kandungan vitamin yang terdapat dalam setiap buah sebelum mengajak siswa membuat jenis minuman ini.

Siswa bisa belajar tentang aneka buah-buahan dan aneka warna dari buah saat melakukan aktivitas ini.

3. Air Lemon

Minuman ini sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh anak didik, dan mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Pastikan anak didik sudah dalam keadaan perut yang terisi saat meminumnya, agar kandungan zat asam dalam minuman ini tidak mengganggu kadar asam lambung.

4. Smoothies

Smoothies dibuat dari bahan campuran dari pisang, stroberi, yoghurt, dan susu alami. Minuman ini mengandung gula alami, sehingga tidak mengganggu kesehatan gigi anak didik.

5. Milk Tea

Minuman ini sangat menyehatkan karena mengandung protein yang tinggi. Minuman ini merupakan campuran dari susu dan teh. Anak-anak didik pasti menyukai minuman ini, apalagi bila ditambah dengan aneka toping seperti keju, jelly, boba, potongan buah-buahan dan lainnya.

6. Es Air Kelapa

Kenikmatan dari minuman ini akan lebih optimal bila ditambah dengan perasan jeruk nipis, potongan lemon, selasih, dan daun mint. Es air kelapa bermanfaat untuk memulihkan stamina dan cairan tubuh anak.

Baca juga: 7 Aktivitas Permainan PAUD Seru untuk Belajar Tema Air

7. Milkshake

Minuman ini bisa membuat perut terasa kenyang. Kandungan gizi yang terdapat dari bahan utamanya, yaitu susu, juga tidak diragukan lagi.

Campurkan aneka buah-buahan dan coklat ke dalam minuman ini agar anak-anak didik semakin tertarik untuk menikmatinya.

8. Infused Water

Minuman ini sangat cocok untuk meningkatkan selera anak agar semakin menyukai air putih. Minuman sehat dan menyegarkan ini dibuat dari bahan utama air putih yang dicampur dengan potongan aneka buah-buahan segar dan rempah. Beberapa jenis buah yang cocok sebagai bahan pembuatan minuman ini adalah nanas, lemon, stroberi, timun, jeruk nipis, dan rambutan lainnya.

Dongeng RIRI “Gara-gara Terlalu Banyak Makan”: Mengajarkan Anak untuk Makan Secukupnya

9. Cokelat Panas

Anak-anak usia dini belum diizinkan untuk minum teh atau kopi. Cokelat panas bisa menjadi alternatif. Namun, minuman ini hanya diperbolehkan untuk anak dengan usia di atas 2 tahun. Anda juga bisa menambahkan susu untuk meningkatkan gizi dan cita rasa dari minuman ini.

10. Es Yoghurt

Minuman fermentasi ini sangat menyehatkan dan disukai oleh sebagian besar anak-anak. Minuman ini mengandung mengandung probiotik yang bermanfaat untuk meningkatkan produksi bakteri baik yang bertugas menjaga kesehatan pencernaan anak.

Kisah Nabi ( KABI ) ini Mengajarkan Anak untuk Menghindari Sifat Rakus: Kisah Kabi & Deni Yang Sakit Perut 

 

Unduh Video KABI Lainnya dengan Meng-klik Gambar di Bawah Ini:

 

Guru PAUD bisa mengajak orang tua siswa saat melakukan aktivitas membuat minuman. Orang tua siswa bisa diminta bantuan dalam proses pembuatan minuman atau membawa peralatan atau bahan pembuatan minuman. Siapa tau, orang tua siswa juga memiliki ide-ide cemerlang untuk membuat aneka varian dari setiap jenis minuman atau ide-ide toping tambahan yang akan membuat minuman menjadi lebih menarik.


Sumber Referensi:
1. Freepik.com (2022). Adorable little girl with glass smoothie [1]
2. Hopkinsallchildrens.org (2023). Healthy drinks for kids [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.