Top

PERINGATAN HUT TNI: Ajak Si Kecil Merayakannya dengan Aneka Kegiatan Permainan Edukasi | Seri PAUD / TK Usia 5-6 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

21 Sep 2024

  |  

Parenting

Pada tanggal 5 Oktober 2024, bangsa Indonesia memperingati Hari Ulang Tahun / HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI). Peringatan ini adalah sebuah momen yang penting dan kesempatan yang baik untuk mengenalkan TNI kepada anak Indonesia.

LKA GRATIS: EFEKTIF Kembangkan Keterampilan Baca, Tulis, Hitung dan Kognitif Si Kecil

Dengan memberikan edukasi kepada Si Kecil, Si Kecil akan belajar menumbuhkan aneka karakter penting yang biasa dimiliki oleh segenap anggota TNI, yaitu keberanian, kedisiplinan, dan rasa cinta tanah air. Tentu saja, Si Kecil akan belajar dengan melakukan aneka kegiatan yang bervariasi, menarik, dan menyenangkan.

Artikel Terkait:
1. Modul Ajar PAUD Topik: Aku Cinta BANGSAKU, Sub Topik Mengenal BENDERA dan LAGU Kebangsaan| RPPH Usia TK 4-5 Tahun
2. MUDAH DINYANYIKAN! Inilah 6 Lagu Tema Kebangsaan dengan Nada Lagu Anak PAUD Tempo Dulu

Berikut ini adalah beberapa ide kegiatan untuk anak usia 5-6 tahun agar SI Kecil makin cinta TNI sebagai salah satu garda depan penjaga kesatuan dan pertahanan Republik Indonesia.

Mengadakan Kunjungan ke Markas TNI

Jika Ayah Bunda memiliki saudara atau teman yang berkarya di markas TNI, kegiatan ini akan mudah untuk dilakukan.

Ajak Si Kecil berkunjung ke markas TNI untuk melihat secara langsung kendaraan dan peralatan TNI. Ajak Si Kecil berkomunikasi langsung dengan salah satu anggota TNI dan mengamati seragam yang dikanakan.

Baca juga: 

Belajar Tema Polisi dengan 12 Kegiatan MUDAH untuk Anak Usia 4-5 Tahun

Menceritakan tentang TNI

Ayah Bunda bisa menceritakan kepada Si Kecil tentang apa itu TNI, perannya dalam menjaga keamanan dan pertahanan RI, dan bagaimana TNI berperan dalam aneka kegiatan sosial masyarakat.

Agar lebih menarik, Ayah Bunda bisa bercerita dengam media gambar, boneka, atau foto-foto nyata tentang karya para anggota TNI.

KABI: Ada Ratusan Kisah Teladan Nabi untuk Kembangkan Akhlak Anak Muslim

Mewarnai Gambar

Temukan aneka gambar tentara, senjata, pakaian, aksesoris, dan kendaraan militer TNI berjenis gambar garis di Google Image, lalu cetaklah gambar-gambar tersebut.

Ajak Si Kecil mewarnai gambar-gambar tersebut, sambil mengajak Si Kecil berinteraksi atau berdiskusi. Berikan penjelasan dengan kalimat efektif, sederhana, dan mudah dipahami.

Bermain Drama

Ajak Si Kecil mengamati video tentang angota TNI yang sedang melakukan baris-berbaris. Lalu, ajak Si Kecil mempraktikkan baris-berbaris sederhana, misalnya dengan melakukan aneka instruksi, “Siap”, “Hadap kiri”, “Balik kanak”, “Jalan di tempat”, “Istirahat di tempat”, dan gerakan lainnya.

Ayah Bunda juga bisa mengajak Si Kecil bermain peran tentang kegiatan TNI saat membantu orang lain, menjaga keamanan, dan lainnya.

Membuat Craft Bertema TNI

Berikut ini beberapa contoh kegiatan membuat kerajinan tangan bertema TNI:

Topi TNI dari Karton

Buat topi TNI dengan menggunakan karton berwarna hijau dan tempelkan bintang serta pita merah untuk menambah kesan militer. Ajak Si Kecil mendekorasi topi dengan stiker, kertas warna, dan aksesoris lainnya.

Bendera TNI dari Kertas Manila

Gunakan kertas manila berwarna merah sebagai bahan dasar. Ajak Si Kecil menempelkan logo TNI di atas kertas dan gambar bintang.

Kendaraan Militer

Ajak Si Kecil mengubah kotak bekas menjadi kendaraan tempur mini dengan cat hijau dan hitam. Ajak Si Kecil untuk menambahkan roda dari tutup botol dan menggambar detail seperti jendela dan antena.

Latihan Fisik Sederhana

Ajak Si Kecil untuk melakukan latihan fisik sederhana yang sering dilakukan oleh anggota TNI, seperti berjalan cepat, berlari kecil, atau latihan keseimbangan. Ayah Bunda bisa merancangnya dalam bentuk permainan.

Jelaskan pada Si Kecil bahwa TNI melakukan latihan fisik agar tubuh mereka tetap bugar, sehat, dan kuat untuk menjaga keamanan bangsa.

Baca juga:

Modul Ajar dan RPPH PAUD Tema Negaraku, Topik Lambang, Bendera, dan Lagu Kebangsaan

Bermain Puzzle TNI

Berikan Si Kecil puzzle bergambar yang menggambarkan berbagai aktivitas TNI, seperti berlatih atau mengemudikan kendaraan militer. Aktivitas ini membantu Si Kecil belajar tentang profesi TNI melalui gambar yang menyenangkan sambil melatih keterampilan motorik halus.

Membuat Poster TNI

Ajak Si Kecil membuat poster sederhana tentang profesi TNI menggunakan gambar, stiker, dan kata-kata indah tentang TNI, misalnya “Terima kasih Bapak TNI, Atas segala Jasamu Menjaga NKRI”, “Bersama TNI, Mari Jaga Kesatuan dan Keamanan Bangsa”, dan kata-kata menarik lainnya.

Bermain “Menyelesaikan Misi”

Ajak Si kecil menyelesaikan misi sederhana dalam waktu tertentu, misalnya menyusun puzzle, memindahkan air dari ember ke dalam gelas dengan sendok, dan misi sederhana lainnya, yang bisa melatih kecepatan, ketepatan, fokus, dan disiplin. Karena Si Kecil harus menyelesaikan setiap misi dalam jangka waktu tertentu.

Dengan mengajak Si Kecil melakukan variasi aktivitas bermain yang edukatif bagi anak usia 5-6 tahun tentang profesi TNI, Ayah Bunda tidak hanya memperkenalkan peran penting anggota TNI, tetapi juga mengajarkan nilai-nilai kedisiplinan, keberanian, cinta tanah air, kerja sama, dan kepedulian.

Baca juga:
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk PAUD Tema Profesi, Subtema Macam-Macam Pekerjaan

Mengajak Si Kecil melakukan kegiatan edukasi yang menyenangkan pada perayaan Hari TNI juga membantu Si Kecil memahami dan menghargai jasa para pahlawan bangsa, sekaligus menanamkan rasa bangga dan nasionalisme sejak dini. Semoga kelak Si Kecil bisa menjadi pribadi yang tangguh, hebat, dan kuat dalam membangun bangsa dan menjaga keamanan serta kesatuan bangsa Indonesia.


Sumber Referensi:

1. Teacherspayteachers.com. (2023). Get to know you activity for military kids [1]

2. Georgia4h.org. (2023). 2022 Momc activity ideas [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.