Top

MODUL AJAR Ajar 1 Minggu: Merayakan HARI KESAKTIAN PANCASILA | Kegiatan 5 Hari | RPP Mingguan PAUD Usia 5-6 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

21 Sep 2024

  |  

Edukasi

Pada tanggal 1 Oktober 2024, Indonesia merayakan Hari Kesaktian Pancasila, sebuah momen istimewa yang mengingatkan segenap rakyat Indonesia akan nilai-nilai dasar negara yang harus diwariskan kepada generasi muda Indonesia.

Artikel Terkait:
1. Modul Ajar PAUD Topik: Aku Cinta BANGSAKU, Sub Topik Mengenal BENDERA dan LAGU Kebangsaan| RPPH Usia TK 4-5 Tahun
2. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Pahlawan Kemerdekaan - Tema Negaraku Kurikulum Merdeka Belajar

Anak-anak didik usia PAUD, khususnya berusia 5-6 tahun, juga berkesempatan merayakan Hari Kesaktian Pancasila. Anak didik mendapatkan kesempatan emas untuk mengenal prinsip-prinsip dasar Pancasila melalui kegiatan yang menyenangkan dan edukatif.

Modul ajar ini dirancang untuk membantu pendidik menciptakan pengalaman belajar yang interaktif, yang tidak hanya mengajarkan anak didik tentang makna Pancasila tetapi juga menanamkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air sejak dini. Berikut ini adalah contoh kegiatan yang bisa diberikan kepada anak didik dan telah dikelompokkan sesuai masing-masing sila dalam Pancasila dan bisa dipraktikkan dalam 1 minggu (5 hari pelajaran).

Selain Semangat Nasionalisme, Bantu Si Kecil Tumbuhkan Karakternya Bersama RIRI (Cerita Anak Interaktif)

Hari 1: Pengamalan Sila ke 1 Ketuhanan yang Maha Esa

Contoh kegiatannya adalah:

Mewarnai Gambar Tempat Ibadah

  • Setiap anak didik diberikan gambar tempat ibadah sesuai dengan agama masing-masing dan mintalah anak didik mewarnainya.
  • Setelah selesai, masing-masing anak didik diminta untuk mempresentasikannya dengan mengenalkan tempat ibadah agamanya, misalnya, “Ini adalah Masjid. Masjid adalah tempat ibadah agama Islam. Saya beribadah sholat di Masjid.”

Baca juga:
Modul Ajar Harian Topik Bangsaku, Lambang, Bendera, dan Lagu Kebangsaan

Membuat Pohon Syukur

  • Kegiatan ini mengajarkan kepada setiap anak didik untuk bersyukur pada hal-hal yang sederhana.
  • Siapkan sebuah gambar pohon pada kertas ukuran A3. Tuliskan judul dengan huruf besar yang bertuliskan, “1 Hal yang Aku Syukuri Adalah …”.
  • Lalu, berikan sebuah kertas kecil untuk menuliskan 1 hal yang bisa disyukuri oleh anak didik, misalnya dengan menuliskan: “Sehat”, “Bisa sekolah”, “Punya banyak teman”, dan lainnya.

Kembangkan Aneka Kemampuan Dasar Anak Usia Dini bersama MARBEL PELAJARAN TK DAN PAUD

.

Hari 2: Pengamalan Sila ke 2, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Contoh kegiatannya adalah:

Menonton Video tentang “Indahnya Berbagi”

  • Ajak anak didik menonton sebuah film yang mengisahkan perbuatan amal, indahnya berbagi pada sesama, pemberian donasi pada korban bencana alam, dan lainnya.
  • Setelah itu, ajak anak didik berdiskusi dan mewarnai gambar aneka kegiatan amal yang bisa dilakukan bersama teman-teman di sekolah dan bersama orang tua.

GRATIS Lembar Kerja Anak: Unduh di Platform Educa Studio

Membuat Amplop

Setiap anak didik mendapatkan sebuah kertas berwarna yang akan dilipat menjadi sebuah amplop. Setelah amplop jadi, anak didik diminta untuk menghiasinya.

Mintalah anak didik agar menggunakan amplop tersebut untuk diisi dengan uang. Anak didik diberikan kebebasan untuk membagikan uang di dalam amplop tersebut, bisa diberikan kepada orang yang tidak mampu, untuk kegiatan amal, atau diberikan saat beribadah di tempat ibadah.

Baca juga:
Lagu Tema Kebangsaan Nasional yang MUDAH Dikuasai Anak TK - PAUD

Hari 3: Pengamalan Sila ke 3, Persatuan Indonesia

Contoh kegiatannya adalah:

Melakukan Permainan Kerja Sama: Lempar Bola dalam Lingkaran

  • Ajak anak didik berdiri dalam lingkaran dan melempar bola kepada salah satu teman secara acak. Sebelum melempar bola, pelempar bola harus memanggil nama temannya agar siap menangkap bola.
  • Permainan ini bisa dibuat dalam beberapa kelompok dan dimainkan dalam bentuk kompetisi dengan cara melempar bola sebanyak-banyaknya serta dalam jangka waktu tertentu.
  • Jelaskan kepada anak didik pentingnya persatuan, kerjasama, dan komunikasi dalam suatu kelompok untuk mencapai keberhasilan.

Baca juga:
6 Rekomendasi Aktivitas Bertepuk untuk Siswa TK - PAUD Tema Negaraku

Membuat Karya Kolase

  • Anak didik membuat kolase dengan berbagai bahan seperti kertas warna, kain, dan pernik-pernik lainnya. Mereka harus berkoordinasi dan berkomunikasi untuk menyusun kolase untuk membuat suatu bentuk yang menarik.
  • Kegiatan ini memungkinkan anak-anak bekerja sama dengan efisien, menggabungkan ide dan usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik. Dengan bekerja bersama, mereka belajar saling mendukung, saling membantu, dan menghargai kontribusi masing-masing.

Hari 4: Pengamalan Sila ke 4, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Aneka kegiatan menarik tentang sila ini adalah:

Membuat Cerita Bersama

Ajak anak didik bekerja sama untuk menciptakan cerita yang mereka tulis dan ilustrasikan. Selama proses, mereka berdiskusi dan menyepakati setiap langkah pembuatan cerita secara musyawarah. Ajarkan pula, cara membuat keputusan secara voting, bila tidak ditemukan kesepakatan bersama.

Bila cerita sudah selesai dibuat, anak didik diperbolehkan memperagakannya dengan metode story telleing  atau role play.

Hari 5: Pengamalan Sila ke 5, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia”

Contoh kegiatannya adalah:

Bermain “Praktik Keadilan”

Dalam permainan ini, anak didik bermain permainan di mana mereka harus melakukan praktik membagikan sesuatu secara adil, misalnya makanan, mainan, dan lainnya.

Melakukan Kerja Kelompok

Guru membantu siswa merencanakan suatu kegiatan yang nantinya dilakukan secara berkelompok. Pastikan bahwa setiap anggota kelompok mendapatkan tugas masing-masing dan tidak ada yang “menganggur”.

Dengan menerapkan modul ajar ini, diharapkan didik PAUD berusia 5-6 tahun dapat mengerti dan merasakan pentingnya nilai-nilai Pancasila dalam keseharian.

Merayakan Hari Kesaktian Pancasila dengan cara yang kreatif dan menyenangkan akan membantu mengembangkan karakter generasi penerus bangsa agar semakin mencintai dan menghargai semangat kebangsaan.

Semoga bermanfaat!

Sumber Referensi:

1. Twinkl.co.id. (2022). Teaching kids about unity in diversity [1]

2. Quora.com. (2023). What should we teach about humanity to kids [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.