Top

Membangun Fondasi Pendidikan yang Kuat dengan Marbel TK PAUD

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

03 Okt 2024

  |  

Company

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) termasuk dalam salah satu fase terpenting dalam pertumbuhan dan perkembangan anak. Di tengah fase golden age-nya, mereka mulai belajar banyak hal, seperti pengetahuan, keterampilan, hingga karakter. Dalam fase itu pula, banyak perkembangan terjadi dalam kehidupan anak. Oleh sebab itu, orang tua tidak boleh abai jika si kecil masih masuk dalam fase golden age.

Saat ini, perkembangan digital begitu masif. Kemunculan teknologi pendidikan banyak melahirkan alat pendidikan yang inovatif juga bermanfaat bagi anak usia dini. Karena tidak dapat dipungkiri, teknologi dan digitalisasi sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.

Marbel TK PAUD adalah satu di antara banyaknya gim edukasi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran anak PAUD. Gim ini termasuk dalam produk unggulan Educa Studio, yang berusaha menyajikan proses belajar interaktif dan menyenangkan.

Artikel ini akan membahas bagaimana Marbel TK PAUD secara nyata berkontribusi dalam dunia pendidikan, khususnya PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini.

Baca juga: Manfaat Teknologi dalam Pendidikan Anak: Menyelami 3 Kegunaan Marbel dari Educa Studio

Meningkatkan minat dan motivasi belajar

Sebagai alat pendidikan yang inovatif, Marbel TK PAUD dapat meningkatkan minat juga motivasi belajar anak. Sebab, gim edukasi ini dikemas secara interaktif dan menyenangkan, dengan menghadirkan berbagai konten edukatif, seperti video animasi, program belajar, dan permainan.

Lewat pendekatan ini, anak dimotivasi untuk terlibat aktif dalam proses belajar. Mereka pun juga akan merasa senang, terhibur, dan bersemangat saat belajar dengan Marbel TK PAUD.

Mengembangkan keterampilan dasar

Meski belum menjadi kewajiban, ada baiknya untuk mulai mengajarkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung dalam diri anak. Gim Marbel TK PAUD hadir untuk membantu orang tua mengajarkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung pada anak usia dini mereka. Selain menggunakan gim Marbel TK PAUD, orang tua juga bisa memanfaatkan alat peraga edukasi yang bisa dibeli di Shopee Marbel Junior.

Semua materi yang tersaji dalam gim Marbel TK PAUD sudah disetujui oleh para pengajar di Google Play Store. Jadi, materi itu sudah dipastikan relevan dan bermanfaat bagi anak usia dini, dan secara tidak langsung hal ini turut berperan dalam membangun fondasi pendidikan yang kuat.

Memfasilitasi proses belajar mandiri

Salah satu manfaat Marbel TK PAUD adalah memfasilitasi proses belajar mandiri. Gim edukasi Marbel TK PAUD mendukung proses belajar secara mandiri. Anak usia dini bisa dengan bebas mengkesplorasi keseluruhan isi gim, karena perintah yang diberikan jelas.

Baca juga: Educa Studio Memeriahkan Acara Indonesia StartUp Dialogue bersama Kemendag, YouTube Indonesia, Google Indonesia di Universitas Brawijaya dengan Game Marbel TK Paud

Dengan belajar mandiri ini, anak makin percaya diri dengan kemampuan yang dimilikinya. Sehingga ketika mereka memasuki dunia pendidikan formal, anak akan lebih dimampukan untuk bersikap mandiri dan percaya diri.

Mendukung proses belajar yang menyenangkan dan interaktif

Sebagai alat pembelajaran yang inovatif, kontribusi nyata dari Marbel TK PAUD untuk pendidikan Indonesia adalah mendukung proses belajar yang menyenangkan dan interaktif untuk anak usia dini.

Semua aktivitas pembelajaran dan permainan dalam gim Marbel TK PAUD mendorong anak untuk berpikir lebih kritis, cermat dalam menyelesaikan masalah, dan terampil dalam mengambil keputusan.

Menciptakan proses belajar yang fleksibel

Salah satu manfaat Marbel TK PAUD adalah menciptakan proses belajar yang fleksibel. Anak bisa mengakses gim edukasi ini dari mana saja, tanpa batasan waktu dan ruang, sehingga proses belajar jadi lebih mudah dan fleksibel.

Fleksibilitas ini sangat membantu anak untuk belajar lebih efektif dan dapat disesuaikan dengan rutinitas sehari-hari mereka. Misal, anak bisa belajar dan mengakses gim Marbel TK PAUD di malam, pagi, siang, atau sore hari.

Baca juga: 3 Karakteristik Utama Brand Unggulan Educa Studio: Marbel, Riri, dan Kabi

Dari pemaparan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa gim edukasi Marbel TK PAUD dari Educa Studio sangat cocok, efektif, dan tepat untuk membantu proses perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Marbel TK PAUD bukan hanya menawarkan solusi yang efektif, interaktif, dan menyenangkan, tapi turut membantu perkembangan keterampilan kognitif anak. Dengan begitulah, gim Marbel TK PAUD sebagai alat pendidikan yang inovatif bisa berkontribusi nyata dalam membangun fondasi pendidikan yang kuat.

Educa Studio percaya bahwa proses pembelajaran, sejatinya, bisa dikemas secara interaktif dan menyenangkan. Oleh sebab itu, Educa Studio menghadirkan gim edukasi Marbel TK PAUD sebagai solusi teknologi pendidikan yang cepat, tepat, mudah, murah, serta menyenangkan.


Sumber referensi: 

  • Kemendikbud Tegaskan Penguasaan Baca, Tulis, dan Hitung Tidak Wajib Bagi Anak PAUD. (2019). Tanggal akses: 3 Oktober 2024.
  • Tonasih, dkk. (2024). Buku Ajar Bayi, Balita, dan Anak Prasekolah. Jakarta: Mahakarya Citra Utama.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio