Top

Kabi sebagai Media Digital untuk Belajar Agama

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

03 Okt 2024

  |  

Edukasi

Seiring berkembangnya zaman, kemunculan teknologi menghadirkan banyak inovasi yang berdampak positif dalam kehidupan manusia, baik itu dalam bidang pendidikan maupun keagamaan.  Media pembelajaran digital menjadi salah satu contoh perkembangan teknologi dewasa ini. Banyak yang menyebutkan bahwa kehadiran media tersebut banyak berkontribusi positif dalam perkembangan dunia pendidikan. 

Secara sederhana, media pembelajaran digital adalah penggunaan teknologi berbentuk software atau perangkat lunak, untuk menyalurkan informasi atau pengetahuan kepada kelompok tertentu. Informasi atau pengetahuan yang dimaksud ini, mencakup pengetahuan, keterampilan, maupun sikap seseorang, yang tentunya sudah tidak dibatasi lagi oleh ruang dan waktu.

Awalnya, pendidikan agama Islam diajarkan secara tradisional atau konvensional, yang jelas membantu mempertahankan nilai dan pengetahuan agama Islam lebih baik. Namun, seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi memberi akses bagi hadirnya media digital untuk belajar agama.

Dengan demikian, bisa kita lihat bahwa media digital untuk belajar agama, sebenarnya memberi banyak dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan keimanan juga ketakwaan seseorang, jika dilakukan sesuai dengan proporsinya.

Baca juga: Pelajari 5 Rukun Islam bersama Kabi - Kisah Teladan Nabi

Kabi sebagai media digital untuk belajar agama

Salah satu kelebihan media pembelajaran digital, yakni bisa diakses dengan mudah. Media digital memungkinkan orang untuk mengaksesnya via laptop, smartphone, atau perangkat teknologi lainnya.

Kelebihan media pembelajaran digital lainnya, yaitu biaya yang dikeluarkan lebih terjangkau. Hanya butuh jaringan internet dan perangkat teknologi saja untuk mengakses media pembelajaran digital.

Tak hanya itu, mereka yang menggunakan media pembelajaran digital, cenderung berwawasan luas. Karena materi yang diakses jauh lebih beragam dibanding media konvensional, seperti buku, televisi, dan radio.

Terakhir, kelebihan media pembelajaran digital, yakni waktu belajarnya lebih fleksibel. Orang bisa belajar dan mengakses media digital ini kapan saja, tanpa batasan ruang dan waktu. Sifatnya inilah yang membuat media pembelajaran digital lebih digemari orang dibanding media konvensional.

Walau memiliki sejumlah kelebihan, media pembelajaran digital tetap memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya, yakni keterbatasan akses internet atau perangkat teknologi yang menghambat proses belajar secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Menumbuhkan Keterampilan Beragama dengan Kabi - Kisah Teladan Nabi

Kekurangan media pembelajaran digital lainnya, yakni sulit memahami materi belajar yang diberikan. Berbeda dengan media belajar konvensional, media pembelajaran digital membutuhkan proses pemahaman yang lebih tinggi dan sulit.

Terakhir, kekurangan media pembelajaran digital lainnya, yaitu tidak semua orang mengerti cara penggunaannya. Beberapa orang yang gagap teknologi atau gaptek, akan merasa kesulitan saat diminta mengakses media pembelajaran digital.

Kabi adalah media belajar digital untuk agama Islam yang hadir menemani proses anak menumbuhkan keimanan dan ketakwaannya. Kabi ditujukan untuk anak usia 2 hingga 6 tahun yang beragama Islam.

Brand unggulan Educa Studio ini membantu proses anak belajar agama Islam, agar lebih mudah memahami ajaran dan nilai moralnya. Kabi hadir dalam sejumlah channel, dan salah satunya adalah gim.

Baca juga: 3 Keuntungan Mengunduh Gim Kabi - Kisah Teladan Nabi

Berikut beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Kabi sebagai media digital untuk belajar agama:

  • Interaktivitas yang memungkinkan anak untuk berinteraksi dengan karakter dalam gim, secara tidak langsung, dengan menyentuhnya
  • Memudahkan orang untuk mengakses materi pembelajaran agama dari mana dan kapan saja. Kabi bisa diunduh secara langsung di perangkat teknologi, seperti smartphone atau tablet
  • Kabi menyediakan beberapa format pembelajaran yang memudahkan anak untuk mempelajarinya, seperti picture books, interactive, videos, hingga games
  • Pembelajarannya lebih menarik dan menyenangkan, karena ada video animasi yang ceria dan berwarna-warni, sehingga mudah menarik perhatian anak untuk belajar
  • Sebagai media digital untuk belajar agama, Kabi mendukung proses pembelajaran mandiri yang tentunya sangat penting untuk mendukung perkembangan anak. Kabi sengaja dirancang agar anak bisa belajar secara mandiri, tanpa bantuan orang dewasa
  • Keunggulan Kabi yang terakhir, yakni Kabi tidak hanya mengajarkan ajaran agama saja, tetapi turut menumbuhkan atau menanamkan nilai moral dan etika yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, seperti perasaan empati, kejujuran, serta sikap tanggung jawab.

Bisa disimpulkan bahwa pada dasarnya, apa pun media pembelajaran digital yang digunakan, pasti memberi banyak dampak positif bagi penggunanya, termasuk Kabi yang menjadi media digital untuk belajar agama.


Sumber referensi:

  • Panggabean, Justice Zeni Zari, dkk. (2024). Teknologi Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Green Pustaka Indonesia.
  • Gunawan, dkk. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Agama Islam Berbasis AI. Yogyakarta: K-Media.
  • Empat Kelebihan dan Kekurangan dalam Menerapkan E-Learning. (2020). Tanggal akses: 3 Oktober 2024.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio