Top

KARYA KREATIF ANAK dengan KAMERA Handphone yang Bisa Dibuat Bersama Ayah Bunda | Kategori Usia PAUD 5-6 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

31 Ags 2024

  |  

Parenting

Mendampingi Si Kecil menggunakan handphone untuk membuat karya yang bermanfaat, edukatif, dan positif adalah hal yang sangat penting di era digital. Seperti kita tahu pula, bahwa anak-anak usia dini cenderung mencontoh perilaku orang-orang di sekitarnya. Dengan bimbingan dan pendampingan yang benar, maka Si Kecil akan bisa belajar memanfaatkan handphone untuk digunakan dengan tepat dan efektif.

Artikel Terkait:

- KEGIATAN ANAK yang Sederhana & Termudah DENGAN HANDPHONE | Kembangkan Literasi Digital Bersama Si Kecil Usia 5-6 Tahun

- Literasi Digital untuk Anak Usia PAUD TERBARU: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengenalkan

Kamera handphone adalah salah satu media menarik dan sederhana yang bisa dimanfaatkan oleh Si Kecil untuk membuat kreasi unik, kreatif, dan variatif. Inilah beberapa kreasi edukatif yang bisa dibuat oleh Si Kecil, khususnya usia PAUD 5-6 tahun, dengan pendampingan Ayah Bunda:

1. Membuat Koleksi Foto Pemandangan Alam

Ajak Si Kecil berjalan-jalan di pedesaan, pegunungan, dan lingkungan alam lainnya. Ajak Si Kecil menemukan hal menarik yang bisa diabadikan dengan kamera handphone, misalnya seekor kupu-kupu yang sedang terbang, peristiwa terbitnya matahari, pemandangan pegunungan yang berkabut, dan lainnya.

Gratis LKA: Lembar Kerja Anak dari Bapak Andi dan Tim Educa Studio

Setelah itu, saat di rumah, ajak Si Kecil untuk melihat-lihat kembali koleksi foto yang telah terkumpul, dan ajak ia untuk berdiskusi tentang gambar yang ditampilkan.

Baca juga: 7 Tips Foto Keluarga Biar Jadi Family Goals

2. Membuat Album Foto Keluarga

Ajak Si Kecil mengabadikan setiap kegiatan yang ia lakukan sehari-hari, misalnya saat merapikan tempat tidur, memakai baju sendiri, merapikan mainan, dan lainnya.

Setelah foto terkumpul, ajak Si Kecil mengingat kembali hal-hal positif yang telah dia lakukan dalam kegiatan sehari-hari. Ayah Bunda juga bisa mengajak Si Kecil menceritakan kembali kegiatan-kegiatan yang telah ia lakukan.

Baca juga: 6 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Siswa Agar Mahir Literasi Digital

3. Membuat Buku Kecil Berjudul “Hobiku”

Ajarkan kepada Si Kecil bahwa ia harus memiliki banyak hobi. Saat ia melakukan setiap hobinya, Ayah Bunda bisa membantu Si Kecil untuk mendokumentasikannya dalam bentuk foto. Hobi tidaklah harus sesuatu yang luar biasa. Menulis, menggambar, jalan-jalan, bercerita, adalah hobi-hobi yang luar biasa bagi Si Kecil.

Cetak setiap foto tentang hobi tersebut, setelah itu ajak Si Kecil menuliskan 1-2 kalimat tentang hobi yang pernah ia lakukan. Motivasi selalu Si Kecil agar ia tetap rajin melakukan setiap hobinya, agar semakin berkembang.

Baca juga: 22 Tips Guru PAUD 2024: Agar Disukai Anak Didik di Era Digital

4. Membuat Kreasi Video

Ajak Si Kecil melakukan suatu kegiatan dengan tema tertentu, misalnya berolahraga. Bila menyukai olahraga bola basket, mintalah ia mendribble bola basket. Durasi video jangan terlalu lama. Namun, hanya sekitar 10-15 detik.

Setelah itu, rekam kata-kata positif yang diucapkan oleh Si Kecil. Misalnya, “Hai, namaku Rino. Hobiku bermain basket. Inilah cara mendrible bola basket dengan benar.

Baca juga: Literasi Digital untuk Anak Usia PAUD TERBARU: Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengenalkan

5. Membuat Koleksi Kartu Emosi

Ajak Si Kecil membuat ekspresi wajah senang, sedih, kecewa, marah, dan lainnya. Saat ia membuat suatu ekspresi wajah, Ayah Bunda bisa mengambil gambarnya dengan kamera.

Editlah setiap foto dengan cara memasukkan setiap foto online ke dalam frame online yang banyak tersedia di Canva atau Google Image. Lalu, cetaklah setiap gambar ekspresi wajah dalam sebuah kertas tebal (misalnya kertas manila), dan gunting satu per satu.

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil memainkan kartu tersebut untuk belajar mengenal aneka ekspresi wajah.

Baca juga:  19 Variasi Metode Bermain PAUD & TK Berbasis Teknologi yang Anak Sukai

6. Membuat Denah Rumah Bergambar

Ajak Si Kecil membuat sebuah denah rumah di atas kertas manila berukuran besar. Tuliskan nama setiap ruangan di rumah pada denah.

Lalu, ajak Si Kecil berkeliling ke dalam rumah dan mengambil foto pada setiap ruangan. Cetak semua foto ruangan di rumah dalam ukuran yang sesuai dengan ukuran ruangan pada denah. Lalu, tempelkan setiap gambar ruangan pada denah pada tempat / ruangan yang sesuai di dalam denah.

Baca juga: Modul Ajar PAUD Topik: LINGKUNGANKU, Sub Topik RUANGAN di RUMAHKU | Contoh RPPH TK Usia 4-5 Tahun

Handphone sangat bermanfaat untuk mendukung serta mengembangkan kreativitas Si Kecil. Agar hasil gambar atau video bisa semakin baik dan menarik, Ayah Bunda perlu menggunakan aneka aplikasi, platform, atau software. Maka, Ayah Bunda perlu mempelajari aneka media belajar terbaru, agar bisa membuat aneka produk atau konten yang bermanfaat dan bisa diajarkan kepada Si Kecil.

Baca juga: Tips Guru Hebat: Menyikapi Perkembangan Teknologi yang Pesat


Sumber Referensi:
1. Twinkl.cz. (2022). How your phone camera can help your child learn [1]

2. Blog.cspire.com. (2022). Summer activity getting your kids started with smartphone photography [2]

3. Freepik.com. (2022). Side view smiley kid wearing party hat [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.