Top

5 Rekomendasi Permainan untuk Anak TK dalam Gim Marbel TK PAUD

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

17 Okt 2024

  |  

Edukasi

Tiap anak di jenjang fase dan usianya, tentu memiliki perbedaan cara belajar. Contoh, metode pembelajaran anak TK (Taman Kanak-kanak) tentu berbeda dengan anak SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Oleh sebab itu, semua pihak yang terlibat langsung dalam pendidikan, terutama anak TK, baik orang tua maupun guru, sebaiknya memilih metode pembelajaran yang tepat dan disesuaikan dengan karakteristik juga usia mereka. Artikel ini akan membahas beberapa rekomendasi permainan anak TK yang bisa digunakan orang tua dalam mendidik anaknya.

Contoh permainan anak TK yang mendidik

Untuk anak TK (usia 4 hingga 6 tahun), orang tua bisa menggabungkan metode pembelajaran dengan aktivitas permainan. Mengingat di usianya tersebut, mereka lebih senang bermain ketimbang belajar.

Aktivitas belajar sambil bermain ini bisa dilakukan di dalam atau luar ruangan. Orang tua dapat menggabungkan keduanya, agar si kecil tidak merasa bosan. Berikut tiga contoh aktivitas belajar sambil bermain di luar ruangan:

Baca juga: 21 Jenis Permainan dalam Gim Edukasi Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel)

  • Berkebun

Orang tua bisa mengajak anak berkebun untuk menanam tanaman atau pohon. Selain menumbuhkan kecintaan si kecil terhadap alam, aktivitas ini juga membantu anak belajar sambil bermain dengan mengeksplorasi apa yang ada di sekitar mereka.

  • Bermain layang-layang

Permainan anak TK (Taman Kanak-kanak) yang mendidik lainnya, yakni bermain layang-layang. Orang tua bisa mengajak anak membuat layang-layang dan memainkannya bersama.

  • Bertamasya ke kebun binatang

Contoh permainan untuk anak TK yang berikutnya adalah mengajak si kecil bertamasya ke kebun binatang. Selain menambah pengetahuan soal binatang, kegiatan ini juga pasti menyenangkan hati mereka.

Sementara itu, 3 rekomendasi permainan anak TK dalam ruangan, yaitu:

  • Bermain peran

Orang tua bisa mengajak anak bermain peran. Selain melatih imajinasi dan kreativitas, kegiatan ini turut meningkatkan keterampilan kognitif, bahasa, dan motorik si kecil. Sebagai contoh, orang tua mengajak anak bermain peran sebagai penjual dan pembeli.

Baca juga: Latih Kesiapsiagaan Anak Usia Dini terhadap Gempa dengan Marbel Siaga Gempa

  • Bermain puzzle

Contoh permainan untuk anak TK yang selanjutnya, yakni bermain puzzle. Selain melatih konsentrasi si kecil, aktivitas ini juga dapat menumbuhkan keterampilan kognitif, imajinasi, dan motorik halus anak.

  • Bermain tebak lagu

Permainan anak TK yang mendidik dan bisa dilakukan di dalam ruangan, yakni bermain tebak lagu. Tidak hanya melatih konsentrasi dan daya ingat anak, bermain tebak lagu juga menjadi salah satu rekomendasi aktivitas belajar sambil bermain yang cocok untuk anak usia dini.

Rekomendasi permainan anak TK dalam gim Marbel TK PAUD

Ayah bunda tidak perlu bingung mencari rekomendasi permainan anak TK yang mendidik dan menyenangkan untuk mereka. Karena semua aktivitas belajar sambil bermain itu, sudah tersedia lengkap dalam satu gim Marbel TK PAUD. Ketika mengunduh gim Marbel TK PAUD, orang tua bisa mendampingi aktivitas belajar sambil bermain si kecil.

Ayah bunda, jangan khawatir karena semua materi yang tersedia, sudah disetujui oleh para pengajar di Google Play Store. Berikut lima rekomendasi permainan anak TK dalam gim Marbel TK PAUD:

  • Permainan puzzle huruf

Dalam permainan ini, anak akan diminta menyusun juga mencocokkan huruf sesuai susunan yang ada sebelumnya. Contoh, kata “apel” tersusun acak, dan si kecil harus menyusunnya kembali.

Baca juga: Bangun Minat Belajar Anak Usia Dini dengan Marbel TK PAUD

  • Permainan cari benda

Permainan untuk anak TK yang mendidik, dalam gim Marbel TK PAUD, salah satunya, permainan cari benda. Permainan ini membantu melatih ketelitian si kecil untuk menemukan benda yang disebutkan, seperti buku, pakaian, atau lainnya.

  • Permainan mewarnai

Rekomendasi permainan anak TK, yaitu permainan mewarnai. Selain melatih kreativitas anak, aktivitas ini turut membantu mengembangkan imajinasi mereka. Ada tiga kategori dalam permainan ini, yaitu permainan mewarnai hewan darat, hewan air, serta hewan udara.

  • Permainan berhitung

Orang tua juga bisa mengajak si kecil belajar berhitung lewat permainan dalam Marbel TK PAUD. Anak akan diminta mencocokkan serta menghitung angka atau jumlah benda yang ada. Selain melatih keterampilan, aktivitas ini juga menumbuhkan ketelitian dan pengetahuan anak.

  • Permainan kuis

Permainan anak TK yang mendidik selanjutnya adalah kuis. Pada permainan ini, si kecil diajak menebak berbagai objek yang ada, seperti angka, huruf, benda, sayur, maupun buah. Permainan ini dapat melatih pengetahuan juga keterampilan si kecil.

Tunggu apalagi, ayo Ayah bunda, segera download gim Marbel TK PAUD hanya di Google Play Store dan iOS sekarang juga!

Baca juga: Marbel TK PAUD sebagai Solusi Digital untuk Pembelajaran Anak


Sumber referensi:

  • Liputan6.com. Aktivitas Luar Rumah bersama Anak selain Ke Mal. 2015. Tanggal akses 17 Oktober 2024.
  • Ypt.or.id. Luar Biasa! Inilah 12 Permainan Edukatif Anak TK yang Mampu Menambah Kecerdasan Anak. (2017). Tanggal akses 17 Oktober 2024.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio