Top

5 Judul Cerita Fantasi Terbaik 2023 Pembangun Karakter Anak PAUD

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

26 Sep 2023

  |  

Edukasi

Ayah dan Bunda, anak-anak usia TK / PAUD sangat menyukai cerita fantasi. Mengapa? Dilansir dari Twinkl.co.id dijelaskan: “Imajinasi adalah hal yang indah dan kuat. Imajinasi memainkan peran penting dalam perkembangan anak-anak, membantu mereka mengembangkan keterampilan sosial, emosional, kreatif, dan pemecahan masalah.

Membacakan buku fantasi untuk anak Anda adalah cara brilian untuk merangsang imajinasi mereka, memungkinkan mereka mengeksplorasi ide-ide di luar batas kenyataan.

Ayah dan Bunda, Inilah beberapa judul cerita fantasi terbaik yang pernah dirilis pada tahun 2023 yang hadir dalam bentuk buku digital dan video:

1. Petualangan Mencari Istana Emas

Dongeng ini menceritakan 3 orang bersaudara yang ingin menemukan harta karun. Ada banyak rintangan yang harus mereka hadapi agar bisa menemukan harta karun tersebut.

Si Kecil bisa belajar akan pentingnya semangat pantang menyerah dalam mencapai apa yang ia harapkan. Walaupun kadang merasa lelah atau mengalami kegagalan, tapi semangat SI Kecil harus tetap membara dan terjaga.

2. Kaleng Ajaib dan Peri Awan

Ayah dan Bunda tentu ingin Si Kecil tumbuh menjadi anak-anak yang sehat, bukan? Salah satu cara agar Si Kecil tumbuh menjadi anak yang sehat adalah dengan memberikannya menu makanan yang sehat.

Dongeng ini bermanfaat untuk menumbuhkan rasa suka anak-anak pada susu dan biskuit yang lezat dan bergizi tinggi.

Si Kecil juga akan belajar pada semangat pantang menyerah dan pekerja keras dari sosok Kakek dalam dongeng ini.

3. Menginap di Rumah Raksasa

Seorang pemuda sedang menjelajah hutan. Ia menemukan sebuah rumah yang ternyata dihuni oleh seorang raksasa yang jahat. Raksasa itu sudah mencelakai banyak orang yang tersesat dan menjelajah di hutan. Bagaimana cara pemuda itu bisa selamat dari ancaman raksasa itu?

Melalui dongeng ini, Si Kecil bisa belajar untuk tetap tenang dalam situasi yang berbahaya. Ketenangan akan membuat Si Kecil menemukan jalan keluar meski dalam situasi yang sulit.

Baca juga:
1. RPPH ( Modul Ajar ) Lengkap Kurikulum Merdeka PAUD - TK
2. Permainan PAUD - TK Terlengkap Media Belajar Bermain di Kurikulum Merdeka

4. Kurcaci Kecil Pemarah

Di sebuah desa, tinggallah seorang kurcaci yang memiliki sifat pemarah. Karena sifatnya ini, ia banyak dijauhi oleh penduduk desa lainnya.

Pada suatu hari, ada seorang pemuda yang baru saja datang dan tinggal bersebelahan dengan rumahnya. Pemuda ini mengajarkan banyak hal kepada Sang Kurcaci agar ia menjadi pribadi yang baik dan penyabar. Bagaimanapun sikap pemarah akan merugikan diri sendiri.

Cerita ini bisa memberikan edukasi kepada Si Kecil akan pentingnya bersikap baik kepada tetangga dan pentingnya memiliki sikap yang penyabar.

Melalui sosok pemuda, Si Kecil juga bisa belajar akan pentingnya sikap sabar dalam menghadapi orang yang memiliki pribadi yang kurang baik. Bukan dengan kemarahan.

5. Asal Usul Ikan Duyung

Si Kecil tentu sudah tidak asing dengan tokoh dongeng berwujud Putri Ikan Duyung. Namun, bagaimana asal-usul Putri Ikan Duyung, yang dikenal juga dengan nama Mermaid ini? Si Kecil pasti penasaran bukan? Si Kecil akan menemukan jawabannya di dalam cerita ini.

Di dalam dongeng ini, SI Kecil akan belajar tentang pentingnya sifat sabar dan pemaaf. Bagaimanapun sifat pemarah dan tidak mudah memaafkan akan merugikan diri sendiri, keluarga, dan orang-orang di sekitarnya.

Aneka judul dongeng di atas bisa ditonton di kanal Youtube RIRI, Cerita Anak Interaktif. Dongeng RIRI, juga hadir dalam Playstore.

 


Ayah dan Bunda juga bisa mengajak Si Kecil mendengarkan dongeng RIRI (dalam bentuk audio) dalam platform Noice.id. Karena bentuknya audio, tentu saja akan lebih hemat kuota.

 

Perkembangan karakter adalah salah satu hal penting bagi anak usia dini. Agar Si Kecil semakin siap mengikuti kegiatan pembelajaran di TK / PAUD atau siap secara kognitif, Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil memainkan aplikasi Marbel TK / PAUD.

Semoga bermanfaat!


Sumber Referensi:

1. Twinkl.co.id. (2022). Fantasy books for kids why they are [1]

2. Freepik.com. (2022). Cute astronaut kid playing [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.