Top

17 Ide Pembiasaan untuk Membangun Rasa Percaya Diri Anak PAUD Berusia 2-3 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

11 Jan 2024

  |  

Edukasi

Kepercayaan diri adalah hal yang penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Pengembangan karakter percaya diri juga perlu diaplikasikan kepada anak didik usia 2-3 tahun. Kepercayaan diri akan mempengaruhi perkembangan aneka keterampilan anak didik, salah satu contohnya adalah keterampilan berkomunikasi. Anak yang kurang percaya diri berbicara tentu akan sulit mengembangkan keterampilan berkomunikasi.

Mengingat karakter percaya diri perlu dikembangkan sejak dini, maka guru PAUD perlu memahami ide-ide pengembangan kepercayaan diri anak didik.

1. Kegiatan yang Rutin dan Konsisten

Guru PAUD bisa memberikan kegiatan dan pembiasaan yang rutin serta konsisten kepada anak-anak didik. Mereka akan lebih memahami apa yang mereka inginkan atau harapkan dan tentu saja bisa memberikan rasa aman dan nyaman.

2. Melibatkan Orangtua

Sesekali, ajaklah orangtua untuk hadir di kelas. Berikan kesempatan kepada orangtua untuk melakukan kegiatan bersama, sehingga anak didik akan merasa bahwa ia didukung oleh oleh orangtuanya.

Pembiasaan ini sangat cocok dilakukan di awal tahun ajaran atau di saat hari pertama anak didik masuk sekolah.

3. Kegiatan Berkelompok / Groupwork

Kegiatan berkelompok bermanfaat untuk membangun keakraban antar anak didik. Ia akan merasa lebih diterima, dihargai, dan dihormati oleh teman sekelas. Ia juga akan belajar berpendapat, berinteraksi, dan mengembangkan keterampilannya dalam memimpin.

Baca juga: 7 Kegiatan Berkelompok di PAUD yang Menyenangkan dan Edukatif

4. Memberikan Aktivitas yang Melatih Kemandirian

Anak didik bisa dilatih dengan cara memberikan kesempatan padanya untuk menyiapkan alat tulis sendiri, membereskan mainan sendiri, dan lainnya. Pembiasaan ini juga akan mengembangkan karakter bertanggung jawab dan peduli pada kepentingan orang lain.

Ayo Bangun Karakter Anak Didik bersama KABI (Kisah Teladan Nabi)

 

 

5. Berdiskusi

Ajak anak didik untuk berdiskusi, baik kepada guru atau kepada teman sekelas. Dorong anak didik untuk bisa berinteraksi dan berbagi ide, misalnya mendiskusikan tentang hal-hal menarik tentang dongeng yang baru saja diceritakan.

Kepercayaan diri perlu dibangun dengan tetap memberikan perhatian kepada anak didik, agar ia tetap terampil dalam mendengarkan.

Lembar Kerja Anak: Semua Tema Ada di Platform ini

6. Berkegiatan Musikal

Berkegiatan musikal, seperti bermain musik atau bernyanyi akan memberikan kesempatan kepada anak didik untuk dapat mengekspresikan diri mereka. Ia akan terbiasa dilihat di depan publik, sambil menampilkan talentanya.

Baca juga: 15 Manfaat Bermain Musik bagi Perkembangan Anak

8. Berkegiatan Seni Rupa dan Kerajinan Tangan

Kegiatan seni rupa, seperti menggambar dan mewarnai, atau membuat seni kerajinan tangan bisa memberikan kesempatan kepada anak didik untuk berekspresi. Jangan lupa, guru perlu memberikan pujian dan apresiasi kepada anak didik, agar ia semakin merasa bangga pada karyanya.

Kerajinan tangan juga bermanfaat untuk mengembangkan motorik halus. Keterampilan ini akan membantu anak menjadi semakin terampil menulis, menggambar, dan lainnya, sehingga dapat membangkitkan rasa percaya diri juga.

9. Berikan Support yang Membangun

Guru perlu memberikan support kepada anak didik, terutama saat ia melakukan hal-hal yang baru. Sekecil apa pun perkembangannya, guru perlu memberikan pujian dan apresiasi. Dalam menilai atau memberikan dukungan, guru perlu berpusat pada proses dan perjuangan anak didik, bukan pada hasil akhirnya atau bagus-tidaknya.

10. Ciptakan Lingkungan yang Aman, Sehat, dan Nyaman

Pihak sekolah perlu memperhatikan area kelas serta tempat tempat dimana anak-anak didik belajar dan beraktivitas. Pastikan bahwa semua area tersebut aman (tidak membahayakan atau tidak beresiko terjadinya kecelakaan), sehat (rutin dibersihkan agar tetap steril), dan nyaman (membuat anak senang dan damai saat beraktivitas).

11. Berikan Kesempatan Anak untuk Bercerita

Ajak anak didik untuk bercerita tentang hal-hal yang sederhana dan dalam kesempatan apa pun. Tidak harus saat berkegiatan belajar di kelas. Namun, kegiatan ini bisa dilakukan saat bertemu dengan anak didik atau saat ada anak didik yang sedang sendirian.

Pembiasaan ini juga sangat penting untuk mendeteksi tentang mood anak didik saat berada di kelas. Siapa tahu ia sedang ada dalam persoalan yang berat.

12. Menceritakan Dongeng

Guru PAUD bisa menceritakan dongeng pengembangan karakter, terutama yang mengandung pesan moral tentang keberanian, kerja sama, dan ajaran-ajaran kebaikan lainnya.

13. Bermain Peran

Permainan drama memberikan kesempatan kepada anak-anak didik untuk tampil di atas panggung sambil berinteraksi. Anak-anak didik juga akan semakin terampil mendengarkan instruksi yang bisa membangun kepercayaan diri.

14. Beraktivitas Fisik

Beraktivitas fisik atau melakukan aneka macam olahraga bisa meningkatkan kebugaran anak-anak didik. Anak-anak yang terlihat sehat dan bugar, akan cenderung terlihat aktif dan percaya diri.

Baca juga: Permainan dan Aktivitas Menarik untuk Anak PAUD Berusia 2-3 Tahun Lainnya

15. Ruang Kelas yang Menarik

Ruang kelas yang didekorasi dengan sangat indah bisa meningkatkan kenyamanan dan kebahagiaan anak-anak didik.

16. Membangun Karakter dari Hal-Hal Sederhana

Ajarkan kepada anak-anak didik untuk bisa mengucapkan salam, berterima kasih, dan meminta maaf dengan cara yang santun. Sikap saling menghargai dan menghormati antar anak-anak didik bisa membangun kepercayaan diri setiap anak didik.

17. Perayaan Prestasi

Berikan hadiah, misalnya berupa sertifikat, kepada anak-anak didik yang menonjol dalam suatu keterampilan, karakter positif, atau bidang. Berikan penghargaan di atas panggung dan bisa disaksikan oleh teman-temannya. Anak-anak didik lainnya (yang belum menerima penghargaan) akan semakin terpacu untuk membuat suatu prestasi.

Semoga aneka ide pembiasaan dan aktivitas di atas bermanfaat untuk membangun kepercayaan diri anak-anak didik di PAUD Anda berkarya. Tetap berikan dukungan positif, memberikan kesempatan kepada anak didik lebih aktif, dan jalinlah komunikasi yang baik dengan orangtua, agar perkembangan kepercayaan diri anak-anan didik semakin optimal. Selamat mencoba!


Sumber Referensi: 

1. Freepik.com. (2022). Little boy enjoy talking with megaphone [1]

2. Biglifejournal.com. (2022). Child confidence [2]

3. Parents.app. (2022). Self esteem activities for kids [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.