Top

16 Permainan Asyik Anak PAUD / TK Usia 3 Tahun: Tema Mengenal Burung

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

11 Jan 2024

  |  

Parenting

Permainan yang asyik bisa menjadi sarana belajar untuk anak PAUD / TK. Begitu pula untuk Si Kecil yang berusia 3 tahun. Salah satu materi menarik yang dipelajari di satuan PAUD / TK adalah tema mengenal aneka burung.


Aneka aktivitas permainan di bawah ini bisa menjadi pilihan menarik, karena bisa dilakukan di rumah bersama Ayah dan Bunda.

1. Bernyanyi Lagu Tentang Burung

Sebelum mengajak Si Kecil bernyanyi, Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil mendengarkan lagu tentang burung sesering mungkin, misalnya saat berkendara dengan mobil, saat Si Kecil sibuk bermain, saat membaca buku bersama, dan kesempatan lainnya.

2. Bermain Mengenal Suara Burung

Unduh konten-konten di kanal Youtube dalam bentuk audio tentang aneka suara burung. Lalu, ajak Si Kecil mendengarkan audio bertema aneka suara burung tersebut sambil mengajaknya bermain tebak-tebakan.

3. Bermain Pantomim Bertema Burung

Berikan contoh kepada Si Kecil aneka gerakan yang khas dan biasa dilakukan oleh burung, misalnya elang yang dengan gagahnya, burung pipit yang sedang memakan biji-bijian, dan lainnya.

Ajak Si Kecil Belajar Aneka Hewan, Alfabet, Angka, Alat Transportasi, dan Aneka Tema PAUD Lainnya dengan Bermain “Marbel Pelajaran TK dan PAUD”.

 

 

4. Bermain Puzzle

Ajak Si Kecil bermain puzzle dengan tema burung. Pastkan bahwa gambar burung dalam permainan puzzle memiliki bentuk yang besar dan terdiri atas kepingan-kepingan yang tidak terlalu rumit untuk dirangkai.

5. Membuat Sarang Burung Bersama

Saat berwisata di pegunungan atau aneka tempat yang alami, ajak Si Kecil mengumpulkan ranting, rerumputan kering, dedaunan, dan lainnya. Lalu, mintalah Si Kecil merangkainya untuk membuat sebuah sarang burung. Ayah Bunda bisa menjelaskan manfaat sarang burung dan alasan mengapa burung-burung suka membuat sarang.

6. Mewarnai Gambar Burung

Mewarnai adalah salah satu aktivitas paling simpel. Namun, banyak disukai anak-anak. Ajak Si Kecil mewarnai aneka gambar burung di platform ini.

7. Bermain Gunting dan Tempel

Media bermain gunting tempel dengan tema burung, bisa ditemukan di sini.

8. Meneropong Burung

Gunakan teropong yang biasa dipakai oleh pendaki gurung. Ajak Si Kecil menggunakannya saat berwisata di pegunungan atau di tempat wisata alam. Si Kecil bisa melihat dan mengamati aneka burung dengan teropong / binocular.

Baca juga: Modul Ajar dan RPP untuk Anak PAUD

9. Bermain Memanggil Burung Pulang

Sediakan mainan boneka mungil berbentuk burung (biasanya berbahan plastik). Sebarkan mainan itu ke lantai, lalu bunyikan siulan yang menandakan bahwa “burung-burung” tersebut harus pulang. Si Kecil akan membereskan mainan berbentuk burung tersebut. Ayah Bunda bisa meminta Si Kecil menyimpan atau menempatkan mainan itu sesuai dengan warnanya, jenis makanannya, dan lainnya.

10. Membuat Binocular

Ajak Si Kecil membuat sebuah binocular dengan bahan utama sepasang selongsong tisu. Binocular mainan tersebut bisa digunakan saat Si Kecil bermain peran, serta berperan sebagai seorang pemburu atau peneliti.

Lembar Kerja Anak: Mewarnai Aneka Burung

11. Pesta Bertema Burung

Ajak Si Kecil bersama dengan kerabat atau saudara terdekat untuk mengadakan pesta kecil-kecil dengan tema burung. Ayah Bunda bisa membantu Si Kecil untuk membuat aneka dekorasi ruangan dengan tema burung.

12. Menyusun Huruf untuk Membuat Kata Bertema Nama Burung

Buatlah aneka bentuk huruf dengan bahan dasar kertas manila. Setelah jadi, ajak Si Kecil membuat kata-kata bertema nama burung.

13. Bermain Petak Umpet Burung

Mintalah Si Kecil bermain bersama teman-temannya dengan tema nama-nama burung. Setiap anak yang bermain, harus berperan menjadi seekor burung. Bila ada pemain yang ditemukan tempat persembunyiannya, maka pihak yang “jaga” harus menyebutkan nama burung sesuai dengan apa yang sudah disebutkan serta disepakati sebelum permainan dimulai.

14. Berjalan-jalan di Taman

Ketika berjalan-jalan di taman, mintalah Si Kecil menemukan atau menunjuk aneka jenis burung. Bantu Si Kecil untuk menyebutkan aneka nama burung yang ditemukan.

Baca juga: Ragam Permainan Edukasi untuk Anak Usia 3 Tahun

15. Bermain Aplikasi Edukasi

Aplikasi Edukasi berjudul “Marbel Dunia Hewan” menyediakan aneka permainan seru dengan tema pengenalan burung dan hewan lainnya.

16. Membuat Sarang Burung Berbahan Kertas

Bantu Si Kecil untuk menyediakan bahan utamanya, yaitu telur dan kertas (yang sudah disobek-sobek). Lalu, masukkan sobekan-sobekan kertas ke dalam sebuah kotak kecil berbahan karton.

Mintalah Si Kecil menghias telur tersebut dan bila ia telah selesai menghias, ia bisa menaruhnya ke dalam kotak tersebut.

Bagaimanapun pendampingan Ayah Bunda saat Si Kecil bermain adalah hal yang paling penting. Kenyamanan dan rasa gembira dalam hati Si Kecil akan membuatnya bersemangat dalam belajar. Bila ada hal-hal yang kurang ia pahami, Si Kecil bisa langsung bertanya kepada Ayah Bunda. Semangat mencoba!


Sumber Referensi:

1. Chirpforbirds.com. (2022). 8 faun ways to teach your kids about birds [1]

2. Empoweredparents.co. (2022). birds activities for preschoolers [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.