Top

17 Permainan Anak Usia 4 Tahun untuk Belajar tentang Pelangi. Mudah dan Praktis!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

11 Jan 2024

  |  

Edukasi

Anak usia 4 tahun sangat menyukai kegiatan bermain dan belajar. Pelangi adalah salah satu fenomena alam yang menarik bagi Si Kecil. Ada banyak cara dan variasi kegiatan agar Si Kecil semakin hebat dalam mendalami serta memahami pembelajaran tema alam semesta atau tema fenomena alam ini.

Inilah 4 kegiatan mudah dan praktis yang dapat membantu Si Kecil mengembangkan pengetahuan tentang pelangi dan mengembangkan kecerdasan majemuknya.

Aplikasi Gim “Pelajaran TK dan PAUD" : Media Bermain dan Belajar Karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio.

 

1. Mencari Aneka Warna Pelangi

Tunjukkan gambar pelangi dengan warna-warna dasarnya, yaitu merah, kuning, hijau, dan biru. Lalu, mintalah Si Kecil menyebutkan warna dasar yang pertama (dari warna yang paling atas), misalnya warna merah.

Biarkan Si Kecil mencari aneka warna merah di sekitar rumah.

Ada Lagu Seru untuk Belajar tentang Pelangi. Yuk, Tonton Video di Bawah Ini.

a. Pelangi
b. Sebanyak Bintang di Langit

 

2. Menghias Kue dengan Warna Pelangi

Buatlah sebuah kue tart dengan warna dasar cokelat. Lalu, mintalah Si Kecil menghias kue tart tersebut dengan mentega, mulai dari yang berwarna merah, lalu kuning, dan hijau.

3. Bernyanyi dan Bergerak

Perdengarkan sebuah lagu kepada Si Kecil dengan tema pelangi di setiap ia beraktivitas di rumah. Lalu, ajari Si Kecil cara menyanyikan lagu tersebut dan mengajarkan gerakan-gerakan yang sesuai dengan syair lagu tersebut.

4. Papan Permainan Tema Pelangi

Ajak Si Kecil bermain papan bermain tema pelangi. Papan ini biasanya berbahan kayu. Si Kecil harus menyusun butiran-butiran berwarna agar bentuk pelangi menjadi berwarna penuh dan sempurna.

5. LKA Mewarnai Bentuk Pelangi

Lembar kerja ini berbentuk gambar pelangi. Si Kecil harus mewarnai gambar dengan warna yang sesuai, mulai dari warna merah, jingga, kuning, dan seterusnya.

Baca juga: LKA Gratis untuk PAUD: Inilah Koleksi Lembar Kerja Anak Terbaru sesuai Tema PAUD / TK

6. Mencari Warna- Warna Pelangi

Siapkan kertas origami dengan warna merah, jingga, kuning, dan hijau. Ayah Bunda bisa membuat aneka bentuk menarik dengan kertas origami tersebut, misalnya bentuk bulat, persegi, dan lainnya. Sembunyikanlah setiap bentuk di tempat yang tidak terlihat.

Si Kecil harus menemukan aneka bentuk yang telah disembunyikan secara berurutan, mulai dari warna merah, jingga, kuning, dan hijau.

7. Menggambar dengan Jari

Ajak Si Kecil menggambar bentuk pelangi dengan jari-jemarinya serta dengan media cat air.

8. Bermain Warna Pelangi dengan Kartu

Siapkan kartu bertema macam-macam warna. Si Kecil harus menyusun kartu tersebut mulai dari yang paling atas berwarna merah, di bawahnya ada kartu berwarna jingga, dan dilanjutkan dengan kartu lainnya (sesuai dengan urutan warna pelangi).

9. Puzzle Pelangi

Siapkan sebuah puzzle dengan tema warna-warna pelangi. Mintalah Si Kecil memainkannya sambil melakukan interaksi bersama Ayah Bunda.

10. Mandi Bola

Ajak Si Kecil berenang atau mandi bola. Lalu, mintalah Si Kecil menyebutkan warna pelangi yang paling atas, yaitu merah. Mintalah Si Kecil menemukan bola berwarna merah.

Setelah itu, lanjutkan dengan meminta Si Kecil menyebutkan warna ke-dua pelangi, yaitu jingga. Mintalah Si Kecil menemukan bola berwarna jingga.

11. Kerajinan Tangan Berbentuk Pelangi

Ajak Si Kecil membuat kreasi kerajinan tangan berbentuk pelangi, misalnya:

- Lembar Kerja mewarnai bentuk pelangi
- Membuat bentuk pelangi dengan bahan origami.
- Membuat hiasan dinding berbentuk pelangi.

12. Menggambar Pelangi

Siapkan 1 set krayon berwarna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu. Lalu, mintalah Si Kecil menggambar bentuk pelangi, mulai dari warna merah (yang paling atas).

13. Dongeng tentang Pelangi

Ajak Si Kecil membaca buku dongeng tentang pelangi. Lakukan kegiatan mendongeng secara interaktif. Lalu, ajak Si Kecil bertanya jawab tentang isi dongeng yang baru saja dibacakan.

14. Mencocokkan Mainan dengan Warna Pelangi

Gambarlah sebuah pelangi dengan bentuk yang besar. Lalu, mintalah Si Kecil mengambil sebuah mainan, misalnya mobil berwarna merah.

Setelah itu, mintalah Si Kecil untuk meletakkan mainan mobil berwarna merah tersebut di atas gambar pelangi yang berwarna merah.

15. Menggambar Awan Pelangi

Mintalah Si Kecil untuk menggambar sebuah awan, lalu mintalah ia menggambar sebuh pelangi yang berada di balik awan.

Fenomena Pelangi Sangat Hubungannya dengan Musim Hujan. Kisah Nabi Nuh Bisa Menjadi Referensi agar Si Kecil Semakin Memahami tentang Pelangi.

16. Mencari Benda di Luar Ruangan Berwarna Pelangi

Ajak Si Kecil keluar rumah. Siapkan kotak berwarna merah, jingga dan kuning. Lalu mintalah Si Kecil menemukan benda berwarna merah yang berada di kebun dan memasukkannya ke dalam kotak berwarna merah. Lanjutkan dengan warna pelangi yang lainnya.

17. Membacakan Buku tentang Pelangi

Ajak Si Kecil membeli buku tentang pelangi di toko buku. Lalu, bacakan buku-buku tersebut bersama Si Kecil secara interaktif.

Aneka kegiatan bermain di atas tidak hanya akan membuat Si Kecil semakin memahami tentang pelangi. Namun, Si Kecil juga akan semakin mampu mengembangkan motorik, keterampilan berbahasa, kecerdasan natural, dan aneka keterampilan atau kecerdasan lainnya.

Berikan dukungan positif dengan memberikan pujian setiap ia berhasil menyelesaikan setiap kegiatannya, agar ia semakin bersemangat dalam bermain dan belajar tentang pelangi.

Ajak Si Kecil Bermain Aneka Gim dengan Tema Sains bersama Marbel. Unduh dengan Klik Judul Gim di Bawah Ini!

Marbel Sains
Marbel Warna
Marbel Tata Surya


Sumber Referensi:

1. Happytoodlerplaytime.com. (2022). The best rainbow activities [1]

2. Twinkle.co.id. (2023). Rainbow activities for preschoolers [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.