Top

12 Permainan Bertema Islami Anak Berusia 1-2 Tahun Bersama Ayah Bunda di Bulan Ramadan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

08 Mar 2024

  |  

Edukasi

Anak-anak berusia 1-2 tahun membutuhkan kegiatan yang seru dan menyenangkan. Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk berkegiatan bersama Ayah dan Bunda, terutama untuk mengajarkan banyak hal bertemakan Islami. Kegiatan bertema Islami akan membantu Si Kecil untuk semakin memaknai betapa indah dan sucinya bulan ini.

Inilah permainan bertema Islami yang bisa dilakukan bersama Si Kecil dan Ayah Bunda di bulan Ramadan.

Baca juga: 12 Kegiatan Ramadan yang Melibatkan Orang Tua bersama Anak Didik Usia 5-6 Tahun

1. Menceritakan Kisah Teladan Nabi

Ayah Bunda bisa menceritakan kisah teladan nabi. Libatkan Si Kecil dalam bercerita dan jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang sederhana serta mudah dimengerti.

Beberapa Kisah Teladan Nabi yang Menarik adalah:
- Pertolongan dari Allah SWT
- Fathimah binti Muhammad SAW
- Allah SWT Melihat Kita Di Manapun

Unduh Aplikasi KABI (Kisah Teladan Nabi) dengan Klik Gambar di Bawah Ini

 

2. Bermain Mendengarkan Al-Qur’an

Ayah Bunda bisa membacakan bacaan Al-Qur’an dengan suara yang lembut dan tempo yang lambat. Berikan penjelasan yang sederhana dan ajak Si Kecil untuk berinteraksi. Ingat, pilih waktu yang tepat, terutama saat Si Kecil dalam keadaan tenang, misalnya sebelum tidur di malam hari.

3. Menggambar dengan Tema Ramadan

Siapkan kertas dan krayon, dan ajak Si Kecil menggambar bersama. Beberapa tema Ramadan yang menarik untuk digambar adalah menggambar Masjid, menggambar kaligrafi Huruf Hijaiyah, dan lainnya.

Aneka Aktivitas LENGKAP dan MENYENANGKAN di Bulan Ramadan Lainnya, klik EDUCA RAMADAN

4. Bermain Mainan bersama Si Kecil

Ajak Si Kecil bermain boneka, puzzle, board game bertema Islami bersama Ayah Bunda. Berikan pujian saat Si Kecil bisa menyelesaikan permainan dengan baik. Ayah Bunda bisa sering-sering mengalah untuk menyenangkan hati Si Kecil.

5. Menyanyikan Nasheed Islami

Nasheed Islami anak adalah lagu-lagu atau nyanyian yang berisi pesan-pesan Islami. Pilih lagu-lagu yang mudah dicerna dan disukai oleh anak-anak. Nasheed Islami anak sering digunakan sebagai sarana pendidikan agama dan moral bagi anak-anak Muslim, serta dapat membantu mereka mengenal dan mencintai ajaran Islam sejak dini.

6. Menghias Kue Kering

Ajak Si Kecil untuk menghias kue kering yang disukai Si Kecil. Beberapa contoh kue kering yang banyak disuka anak-anak adalah kue biskuit dan kue sagu keju.

7. Bermain Boneka

Ajak Si Kecil bermain boneka. Selain untuk mengembangkan kecerdasan bahasa, Ayah Bunda bisa mengajarkan nilai-nilai penting Islami, seperti ketaatan pada Allah, kasih sayang, kejujuran, dan kesabaran.

8. Bermain Bola Doa

Ajak Si Kecil memasukkan tulisan doa-doa sederhana ke dalam bola plastik. Masukkan bola-bola plastik tersebut ke dalam sebuah kotak. Setiap hari, ajak Si Kecil mengambil sebuah bola, lalu mendoakan tulisan doa yang tertera di atas kertas yang telah diambil.

Aplikasi Doa Anak Muslim Menyediakan 36 Doa-doa untuk Hafalan dan Pemahaman anak-anak, serta Bisa Digunakan Sehari-hari.

9. Mengenalkan Warna dalam Islam

Ajarkan Si Kecil tentang aneka warna dalam Islam, seperti hijau untuk Islam, hitam untuk Ka'bah, serta kuning untuk bulan dan bintang.

10. Membuat Kaligrafi Sederhana

Ajak Si Kecil membuat kaligrafi sederhana, misalnya huruf Arab “Alif” dan “Ba”. Ayah Bunda juga bisa mengajak Si Kecil mewarnai huruf tersebut.

11. Bermain Pasir Hitam dan Putih

Siapkan pasir hitam dan pasir putih di dalam sebuah piring yang berbeda. Siapkan pula dua piring kosong. Sebutkan beberapa sikap baik, misalnya jujur, membantu, dan lainnya, lalu mintalah Si Kecil untuk memasukkan pasir putih ke sebuah mangkuk. Bila kata yang disebutkan merupakan perilaku tidak baik, misalnya tidak sopan, maka Si Kecil harus mengambil sejumput pasir hitam, dan memasukkannya ke dalam piring yang lain.

Pastikan kata-kata yang disebutkan adalah perilaku yang baik, agar Si Kecil memahami bahwa perilaku baik adalah yang perlu dilakukan dalam hidup sehari-hari, agar kita disayang Allah dan bisa masuk surga.

12. Bermain dengan Kain Sarung atau Mukena Mini

Ajak Si Kecil bermain dengan kain sarung atau mukena mini untuk memperagakan gerakan-gerakan saat melakukan ibadah Shalat.

Semoga permainan-permainan di atas membantu Si Kecil berusia 1-2 tahun agar semakin mengenal konsep-konsep dasar agama ISlam dengan cara simpel dan mudah dipahami. Si Kecil diharapkan juga akan semakin memahami identitas agama yang dianut dan semakin mengembangkan kecerdasan emosionalnya. Bonding Ayah Bunda dan Si Kecil pasti juga akan semakin erat! Selamat mencoba!


Sumber Referensi:

1. Twinkl.co.id. (2022). Celebrating ramadan activity ideas for toddlers [1]

2. Artsycraftsymom.com. (2022). 10 Ramadan crafts and activities for kids [2]

3. Freepik.com. (2022). Full shot happy islamic family home [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.