Top

Tips Cegah Flu pada Anak: Pantangan plus Aktivitas dan Makanan yang Direkomendasikan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

14 Okt 2023

  |  

Parenting

Cuaca panas yang akhir-akhir ini kita rasakan secara tidak langsung sangat berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat, terutama anak-anak. Ciri-ciri anak yang terkena flu biasanya mengalami radang tenggorokan, kepala pusing, pilek, dan lainnya. Ayah Bunda perlu waspada bila ciri-ciri ini mulai tampak pada Si Kecil atau teman-temannya di sekolah.

Cuaca Panas Bukanlah Faktor Utama

Anak-anak yang kurang terkena paparan sinar matahari lebih rentan terserang flu. Apalagi anak-anak yang lebih sering menggunakan AC dan tinggal di kamar / ruangan yang tertutup dan dingin.

Ajak Si Kecil Mengenal Aneka Cuaca dengan Bermain MARBEL SEASON

Bagaimana Mencegahnya? Apa Pantangan yang Perlu Ditaati?

Agar Si Kecil terhindar dari flu, Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil keluar rumah. Hindari tempat-tempat yang ramai apalagi yang membuat berdesak-desakan.

Tempat yang lapang sangat direkomendasikan, agar Si Kecil bisa menghirup udara segar dan terkena paparan sinar ultraviolet yang menyehatkan.

Jangan lupa, ingatkan Si Kecil untuk minum air putih yang cukup. Air putih bisa menguatkan imun tubuh dan membuat seseorang lebih kebal dari segala penyakit. Sangat disarankan untuk meminum air putih yang hangat dan hindari minuman yang menggunakan es.

Tumbuhkan Karakter Si Kecil bersama Kabi (Kisah Teladan Nabi)

 

 

Kebiasaan-Kebiasaan Sederhana Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

Beberapa hal sederhana yang bisa Ayah Bunda lakukan agar Si Kecil tidak terjangkit flu adalah:

  • Menjaga Kebersihan Tangan
    Setelah berjabatan tangan, usai menggunakan toilet, atau sesaat sesudah menyentuh permukaan benda, sangat disarankan agar Si Kecil mencuci tangan. Jika air dan sabun tidak tersedia Si Kecil bisa menggunakan hand sanitizer.
  • Hindari Kontak dengan Orang Sakit
    Bila ada rekan, saudara, atau teman yang sakit, Ayah Bunda perlu menghindari kontak dengan mereka. Sangat disarankan agar tidak mengajak Si Kecil saat mengadakan kunjungan pada mereka yang sakit.
  • Memakai Masker
    Masker masih menjadi senjata ampuh untuk mencegah aneka penyakit pernafasan, terutama saat Ayah Bunda dan Si kecil bepergian keluar rumah.
  • Jaga Kesehatan Lahir Batin
    Hati yang bahagia bisa mencegah aneka penyakit, termasuk penyakit fisik dan sakit flu. Ajak Si Kecil berkomunikasi. Komunikasi yang baik bisa menumbuhkan kebahagiaan. Jangan lupa pula berikan waktu bersama Si Kecil untuk liburan.

Punya Hewan Peliharaan? Kesulitan Membuat Si Kecil Memahami Pentingnya Menjaga Kesehatan Telinga Hewa Kesayangannya? Ajak Ia Bermain MARBEL EAR DOCTOR FOR PETS.

 

Makanan apa yang Direkomendasikan?

Apa yang dikonsumsi oleh Si Kecil akan menentukan kondisi badan dan kesehatannya. Sangat disarankan agar Ayah Bunda memperhatikan variasi apa yang ia konsumsi. 

  • Sayur dan Buah-buahan
    Aneka sayuran seperti bayam, wortel, tomat, kol, brokoli dan lainnya sangat kaya akan mineral, vitamin, dan antioksidan yang sangat optimal dalam mempertahankan kesehatan. Ragam buah-buahan seperti jeruk, mangga, pepaya, dan semangka mengandung banyak vitamin C dan kandungan gizi lainnya, yang sangat baik untuk meningkatkan imunitas badan.

Tak Kenal Maka Tak Sayang. Ajak Si Kecil Makin Sayang Makan Sayur bersama MARBEL SAYUR.

 

  • Makanan Kaya Protein
    Kacang-kacangan, telur, tahu, daging ayam, dan daging ternak tanpa lemak sangat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara memperkuat otot dan mengembangkan sel-sel imun badan.
  • Susu dan Aneka Produk Berbahan Dasar Susu
    Ajak Si Kecil minum susu dan mengkonsumsi keju untuk menguatkan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan. Olahan susu yang difermentasi juga sangat baik untuk melawan aneka virus penyakit yang menyerang badan.

MARBEL KEBIASAAN BARU: Media Edukasi Si Kecil Cara Menjaga Kesehatan di Era Milenial

Ayah dan Bunda perlu rajin berkonsultasi dengan ahli gizi dan dokter agar memahami kondisi kesehatan Si Kecil secara lebih optimal. Jangan lupa jalin komunikasi yang baik dengan guru dimana Si Kecil belajar. Agar setiap persoalan yang dihadapi Si Kecil bisa teratasi secara efektif, efisien, dan optimal. Sehingga, kondisi lahir batin Si Kecil benar-benar fit dan bugar.

Manfaatkan quality time bersama Si Kecil dengan menonton video dongeng RIRI (Cerita Anak Interaktif) dan KABI (Kisah Teladan Nabi)

Selamat mencoba. Semoga Si Kecil dan Ayah Bunda sekeluarga selalu sehat dan bahagia.

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.