Top

Modul Ajar PAUD Topik: DIRI SENDIRI, Sub Topik BERBUAT BAIK DENGAN TANGANKU | RPPH Usia KB 3-4 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Ags 2024

  |  

Edukasi

Pembelajaran topik diriku atau diri sendiri mempelajari tentang bagian tubuh. Salah satu bagian tubuh yang sering digunakan dalam hidup sehari-hari adalah tangan. Artikel ini menyajikan modul ajar harian atau RPPH yang berisi aneka kegiatan belajar yang dirancang khusus untuk membantu anak PAUD usia usia KB 3-4 tahun agar dapat menggunakan tangan dengan baik atau untuk melakukan perbuatan baik..

A. Informasi Umum

  • Semester : 1
  • Kelompok usia PAUD : 3-4 Tahun
  • Topik : Diriku / Diri Sendiri
  • Sub Topik: Menggunakan Tanganku untuk Berbuat Baik

Artikel Terkait:
- Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Subtopik : Menjaga Kesehatan Badan - Kurikulum Merdeka Belajar

Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik :Merawat Tubuhku, Diriku / Diri Sendiri - Kurikulum Merdeka Belajar

B. Tujuan Pembelajaran

Anak didik diharapkan akan mampu menggunakan tangannya dengan baik dalam hidup sehari-hari, sehingga semakin memberikan manfaat pula bagi teman sebaya dan orang-orang di sekitar.

KABI: Animasi Kisah Teladan Nabi yang Bisa Membantu Membangun Akhlak Mulia Si Kecil

C. Deskripsi Kegiatan

  • Pada awal pembelajaran anak didik dapat diajak untuk menonton video yang merangsang akal dan semangat mereka melalui kegiatan menarik, mendiskusikannya, dan dihubungkan dengan manfaat tangan dalam hidup sehari-hari dan melakukan hal baik kepada orang lain dengan tangan.
  • Lalu, anak didik melakukan aneka kegiatan yang merangsang pertumbuhan motorik, kecerdasan, dan mengembangkan karakter mereka, melalui kegiatan bermain, membuat craft, dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.
  • Di akhir pembelajaran, siswa diajak untuk berdiskusi dan melakukan refleksi tentang apa yang telah mereka pelajari, bagaimana perasaan mereka, dan hal-hal yang ingin mereka ceritakan setelah melalui pembelajaran, sehingga semakin mampu menggunakan mata dengan baik serta dapat merawat mata agar terjaga kesehatannya.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Gerakan Tubuhku, Diriku, MPLS - Kurikulum Merdeka Belajar

D. Kegiatan Harian

1. SOP Pembiasaan Rutin Harian

  • Pada bagian ini anak didik diajak untuk melakukan SOP pembiasaan rutin harian dan pemeriksaan kesehatan tubuh.
  • Siswa diajak menyanyikan lagu pembuka kelas sebagai apersepsi, misalnya dengan bernyanyi lagu “Alat Musik”.

2. Kegiatan Pembuka

  • Siswa berdiskusi bersama tentang lagu “Alat Musik”. Siswa menjawab pertanyaan pemantik yang diutarakan guru, misalnya:
  1. Video apa yang baru saja kalian lihat?
  2. Bagian tubuh apa saja yang digunakan untuk bermain alat musik?
  3. Selain untuk bermain musik, tangan bisa digunakan untuk apa saja?

3. Kegiatan Inti sesuai Kurikulum Merdeka

  • Siswa membuat karya kreatif dan melakukan aneka aktivitas yang berhubungan dengan penggunaan tangan, misalnya:

a. Kerja Bakti di Sekolah

Ajak anak didik untuk menanam bunga atau sayuran di kebun sekolah. Ajari anak didik menyiram tanaman dan menjaga kebun agar tetap bersih dan rapi. Selain itu, guru juga bisa mengajak anak didik melakukan kegiatan membersihkan kelas bersama.

Baca juga: 7 Manfaat Kegiatan Kerja Bakti di Satuan PAUD

b. Membuat Craft  untuk Teman

Ajak anak-anak membuat craft sederhana. Setelah selesai, mereka dapat memberikan kerajinan tersebut kepada teman sekelas sebagai tanda persahabatan. Ini mengajarkan anak untuk berbuat baik dan berbagi dengan sesama. Beberapa seni kerajinan tangan yang mudah dan menarik antara lain adalah:

  • Kartu Ucapan Sederhana: Anak didik membuat kartu ucapan sederhana menggunakan kertas manila warna-warni, lalu mendekorasinya dengan stiker, dan menambahkan gambar atau cap tangan agar semakin indah
  • Kreasi Gelang Persahabatan: Anak didik membuat gelang sederhana menggunakan benang wol berwarna-warni dengan cara memotong dan mengepang benang menjadi gelang kecil.
  • Hiasan Gantung dari Kertas: Anak didik membuat hiasan gantung dengan memotong bentuk-bentuk sederhana (seperti hati atau bintang) dari kertas warna-warni dan mengikatnya pada tali.
  • Bingkai Foto Sederhana: Anak didik membuat bingkai foto dengan menempelkan stik es krim yang didekorasi menggunakan kertas warna atau stiker, dan menyisipkan foto atau gambar di tengahnya.

c. Bermain Peran Menjadi Penolong

Ajak anak didik bermain peran, misalnya dengan memperagakan adegan:

- Membantu guru membawakan buku.
- Membantu teman yang jatuh.
- Merapikan buku yang berserakan.
- Merapikan mainan yang berantakan.

Baca juga: 13 Tema Permainan Drama yang Disuka Anak PAUD ( Kegiatan Kurikulum Merdeka )

d. Bermain Tukar Mainan

Mintalah masing-masing anak didik untuk membawa mainan favoritnya dari rumah. Lalu, ajak mereka bermain bersama. Setiap 5 menit, mintalah setiap anak untuk bertukar mainan dan membiarkan teman-temannya memainkan mainan favoritnya secara bergantian (bertukar-tukaran mainan).

e. Menyiapkan Makanan Kecil untuk Teman

Secara bersama-sama, ajak anak-anak didik untuk menyajikan makanan bersama, misalnya menyajikan sandwich atau salad buah. Nantinya, hidangan tersebut akan dinikmati bersama.

f. Membuat Poster tentang Berbuat Kebaikan

Ajak anak-anak didik bekerja secara berkelompok untuk membuat poster tentang berbuat kebaikan dengan tangan. Agar lebih cepat, guru bisa membantu menyiapkan gambar-gambar dari Google Image. Tugas anak-anak didik adalah menempelkan gambar-gambar tersebut pada kertas manila dan menghiasinya.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Manfaat Bagian Tubuhku, Diriku / Diri Sendiri - Kurikulum Merdeka Belajar

4. Kegiatan Refleksi / Penutup

  • Kegiatan bersifat interaktif ini dilakukan kira-kira 5 menit sebelum pelajaran usai. Anak didik menjawab pertanyaan guru tentang bagaimana perasaannya, apa saja hal yang telah dipelajari, apa manfaat pembelajaran hari ini, dan lainnya.
  • Guru juga bisa memberikan penugasan berupa kegiatan yang bisa dilakukan bersama orang tua, misalnya membaca buku, bernyanyi lagu tentang mata, atau menonton video animasi tentang manfaat tangan dalam hidup sehari-hari.
  • Salah satu rekomendasi cerita anak menarik adalah video RIRI: “Putri yang Sangat Manja”. Anak-anak didik bisa belajar tentang pentingnya melakukan perbuatan baik dengan tangan dan pentingnya menghindari sikap malas serta  terlalu manja (kurang mandiri).


Sumber Referensi:

1. Tomt.skillsforaction.com. (2022). Hands toddlers [1]

2. Healthychildren.org. (2022). Hand and finger skills of your preschooler [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.