Top

Ide AKSI NYATA Anak PAUD di HUT RI ke-79 | Kegiatan TK Usia 4-5 Tahun Rayakan 17 Agustusan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Ags 2024

  |  

Edukasi

Setiap tahun, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia menjadi saat yang sangat istimewa dan dinantikan oleh seluruh rakyat Indonesia, termasuk anak-anak PAUD. Pada HUT RI ke-79 ini, perayaan semakin meriah dengan berbagai kegiatan yang melibatkan anak-anak usia dini, khususnya anak-anak PAUD dan TK.

Melalui beragam ide aksi nyata, anak-anak usia 4-5 tahun dapat merayakan 17 Agustusan dengan cara yang kreatif, variatif, menyenangkan, dan edukatif. Anak-anak PAUD akan mendapatkan pengalaman dan keterampilan baru saat melakukan ragam aksi nyata berikut ini.

Artikel Terkait:
- Modul Ajar PAUD Topik: AKU CINTA NEGARAKU, Sub Topik MERAYAKAN KEMERDEKAAN Indonesia | Kurmer TK Usia 4-5 Tahun

- Inilah Aneka IDE LOMBA 17 Agustus BERKELOMPOK yang Lucu dan Seru | Untuk Anak Usia 4-5 Tahun

Artikel ini akan mengulas berbagai aktivitas menyenangkan yang dirancang khusus untuk memupuk rasa cinta tanah air dan semangat kebersamaan serta gotong royong pada anak-anak dalam peringatan kemerdekaan Indonesia.

Kembangkan Karakter Si Kecil dengan Dongeng Interaktif bersama RIRI

 

1. Membuat Kreasi Kartu Ucapan untuk Para Pahlawan

  • Ajak anak-anak didik untuk membuat kreasi kartu yang bertuliskan kalimat sederhana tentang ucapan terima kasih kepada para pahlawan yang telah berjuang demi mencapai kemerdekaan RI.
  • Anak-anak diminta untuk menghiasi kartu ucapan tersebut. Kartu tersebut bisa dipajang di sekolah atau didokumentasikan, kemudian hasilnya (dalam bentuk soft file) bisa dikirim kepada para veteran.
  • Selain untuk veteran, pembuatan kartu juga bisa ditujukan kepada orang tua, guru, atau orang-orang yang telah berjasa kepada anak-anak didik.

Baca juga: Daftar IDE TANYA JAWAB LOMBA QUIZ 17 AGUSTUS Anak PAUD | Cerdas Cermat HUT Kemerdekaan RI

2. Kegiatan Charity

  • Kegiatan ini mengajak anak-anak didik bersama dengan orang tua untuk berbagi makanan, kue, atau dalam bentuk barang, misalnya pakaian pantas pakai atau mainan.
  • Sebelum mengadakan kegiatan ini, guru dan orang tua akan berkoordinasi untuk membahas hal-hal penting, misalnya bentuk barang yang hendak dibagikan, targetnya, proses distribusi, peran anak-anak didik, dan lainnya.
  • Mengajak anak-anak didik untuk bisa terlibat aktif adalah hal terpenting. Anak-anak didik bisa diajak untuk mengemas barang, atau ikut andil dalam mendistribusikan barang.

Baca juga: 6 Keterampilan Sosial yang Harus Dimiliki Anak Usia Dini

3. Bernyanyi Secara Berkelompok

  • Pilih 2-3 lagu bertema kebangsaan, lalu ajak anak-anak didik untuk berlatih agar bisa menyanyikannya secara berkelompok atau membentuk paduan suara.
  • Sebelum bernyanyi, siapkan sebuah penampilan anak didik yang sedang membaca puisi bertema kemerdekaan dan semangat nasionalisme. Di akhir acara, anak-anak didik bisa diajak untuk mengucapkan yel-yel atau semboyan bertema cinta tanah air, Indonesia. Pasti akan jauh lebih meriah.

Baca juga: Inilah 7 Kegiatan Berkelompok di PAUD yang Menyenangkan dan Edukatif

4. Melakukan Kerja Bakti

  • Tidak usah jauh-jauh, ajak anak-anak didik melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan sekolah. Anak didik diperbolehkan membawa alat-alat kebersihan.
  • Kegiatan ini, biasanya diadakan sebelum acara puncak HUT Kemerdekaan RI di sekolah. Anak didik juga bisa diajak untuk membuat dekorasi kelas dan sekolah secara bersama-sama. Selain menumbuhkan semangat nasionalisme, kegiatan ini juga bisa mengembangkan rasa tanggung jawab dan semangat kebersamaan.

Baca juga: 7 Manfaat Kegiatan Kerja Bakti di Satuan PAUD

5. Membuat Bendera Merah Putih

  • Ajak anak-anak didik untuk menyiapkan bahan-bahan pembuatan bendera merah putih. Mereka bisa diajak untuk membawa bahan-bahan sendiri. Setiap bendera merah putih akan ditempelkan pada sebuah sedotan plastik (yang keras) atau lidi (yang sudah dihilangkan bagian yang tajam).
  • Bila sudah jadi, anak-anak didik akan diajak berjalan-jalan di sekitar sekolah dan membagikan bendera-bendera tersebut kepada warga sekitar agar bisa menjadi bagian dari dekorasi di rumah warga. Pasti Seru!

Baca juga: 10 CRAFT Membuat BENDERA Merah Putih: Meriahkan HUT Kemerdekaan RI 2024 | DEKORASI MURAH MERIAH

6. Menanam Pohon Bersama

  • Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan lingkungan atau alam sekitar. Anak-anak didik diminta untuk membawa satu buah bibit tanaman, lalu mereka akan bersama-sama menanam bibit tanaman tersebut di pekarangan di sekitar sekolah.
  • Setiap bibit tanaman harus ditempeli (bisa juga diikatkan) label menarik yang bertuliskan nama siswa dan harapannya agar alam di Indonesia tetap terjaga kelestariannya.
  • Kegiatan 17 Agustusan atau HUT RI ke-79 yang melibatkan anak-anak didik PAUD usia 4-5 tahun bukan hanya sekedar perayaan, tetapi juga sarana penting untuk menanamkan nilai-nilai kebersamaan, semangat persatuan, dan rasa cinta tanah air.

Melalui aksi nyata yang kreatif dan edukatif, anak-anak belajar pengetahuan baru dan tumbuhnya sikap menghargai jasa serta perjuangan pahlawan. Semoga, di masa depan, mereka tumbuh menjadi generasi yang bangga akan identitas Indonesia dan siap berkontribusi positif bagi pembangunan bangsa.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD Tema Negaraku, Topik Lambang, Bendera, dan Lagu Kebangsaan


Sumber Referensi:

1. Micheleborba.com. (2022). 10 tips for raising moral kids [1]

2. Splashlearn.com. (2022). Character traits for kids [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.