Top

Memeriahkan HUT RI 2023: Inilah Aktivitas PAUD untuk Menumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air Indonesia

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

13 Ags 2023

  |  

Edukasi

HUT RI ke-78 tahun 2023 perlu dimeriahkan dengan aneka acara dan kegiatan. Satuan PAUD dan TK tidak mau kalah. Aneka kegiatan untuk memeriahkan hari besar nasional, sekaligus demi menumbuhkan rasa cinta tanah air Indonesia perlu disiapkan oleh para pendidik PAUD.

Dilansir dari Maluku.co.id, dijelaskan bahwa kecintaan pada tanah air memicu munculnya rasa nasionalisme, ketertarikan si kecil (anak) pada pengenalan budaya dan nilai luhur.

Namun, tentu saja untuk menumbuhkan rasa cinta anak-anak didik pada tanah airnya adalah sesuatu yang tidak bisa dipaksakan. Melalui aneka kegiatan yang menarik, guru PAUD bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air anak-anak didiknya. Inilah beberapa aktivitas yang mampu menumbuhkan rasa bangga dan cinta anak-anak didik pada bangsa Indonesia.

1. Memperkenalkan Lagu-Lagu Bertema Cinta Tanah Air

Guru PAUD bisa memperkenalkan aneka lagu bertema cinta tanah air. Beberapa lagu menarik dan tersedia dalam bentuk animasi antara lain:

  • Lagu: BANGGA JADI ANAK INDONESIA
  • Lagu: BERKIBARLAH BENDERAKU

  • Lagu: AKU SEORANG KAPITEN

Baca juga:
1. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik: Peta Indonesia - Kurikulum Merdeka Belajar
2. Lagu Tema Kebangsaan Nasional yang MUDAH Dikuasai Anak TK - PAUD

2. Mendongengkan Cerita Rakyat

Dilansir dari Neliti.com, cerita rakyat dapat dimanfaatkan sebagai media dalam memahami dunia dan mengekspresikan gagasan, ide-ide, dan nilai-nilai, melainkan juga sebagai sarana penting untuk memahamkan dunia kepada orang lain, menyimpan, dan mewariskan gagasan dan nilai-nilai tersebut dari generasi ke generasi berikutnya.

Beberapa contoh cerita rakyat adalah:

  • Dongeng: LEGENDA DANAU CERMIN

  • Dongeng: ASAL USUL TELAGA SERANGAN

3. Memperkenalkan Bahasa Daerah

Guru PAUD perlu mengajarkan bahasa daerah kepada anak-anak didik. Guru bisa menentukan satu hari dalam satu minggu untuk memberikan kebebasan kepada para siswa untuk menggunakan bahasa daerah sesuai dengan teritori sekolah berada dan bahasa daerah yang digunakan oleh sebagian besar anak-anak didik di sekolah.

4. Memperkenalkan Hasil Budaya atau Produk Kesenian dalam Pelajaran Craft

Membuat aneka craft adalah salah satu variasi pembelajaran yang menarik bagi anak-anak PAUD. Guru PAUD bisa memperkenalkan aneka produk kesenian daerah melalui aktivitas seni kerajinan tangan, antara lain:

  • Mewarnai corak batik.
  • Gunting tempel bertema baju darah.
  • Mewarnai gambar peragaan tarian daerah.

Baca juga: RPP PAUD Tema Bangsaku, Subtema Permainan Tradisional

5. Peragaan Busana Bertema Baju Daerah

Selain mengembangkan karakter percaya diri dan kecerdasan sosial anak-anak didik, aktivitas ini juga bermanfaat untuk meningkatkan rasa bangga pada tanah airnya. Mintalah anak-anak didik mengenakan baju daerah dan memperagakannya di depan kelas atau di atas panggung.

6. Menyediakan Makanan Kecil Khas dari Berbagai Daerah

Guru PAUD bisa menyediakan aneka makanan kecil khas dari berbagai daerah dan mengajak anak-anak didik untuk makan bersama. Kegiatan ini bisa dilakukan 1 atau 2 bulan sekali. Guru PAUD juga bisa memperkenalkan nama-nama makanan khas tersebut dan daerah asalnya.

Agar anak-anak didik mengenal aneka makanan khas dari berbagai daerah, guru PAUD bisa mengajak mereka bermain gim dari Educa Studio berikut ini.

7. Menyediakan Buku-Buku Dongeng Cerita Rakyat

Satuan PAUD bisa menyediakan aneka buku-buku cerita rakyat dari berbagai daerah. Ada berbagai macam buku cerita rakyat, misalnya komik, cerita bergambar, atau buku aktivitas anak dengan tema cerita rakyat.

Buku-buku dongeng cerita rakyat kini hadir dalam bentuk e-book. E-book yang berisi koleksi cerita rakyat, bisa didapatkan di EducaStudio.com.

RIRI (Cerita Anak Interaktif): Menyediakan Koleksi Aneka Cerita Rakyat, Fabel, dan Dongeng Mancanegara

 

8. Menghadiri Acara-Acara Bertema Budaya Bangsa

Pihak sekolah bisa mengajak anak-anak didik untuk menghadiri suatu acara bertema budaya daerah, misalnya karnaval, peragaan tari, pentas wayang, dan lainnya.

9. Mengajarkan Tarian Daerah

Guru bisa mengajarkan aneka tarian daerah sebagai salah satu aktivitas pembelajaran. Ajak anak-anak didik untuk menari dengan gerakan yang sederhana dan iringan musik yang tidak terlalu lama. Yang terpenting, anak-anak didik bisa memperagakannya dengan penuh semangat dan ceria.

10. Kegiatan Kegiatan Ekstrakurikuler yang Berhubungan dengan Budaya Daerah

Beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang berhubungan dengan budaya daerah antara lain adalah:

  • Gamelan
  • Tarian Daerah
  • Memasak Makanan Adat
  • Foto Model dengan Tema Pakaian Daerah

11. Mengajak Siswa Bermain Gim Bertema Budaya Nusantara

Tak kenal maka tak sayang. Anak-anak didik perlu mengenal aneka kekayaan budaya di Indonesia dalam satu aplikasi gim yang menarik, kekinian, dan menyenangkan. Aplikasi gim ini berjudul Marbel Budaya Nusantara.

Di era digital seperti sekarang, para guru PAUD perlu menggunakan aneka media menarik untuk memperkenalkan aneka kekayaan budaya bangsa dan menumbuhkan rasa cinta tanah air kepada anak-anak didik. Semoga aneka aktivitas di atas bermanfaat. Selamat mencoba!


Sumber Referensi:
1. Freepik.com. (2022). Kids raising indonesian flag [1]
2. Makuku.co.id. (2022). Pentingnya sikap cinta tanah air pada generasi muda [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.