Top

Kolaborasikan Gentle Parenting dengan Riri Cerita Anak Interaktif untuk Mengasah Empati dan Kreativitas Anak

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

07 Okt 2024

  |  

Parenting

Gentle parenting adalah pola asuh yang menekankan pada pentingnya empati, keterbukaan, komunikasi, serta pengertian antara orang tua dan anak. Pola asuh ini kian marak digunakan, seiring perkembangan zaman yang bertambah modern.

Dengan menerapkan pola asuh ini, anak akan merasa lebih dihargai, dihormati, juga dipahami. Sebab, gentle parenting mengutamakan sistem komunikasi dua arah, yang dapat meminimalkan terjadinya kesalahpahaman atau miskomunikasi.

Untuk membantu orang tua menerapkan gentle parenting, Educa Studio menghadirkan Riri Cerita Anak Interaktif. Sebagai informasi, Riri adalah kumpulan cerita anak interaktif yang memuat ratusan kisah, seperti fabel, dongeng, cerita rakyat, hingga cerita orisinil karya penulis Educa Studio.

Cara menerapkan gentle parenting

Sederhananya, pengertian gentle parenting adalah pola asuh yang dapat meningkatkan kepercayaan diri, kemandirian, serta kebahagiaan anak, lewat empati, rasa hormat, pengertian, juga penerapan batasan yang sehat.

Dibanding fokus pada pemberian hukuman dan atau pujian, gentle parenting lebih mengutamakan upaya peningkatan kesadaran diri anak, juga pemahaman terkait perilaku mereka sendiri.

Baca juga: Riri Cerita Anak Interaktif sebagai Media Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

Berikut beberapa cara menerapkan gentle parenting:

  • Ajak anak untuk berorientasi pada kesuksesan, agar tidak mudah menyerah
  • Tahan emosi dan jangan mudah marah kepada anak, jika mereka berbuat kesalahan
  • Gunakan kata-kata bijak dengan nada yang lembut
  • Tumbuhkan dan hargai kemandirian anak, termasuk membiarkan mereka membuat pilihannya sendiri
  • Jalin interaksi sedekat mungkin dengan anak, untuk meningkatkan hubungan interpersonal
  • Tunjukan cinta yang tulus kepada anak, dengan bersikap baik dan lembut.

Terapkan gentle parenting dengan Riri Cerita Anak Interaktif

Seperti yang telah disebutkan di atas, gentle parenting adalah pola asuh yang menekankan pada pentingnya empati, keterbukaan, komunikasi, serta pengertian orang tua terhadap anak-anak.

Komunikasi dua arah menjadi inti utama dari pola asuh ini. Jadi, orang tua dan anak harus berdialog atau berkomunikasi satu sama lain, demi melatih empati, keterbukaan, juga sikap pengertian anak.

Riri Cerita Anak Interaktif dari Educa Studio siap menemani orang tua dalam menerapkan pola asuh gentle parenting. Harapannya, dengan membiasakan diri anak untuk membaca dongeng, cerita rakyat, atau kisah sejenis, secara perlahan, sikap positif anak tumbuh dengan sendirinya.

Baca juga: Latih Disiplin Anak lewat Riri Cerita Anak Interaktif

Berikut beberapa cara menerapkan gentle parenting dengan Riri Cerita Anak Interaktif:

  • Latih kecerdasan emosional anak dengan mengenalkan berbagai emosi kepada mereka, baik itu perasaan sedih, senang, takut, kecewa, atau lainnya, lewat pengenalan karakter atau tokoh dalam cerita
  • Ajak anak mendiskusikan perasaan atau emosi mereka, agar terbiasa mengekspresikan perasaannya secara positif
  • Diskusikan dengan anak, pesan moral apa saja yang diperoleh mereka setelah membaca cerita. Hal ini tidak hanya memberi pengaruh positif kepada mereka, tetapi juga berguna dalam pembentukan atau pengembangan karakter
  • Tumbuhkan kedekatan hubungan anak dengan orang tua, melalui berbagai aktivitas seru dan menyenangkan dalam Riri Cerita Anak Interaktif.

Riri Cerita Anak Interaktif adalah solusi tepat bagi orang tua yang ingin menerapkan pola asuh gentle parenting kepada anaknya. Karena bersama Riri, semua sikap positif, seperti kreativitas, empati, sikap saling menghormati, saling menghargai, kecerdasan emosional, serta kemandirian, akan bertumbuh dengan sendirinya.

Selain itu, Riri juga senantiasa menghadirkan nilai-nilai positif yang bisa didapatkan anak lewat pesan moral dalam cerita Riri. Tentunya hal itu akan sangat berdampak positif dan berguna bagi pembentukan karakter anak.

Baca juga: Dorong Kemampuan Berbahasa Anak dengan Gim Riri Cerita Anak Interaktif

Tumbuhnya sikap saling percaya, kreativitas, empati, kecerdasan emosional, keterbukaan, serta sikap saling pengertian antara orang tua dan anak, menandakan keberhasilan orang tua dalam menerapkan pola asuh gentle parenting.

Sebagai kesimpulan, Riri Cerita Anak Interaktif bukan sekadar produk, aplikasi, gim, video animasi, atau buku saja, melainkan sebuah media atau alat yang bisa digunakan orang tua untuk menerapkan pola asuh gentle parenting, juga memberi pengalaman belajar yang lebih mendalam, menyenangkan, dan bermakna bagi anak-anak.


Sumber referensi:

  • What is Gentle Parenting. (2022). Tanggal akses 7 Oktober 2024
  • What is Gentle Parenting - and Is It Right For You?. (2024). Tanggal akses 7 Oktober 2024.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio