Top

Ide Perlombaan 17 Agustus untuk Anak PAUD - TK Paling Seru plus Ramah Anak

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Juli 2023

  |  

Edukasi

Hari Kemerdekaan RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2023 nanti adalah momen yang istimewa. Anak-anak hingga orang dewasa akan merayakan hari raya ini dengan aneka acara yang seru. Siswa-siswi PAUD - TK tentu tidak mau kalah. Mereka bisa memeriahkan hari raya ini dengan aneka lomba yang seru, edukatif, ramah anak, dan mudah untuk dilakukan di usia mereka yang masih sangat dini.

1. Lomba Lari Kelereng

Lomba ini sangat familiar dilakukan oleh anak-anak PAUD - TK. Selain karena media lomba yang digunakan sangat mudah ditemukan, lomba ini juga sangat aman dilakukan oleh anak-anak usia dini.

Dengan melakukan aktivitas ini, anak-anak kemampuan motorik siswa akan berkembang. Keterampilan siswa dalam berkonsentrasi juga akan meningkat. Selain itu, jiwa kompetisi dan sportifitas siswa juga akan semakin tumbuh optimal.

Produk MARBEL JUNIOR: Media Kartu, Poster, dan Alat Peraga Lainnya yang Bisa Digunakan untuk Belajar dan Aktivitas Perlombaan

 

2. Lomba Memindahkan Tepung

Anak-anak usia PAUD - TK sangat mudah untuk melakukan lomba ini. Biasanya lomba ini dilakukan secara berkelompok. Siswa yang menjadi peserta dalam lomba ini harus memindahkan tepung di dalam piring, serta diletakkan di atas kepala.

Kemudian, piring tersebut dioper secara perlahan dan berhati-hati kepada peserta yang berada di belakangnya. Siswa lain yang telah siap dengan piringnya juga, dengan berhati-hati menerima tepung dari siswa atau peserta di depannya.

Bila ada tepung yang tumpah, maka peristiwa ini bisa menjadi sesuatu yang lucu dan seru. Siswa yang kurang beruntung tersebut bisa belepotan dengan tepung “menghiasai” wajah serta area rambutnya.

Untuk Mengembangkan Kecerdasan dan Karakter Siswa, Anda bisa Mengajak Siswa Membaca Buku Cetak (Dongeng, Kisah Nabi, dan Aktivitas Anak) karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio. Silakan klik DI SINI.

 

3. Lomba Memakai Seragam Sekolah

Lomba ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan kemandirian siswa. Siswa yang terbiasa banyak dibantu oleh ibunya saat mengenakan seragam, akan terpacu untuk belajar mengenakan baju sendiri.

Biasanya peserta lomba ini akan melepaskan beberapa bagian pakaian yang melekat pada tubuhnya, misalnya topi, sepatu, kaos kaki, blazer, baju, dan ikat pinggang. Siswa hanya akan mengenakan celana dan kaos oblong (atau dengan kaos singlet yang pada bagian luarnya tetap mengenakan kaos oblong).

Peserta harus bisa mengenakan semua pakaian dengan cepat dan rapi.

Koleksi Lagu Anak (KOLAK) Tematik TK dan PAUD: Lengkap, Asyik, Ramah Anak

 

4. Lomba Menari Tik Tok

Tik Tok tidak hanya digunakan sebagai media hiburan. Beberapa konten di Tik Tok menyuguhkan video yang edukatif dan ramah anak. Beberapa judul lagu Tik Tok yang menarik dan bisa diperagakan oleh anak usia PAUD - TK adalah:

  • "Senam Anak Jujur" di kanal Laelaq99
  • "Senam Anggota Tubuh" di kanal ar.putriie
  • "Pohonnya Bergoyang" di kanal celukiceluki

Lagu-lagu di atas bisa dinyanyikan sambil menari Tik Tok. Selain lagu-lagunya mudah dikuasai anak, gerakannya pun sangat simpel untuk dipelajari.

Program Afiliasi Educa menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki.

 

5. Lomba Bernyanyi

Sekolah juga perlu memberi kesempatan kepada mereka yang berbakat di bidang tarik suara untuk unjuk kebolehan dan berkompetisi. Lomba bernyanyi adalah pilihan terbaik dan paling menarik.

Karena ajang lomba ini adalah untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia, maka lagu-lagu yang bisa dipilih peserta lomba adalah lagu-lagu bertema patriotisme, cinta tanah air, dan kebangsaan.

Beberapa judul lagu yang bisa menjadi pilihan antara lain adalah:

  • Lagu: BERKIBARLAH BENDERAKU
  • Lagu: JAGOAN SEJATI

  • Lagu: PAK PILOT BAWA AKU TERBANG
  • Lagu: BANGGA JADI ANAK INDONESIA

  • Lagu: SEBANYAK BINTANG DI LANGIT

Tanggal 17 Agustus 2023 segera tiba. Silakan bagikan konten ini bila bermanfaat terutama bagi rekan sesama guru, agar semakin memiliki banyak ide menarik dalam memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga anak-anak Indonesia semakin cerdas, berkarakter dan semakin memiliki jiwa kompetisi.

Dongeng RIRI: Kini Hadir Versi Audionya di Noice.id

 


Program Afiliasi Educa Studio menawarkan penghasilan pasif, hanya dengan membagikan kode afiliasi yang kamu miliki. Kamu secara otomatis akan mendapatkan komisi saat pengguna melakukan pembelian berlangganan di aplikasi Marbel TK PAUD, Riri, ataupun Kabi menggunakan kode afiliasimu, lho!

 

Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Two asian boys holding indonesian flag celebrate independence day [1]-

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.