Top

Ide KEGIATAN AKHIR SEMESTER & PENGULANGAN MATERI Akhir Tahun Ajaran 2024 | Plus PROYEK EDUKATIF Anak Usia 4-5 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

23 Mei 2024

  |  

Edukasi

Manfaat dari pengulangan materi bagi anak usia dini adalah untuk memperkuat pemahaman bagi anak didik. Selain itu, anak didik bisa dibawa pada kegiatan praktik atau membuat karya yang bermanfaat, dan biasanya bersifat edukatif.

Inilah beberapa ide kegiatan yang bisa diberikan kepada anak-anak didik dengan cara yang menyenangkan, bermanfaat, dan aplikatif, terutama yang bisa diberikan untuk anak didik berusia 4-5 tahun.

Artikel Berhubungan:

- Tips Memberikan Kegiatan Berbasis Proyek di Akhir Semester

- 20 Proyek PAUD Anak TK B ( 5 Tahun ): Liburan Menjadi Lebih SERU!

- Tugas PROYEK SEDERHANA untuk PAUD / TK TEMA TANAMAN: Dengan Metode Merdeka Belajar

1. Kegiatan Seni

  • Membuat Kolase
    Ajak anak-anak didik membuat kolase dengan tema pembelajaran semester ini, misalnya tema hewan, tanaman, teknologi, dan lainnya. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah kertas warna, kain, dan benda-benda kecil, misalnya biji-bijian, potongan kertas, dan lainnya.

Ajak Si Kecil Berlatih Anake Keterampilan Dasar PAUD bersama MARBEL PELAJARAN TK DAN PAUD

  • Melukis dengan Jemari
    Ajak anak didik membuat lukisan tentang cita-cita atau profesi. Biarkan anak didik membuat lukisan menggunakan jemari sesuai dengan minatnya.

Baca juga: PENTAS SENI Favorit di ACARA PERPISAHAN TK - PAUD, Agar Selalu Dikenang: Plus PANDUAN LENGKAP

2. Kegiatan Berbasis Proyek

  • Kegiatan Praktikum Sains
    Ajak anak didik melakukan eksperimen simple yang berhubungan dengan materi yang pernah dipelajari, misalnya eksperimen tentang proses terjadinya hujan, dan lainnya.
  • Membuat Buku Cerita
    Ajak anak didik membuat buku mungil karya sendiri dengan tema materi yang pernah dipelajari. Setelah bukunya jadi, ia bisa diajak untuk bercerita dengan bantuan buku buatan sendiri tersebut.

Baca juga: 20 Proyek PAUD Anak TK B ( 5 Tahun ): Liburan NATARU Menjadi Lebih SERU!

3. Melakukan Permainan

Ajak anak didik melakukan permainan edukatif tentang materi yang pernah dipelajari. Permainan bisa dilakukan menggunakan alat peraga. Ajak pula anak didik bermain secara outdoor agar semakin meriah dan menyehatkan badan.

4. Bernyanyi

Pilih lagu-lagu yang sesuai dengan tema yang pernah diajarkan di semester ini. Mintalah anak didik untuk menyanyikan lagu tersebut dengan menggunakan iringan. Pastikan sebelum mengajaknya bernyanyi di kelas, ia telah mendapatkan bentuk soft file dari lagu tersebut atau memberikan link video Youtube dari lagu tersebut, agar bisa dipelajari di rumah. Gerak dan lagu bisa menjadi kegiatan yang menarik bagi anak didik. Biarkan anak didik mengarang gerakan sendiri.

Baca juga: Rekomendasi Lagu Anak TERBARU 2023 untuk MPLS: Media Berkenalan dengan Teman Baru

5. Berpuisi

Kegiatan ini bisa melatih keterampilan public speaking anak didik. Tema-tema puisi yang sederhana, misalnya tentang hewan, warna, bentuk, dan lainnya bisa menjadi pilihan menarik. Sarankan kepada anak didik menghafalkan syair dari puisi pendek yang akan ia bawakan.

6. Bermain Peran

Bila dalam semester ini anak didik belajar tentang profesi, mintalah anak didik mempresentasikan drama tentang profesi, misalnya guru, polisi, dokter, dan lainnya. Mintalah anak didik mengenakan baju profesi dan peralatan tiruan buatan sendiri yang bisa digunakan atau digunakan saat ia tampil di depan kelas.

Baca juga: 13 TEMA PERMAINAN DRAMA yang Disuka Anak PAUD  saat BERMAIN PERAN( Kegiatan Kurikulum Merdeka )

7. Kompetisi

Adakan sebuah kompetisi dengan mengajak anak-anak didik melakukan aneka kegiatan menyenangkan, misalnya quiz tebak kata, mewarnai, menggambar, dan lainnya. Berikan hadiah yang beragam kepada semua siswa yang mengikuti kompetisi ini.

Baca juga: 12 Ide Lomba Unik dan Menarik Anak PAUD untuk Usia 4-6 Tahun

8. Mendekorasi Mind Map

Berikan skema pembelajaran yang mencantumkan tema-tema yang dipelajari selama 1 semester. Mintalah anak-anak menghiasinya dengan aneka gambar menarik dan menghiasinya secara manual.

KABI (Kisah Teladan Nabi): Cara Asyik Mengembangkan Karakter Islami Si Kecil Sejak Dini


9. Bercerita

Mintalah anak didik menceritakan pengalaman menarik selama belajar di semester ini. Mintalah pula anak didik untuk menceritakan tema atau pembelajaran yang paling menyenangkan.

Baca juga: Tips MUDAH DAN TERBARU Melatih Ketrampilan BERCERITA pada Anak Usia Dini

Guru PAUD / TK bisa memberikan variasi diantara aneka aktivitas di atas. Aneka kegiatan di atas bisa membantu anak-anak didik agar lebih mudah mengingat dan memahami materi yang diajarkan melalui karya nyata dan kegiatan kreatif.


Sumber Referensi:

1. Weareteachers.com. (2022). Best kindergarten art projects [1]

2. Home.oxfordowl.co.uk. (2022). Learning activities age 4 5 [2]

3. Freepik.com. (2022). Little boy drawing white paper with enjoying [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.