Top

Ide Aktivitas untuk Belajar Topik Makanan Kesukaanku ( Kurikulum Merdeka )

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

31 Juli 2023

  |  

Edukasi

Makanan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Siswa TK - PAUD juga belajar dengan topik makanan kesukaan. Di dalam pelajaran ini, siswa akan belajar tentang aneka makanan baik tradisional maupun modern, aneka makanan bergizi, dan adab yang baik saat makan, melalui ragam aktivitas yang kreatif dan menarik.

Berikut ini adalah aneka aktivitas dan kreativitas seru dengan topik makanan kegemaranku:

1. Lagu: POK AME AME

Lagu ini mengajak siswa bertepuk tangan dan mengajarkan kepada siswa tentang manfaat nasi sebagai makanan pokok dan susu sebagai minuman yang bergizi.

Syair lagu:

Pok ame ame
Belalang kupu-kupu
Siang makan nasi
Kalau malam minum susu

2. Lagu: DUA MATA SAYA

Siswa PAUD yang berusia dini perlu dimotivasi agar mereka suka makan makanan yang bergizi dan sehat. Dengan lagu ini, siswa akan diajak untuk memahami bahwa mulut adalah salah satu bagian tubuh yang bermanfaat untuk makan.

Syair lagu:

Dua mata saya
Hidung saya satu
Dua kaki saya pakai sepatu baru
Dua telinga saya yang kiri dan kanan
Satu mulut saya
Tidak berhenti makan

3. Aplikasi Anak Islami: DOA ANAK MUSLIM

Ada banyak doa Islami yang penting tersedia di aplikasi ini. Aplikasi ini juga menyajikan doa sebelum dan sesudah makan.

4. Aplikasi Marbel: KEBIASAAN BAIK

Kebiasaan baik adalah hal penting untuk diajarkan kepada siswa. Siswa juga perlu belajar kebiasaan baik saat makan, misalnya membantu merapikan meja makan dan makan dengan cara yang sopan. Siswa bisa belajar dengan aplikasi gim ini.

5. Lagu: PETANI

Siswa bisa belajar tentang padi sebagai sumber bahan makanan yang dihasilkan oleh petani. Selain padi, petani juga bisa bekerja untuk menghasilkan aneka produk lainnya, yaitu daging sapi, susu, dan produk lainnya.

6. Film Pendek: MARBEL BUAH DAN SAYUR

Di dalam film ini, siswa akan belajar tentang aneka macam buah dan sayur yang menyehatkan badan. Dengan semakin mengenal ragam jenis buah-buahan dan sayur-sayuran, diharapkan siswa akan semakin menyukai bahan-bahan makanan tersebut. 

Pembelajaran menarik dan interaktif juga hadir dalam bentuk aplikasi gim.

7. Film Pendek: KEDAI MIE PELANGI

Salah satu makanan kesukaan anak-anak adalah mie. Siswa akan belajar tentang cara memasak dan menyajikan mie melalui film ini.

Siswa juga bisa diajak bermain aplikasi gim KEDAI MIE PELANGI dengan mengunduhnya DI SINI.

8. Lagu: GOSOK GIGI

Saat belajar tentang makanan kesukaan, jangan lupa pula untuk mengajarkan kepada siswa tentang cara menjaga kesehatan gigi. Ajak siswa untuk menggosok gigi setelah makan, dengan menonton video lagu GOSOK GIGI.

9. Film Dongeng: TREX KECIL YANG MALANG

Melalui dongeng ini, siswa akan memahami bahwa makanan kesukaan Trex adalah ikan dan telur. Siswa akan belajar tentang pentingnya makanan agar semua mahluk hidup bisa bertahan hidup. Siswa juga bisa belajar tentang pentingnya telur dan ikan sebagai sumber gizi.

10. Film Dongeng: HILANGNYA BEKAL NANDO

Siswa diajak untuk memahami pentingnya membawa bekal makanan saat di sekolah. Siswa juga akan belajar tentang pentingnya meminta izin terlebih dahulu sebelum mengambil makanan atau benda lainnya yang merupakan kepunyaan orang lain.

11. Film Dongeng: LEGENDA KEBO IWA

Setiap orang pasti butuh makan. Ada pula orang yang memiliki hobi makan. Namun, bukan berarti kita semua harus memiliki sifat rakus.

Guru bisa mengajarkan pentingnya makan secukupnya. Namun, hal yang lebih penting adalah makanan yang kita konsumsi haruslah sehat dan bergizi.

12. Aplikasi Gim: MARBEL BUDAYA NUSANTARA

Aplikasi gim ini mengajak siswa mengenal aneka makanan tradisional yang enak dan bergizi. Selain itu, siswa juga bisa belajar aneka kesenian dan kebudayaan tradisional khas yang berasal dari aneka daerah di Indonesia.

13. Craft: TEMA MAKANAN KESUKAAN

  • Ada aneka aktivitas dengan tema makanan kesukaan yang bisa diberikan kepada siswa, antara lain:
  • Membuat craft dengan tema isi piringku.
  • Membuat bentuk ice cream dengan bahan kertas origami.
  • Melipat kertas origami berbentuk tempat nasi.
  • Menempel kolase berbentuk donat.
  • Menggambar makanan 4 sehat 5 sempurna
  • Kreasi bahan origami berbentuk gelas jus jeruk.
  • Kolase berbentuk stik es krim.
  • Kreasi bahan kardus jadi bentuk donat.
  • Kreasi bahan origami berbentuk hamburger dan kentang goreng.

14. Mewarnai Gambar

Mewarnai gambar dapat mengembangkan kreativitas dan daya imajinasi siswa. Siswa juga akan banyak belajar tentang aneka kosakata dan bentuk benda. Siswa bisa diajak untuk mewarnai aneka makanan. Lembar kerja anak dengan tema mewarnai makanan bisa ditemukan di google search.

Bapak Andi Taru bersama Tim Educa Studio telah merilis Lembar Kerja Anak dengan aneka tema dan topik yang menarik. Silakan diunduh gratis dengan klik DI SINI.

Semoga aneka aktivita seru, kreatif, dan menarik di atas bisa menjadi referensi bagi Anda untuk mengajar tentang makanan kepada siswa PAUD. 

KABI (Kisah Nabi): Kembangkan Karakter Siswa dengan Teladan Para Nabi (Islami)

 

Sumber Referensi:

1. Freepik.com (2022). Asian healthy boy showing happy espression [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.