Top

Ide Aktivitas Seru Belajar Subtopik Keluargaku: Kurikulum Merdeka 2023 Topik Lingkunganku

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

09 Sep 2023

  |  

Parenting

Kurikulum Merdeka Belajar banyak diminati oleh anak-anak usia PAUD - TK. Anak-anak bisa belajar topik keluargaku dengan hati gembira dan penuh semangat di sekolah.

Di dalam pembelajaran TK - PAUD tahun 2023, anak-anak akan diajak untuk semakin mengenal anggota keluarga, tugas setiap anggota keluarga, sopan santun di dalam keluarga, dan pengetahuan tentang keluarga lainnya bersama guru di sekolah.

Ayah dan Bunda bisa mengulang materi pembelajaran yang sudah diajarkan oleh guru kepada Si Kecil di sekolah. Ada aneka aktivitas yang menarik dan variatif bisa diajarkan di rumah, agar Si Kecil semakin menguasai materi ini. Yuk, ajak Si Kecil bermain dengan aktivitas kreatif dan variatif ini!

1. Dongeng tentang Keluarga

Salah satu video dongeng paling terkenal dan sudah ditonton oleh lebih dari 3 juta anak Indonesia adalah yang berjudul “Bawang Merah dan Bawang Putih”. Ajak Si Kecil menonton dongeng ini, lalu lakukan kegiatan interaktif bersamanya dengan cara berdiskusi atau melakukan tanya jawab.

Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil menonton dongeng “Bawang Merah dan Bawang Putih” dengan menonton video di bawah ini:

2. Membuat Craft Pohon Keluarga

Craft ini terbuat dari bahan kertas origami dan piring yang terbuat dari styrofoam. Inilah tutorialnya:

  • Ayah dan Bunda bisa membantu Si Kecil menggambar bentuk pohon pada kertas origami. Setelah itu, mintalah Si Kecil untuk memotongnya, lalu menempelkannya pada piring styrofoam.
  • Tempelkan foto-foto ukuran kecil (misalnya yang berukuran 3x4 cm) pada gambar bentuk pohon.
  • Produk dari karya ini bisa dilihat dengan klik di sini.

3. Bermain Boneka Wayang Kertas

  • Ayah dan Bunda bisa membuat boneka wayang bertema keluarga dari bahan kertas dan stik es krim.
  • Gambar boneka wayang bisa ditemukan di Google Image. Setelah gambar dicetak pada kertas manila (tebal) dan digunting, Ayah dan Bunda bisa menempelkannya pada stik es krim. Stik es krim berfungsi sebagai gagang atau pegangan.
  • Setelah itu, Ayah dan Bunda bisa memainkannya bersama Si Kecil dengan tema-tema menarik, misalnya tentang cara meminta tolong kepada orang yang lebih tua, kata-kata yang perlu diucapkan saat lewat di depan ayah, dan lainnya.

4. Tebak-Tebakan Pembangun Karakter

Permainan ini bisa dilakukan tanpa alat peraga apa pun. Tugas Si Kecil adalah menebak pertanyaan yang diberikan oleh Ayah dan Bunda. Beberapa contoh pertanyaan pembangun karakter anak tersebut antara lain adalah:

  • Apa yang harus Adik ucapkan saat diberi hadiah oleh Mama?
  • Apa yang harus Adik lakukan setelah bermain mobil-mobilan?
  • Apa yang perlu Adik lakukan saat berbuat salah?

Ayah dan Bunda bisa memberikan skor dari setiap pertanyaan yang bisa dijawab oleh Si Kecil. Berikan hadiah menarik bila ia berhasil mencapai skor yang menjadi target.

5. Bermain Puzzle dan Belajar Menulis

Ajak Si Kecil bermain puzzle. Bila ia berhasil menyusun puzzle yang telah diacak dengan baik dan rapi, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil menulis kata “Papa” sambil menunjuk gambar ayah pada puzzle. Lanjutkan dengan cara menulis “Mama”, “Kakak”, dan “Adik”.

6. Bernyanyi Lagu: KASIH IBU

  • Ayah dan Bunda bisa memperdengarkan lagu ini saat Si Kecil beraktivitas di rumah agar ia merasa familiar.
  • Setelah itu, ajak Si Kecil menyanyikan lagu “Kasih Ibu” bersama Ayah dan Bunda.
  • Agar semakin seru, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil bernyanyi sambil bergerak.
  • Ayah dan Bunda bisa memberikan pertanyaan interaktif setelah mengajak Si Kecil bernyanyi, misalnya:
  1. Apa arti kalimat, “Hanya memberi tak harap kembali” pada syair lagu?”
  2. Apa saja sikap yang baik kepada ibu?
  3. Mengapa kita harus menyayangi ibu kita?

7. Bermain “Marbel Kebiasaan Baik”

Marbel Kebiasaan Baik” adalah gim digital yang bermanfaat untuk mengembangkan perilaku baik anak saat berada di rumah. Si Kecil perlu memainkan gim edukasi ini agar memahami cara bersikap baik saat berada di rumah.

Bila Si Kecil memahami cara bersikap baik, terutama saat di rumah, maka kebiasaan ini bisa membuat Ayah dan Bunda akan semakin bahagia dan merasa bangga pada Si Kecil.

Unduh aplikasi ini dengan klik gambar berikut ini:

 

8. Bermain “Marbel Doa Anak Muslim”

Di dalam aplikasi ini, Si Kecil bisa belajar aneka macam doa sederhana untuk anak Muslim. Ada juga doa-doa untuk Ayah dan Bunda yang dikemas dalam animasi dan audio yang menarik serta kekinian.

Dengan membiasakan SI Kecil berdoa dan mendoakan orangtua, maka Si Kecil akan semakin mampu tumbuh menjadi anak yang berakhlak mulia dan berbakti pada orangtua.

Semanga belajar dan mengajar, Ayah dan Bunda!

Aneka aktivitas pengayaan di rumah bersama Ayah dan Bunda tersedia lengkap pada aplikasi di bawah ini!

 


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Composition family concept blue [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.