Top

Apa Beda PAUD, TK, dan KB? Ayah Bunda Perlu Tahu Hal Ini

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

25 Juli 2023

  |  

Edukasi

Mungkin Ayah dan Bunda yang sudah memiliki sang buah hati serta berusia dini pernah bertanya, “Anakku mau aku sekolahkan di mana ya? Di luar sana ada banyak sekali lembaga atau satuan pendidikan yang melayani kebutuhan edukasi bagi anak-anak usia dini. Ada yang memakai nama PAUD, TK, Kelompok Bermain atau KB, Taman Bermain, dan lainnya. Apa bedanya?"

T REX KECIL YANG MALANG: Anak PAUD Suka Sekali Dongeng ini

 

PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini)

PAUD atau Pendidikan Anak Usia Dini, di dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama Early Childhood Education. Dilansir dari siln-riyadh.kemdikbud.go.id, dijelaskan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum jenjang pendidikan dasar yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut, yang diselenggarakan pada jalur formal, nonformal, dan informal.

Anak PAUD Bisa Belajar Baca dengan Cara FUN melalui Lagu Ini

 

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan 6 (enam) perkembangan: agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini.

Pembahasan mengenai hal ini tercantum dalam Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD (menggantikan Permendiknas 58 tahun 2009).

Rentangan anak usia dini menurut Pasal 28 UU Sisdiknas No.20/2003 ayat 1 adalah 0-6 tahun. Sementara menurut kajian rumpun keilmuan PAUD dan penyelenggaraannya di beberapa negara, PAUD dilaksanakan sejak usia 0-8 tahun (masa emas).

Baca juga: 16 Persiapan PENTING Saat MPLS / Orientasi Sekolah di PAUD - TK

Kelompok Bermain / KB / Taman Bermain / Playgroup

Kelompok Bermain adalah lembaga pendidikan untuk anak-anak usia dini yang termasuk yang termasuk dalam jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Aktivitas belajar yang dilakukan di dalam lembaga ini sebagian besar adalah bermain. Anak-anak diharapkan mampu mengembangkan segala bakat, keterampilan, dan potensinya dengan variasi kegiatan bermain dan aktivitas yang menyenangkan.

KABI (Kisah Nabi): Kembangkan Karakter Anak Usia Dini Lewat Teladan Para Nabi.

 

Aktivitas edukasi dengan cara bermain sangat dibutuhkan agar Si Kecil semakin siap dan mantap saat hendak terjun ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, yaitu pendidikan untuk anak usia 4 sampai 6 tahun ( TK ) dan pendidikan dasar nanti.

Beberapa aspek penting yang dikembangan di lembaga Kelompok Bermain atau biasa juga disebut dengan Taman Bermain adalah:

  • Keterampilan mengelola emosi
  • Kemampuan linguistik
  • Keterampilan fisik atau motorik
  • Bakat seni
  • Kognitif
  • Sosial

Biasanya lembaga pendidikan Kelompok Bermain diperuntukkan bagi anak-anak yang berasal dari orang tua yang sibuk bekerja. Agar buah hatinya bisa berkembang lebih optimal, anak tidak hanya diasuh oleh asisten rumah tangga. Namun, ia akan mendapatkan pengasuhan, pendampingan, bimbingan, dan aneka pengajaran dari guru-guru yang berkompeten di bidang PAUD.

Baca juga: PENTING, Inilah Lesson Plan MPLS untuk TK - PAUD sesuai Kurikulum Merdeka 

Taman Kanak-Kanak ( TK )

Anak-anak usia TK adalah 4-5 dan 5-6 tahun. Di TK, anak-anak usia dini berkesempatan untuk mendapatkan kegiatan bermain seraya belajar dengan kurikulum pembelajaran yang sesuai dengan usianya. Di usia 5-6 tahun, anak akan mendapatkan aneka aktivitas yang bermanfaat untuk persiapan transisi masuk ke jenjang pendidikan dasar atau bangku Sekolah Dasar.

Beberapa aspek yang dikembangkan pada diri anak-anak usia TK adalah:

  • Karakter moral, budi bekerti, dan agama
  • Keterampilan berbahasa
  • Keterampilan mengenal angka dan berhitung
  • Kemampuan membaca
  • Keterampilan seni (rupa, tari, dan suara).
  • Keterampilan sosial
  • Keterampilan motorik
  • Kemandirian

Unduh Aplikasi KABI (Kisah Nabi) dengan Klik di SINI.

 

Sumber Referensi:

1. Siln-riyadh.kemdikbud.go.id. (2022). Paud [1]
2. Ibundadanbalita.com. (2022). Perlukah si kecil ikut kelompok bermain [2]
3. Kompas.com. (2021). Mengenal paud kelompok bermain dan tk apa saja perbedaannya [3]
4. Freepik.com. (2022). Two little girls friends playing funny park [4]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.