Top

Aneka KEGIATAN BERMAIN untuk MELATIH SENSORIK Anak: Untuk Persiapan Masuk PAUD / Kelompok Bermain

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

01 Juli 2024

  |  

Edukasi

Kemampuan anak perlu dilatih sejak ia berusia 0-1 tahun. Melatih sensorik sejak usia dini bisa membantu Si Kecil dalam menerima, mengolah, dan memberikan respons terhadap informasi sensorik dari lingkungan sekitar.

Si Kecil akan semakin mampu menggunakan panca inderanya dengan lebih optimal. Kemampuan sensorik yang dilatih secara intens dan dengan cara menyenangkan, akan membuat Si Kecil mengalami perkembangan kognitif, motorik, dan sosio-emosional yang baik.

Baca juga:
1. AKTIF Bisa, FOKUS Bisa! Anak Usia 0-1 Tahun Perlu Dilatih Melakukan 7 Hal Ini Sejak Dini | Liburan Edukatif Bersama Keluarga

2. Inilah 16 Cara Mudah BANGET Mengajarkan Anak Usia 0-1 Tahun Kosakata Baru: SANGAT MENYENANGKAN

3. 9 Kegiatan Harian yang Mencerdaskan untuk Anak Usia 0-2 Tahun

Inilah ide permainan sederhana yang bisa membantu Si Kecil untuk mengembangkan kemampuan sensoriknya.

1. Mainan Berbunyi

Ajak Si Kecil bermain mainan yang dapat menghasilkan bunyi dengan cara digoyangkan, ditekan, atau digerakkan. Biasanya mainan ini berbentuk lonceng, hewan, gelang, dan lainnya.

Baca juga: 7 Jenis Permainan Edukatif yang Paling Asyik untuk Anak PAUD

2. Mainan Fullcolor

Mainan ini memiliki warna-warna yang cerah dan menarik. Si Kecil biasanya akan tertarik untuk memainkan mainan ini karena warnanya. Si Kecil bisa memainkannya sesuai dengan mengikuti imajinasinya.

Kembangkan Karakter Si Kecil bersama KABI (Kisah Teladan Nabi)

 

3. Water Play

Siapkan sebuah ember kecil yang muat dimasuki tubuh Si Kecil. Saat ia mandi, biarkan Si Kecil memainkan aneka mainan berbahan plastik yang bisa mengapung.

Baca juga: 7 Aktivitas Permainan PAUD Seru untuk Belajar Tema Air

Ayah Bunda bisa menyiapkan mainan dengan tekstur yang bervariasi, misalnya kain berbulu, kain halus, kain kasat, mainan berbahan kayu, dan lainnya. Biarkan Si Kecil bermain dan merasakan pengalaman menyentuh aneka tekstur.

Baca juga: 20 Permainan untuk Menguatkan Motorik Halus Anak PAUD Usia 1 - 2 Tahun

5. Mainan yang Gigit

Mainan ini biasanya berbahan karet khusus yang aman untuk digigit bayi dan bermanfaat untuk menguatkan gigi serta gusi bayi.

6. Mainan Pencet

Siapkan mainan yang bisa dipencet dan menghasilkan bunyi yang bervariasi. Biasanya setelah dipencet akan menghasilkan bunyi tentang suara hewan, suara kendaraan, pengenalan kosakata, dan lainnya.

7. Mainan Bergerak

Biarkan Si Kecil bermain mobil-mobilan, bola, tokoh kartun yang bisa bergerak, dan aneka mainan lain yang bisa digerakkan (biasanya memiliki semacam roda).

8. Mainan Bersinar

Mainan ini bisa bersinar atau mengeluarkan cahaya, misalnya mainan proyektor mungil (bila diproyeksikan ke dinding bisa menghasilkan gambar kartun), lampu tidur bayi bertema benda angkasa, lampion, dan lainnya.

Baca juga: Inilah 18 Permainan Anak TERBARU Stimulasi Kecerdasan Majemuk: Untuk PAUD Usia 2 Tahun

9. Boneka Berbagai Bahan

Biarkan Si Kecil bermain boneka dengan aneka bahan, misalnya boneka berbahan kayu, boneka berbahan kain, boneka berbulu, boneka karet, dan boneka plastik. Si Kecil akan merasakan sensasi yang berbeda saat memainkannya. Sensoriknya pun akan semakin terlatih dan semakin peka.

Ajak Si Kecil Bermain dengan Lembar Kerja Anak / LKA, Agar Sensorik, Kognitif, dan Motoriknya Bisa Semakin Berkembang. Unduh LKA di Bawah ini!

1. MENEBALKAN Gratitude Worksheet: Pengisi Perutku
2. MENEBALKAN Gratitude Worksheet: Profesi #2
3. MENEBALKAN Gratitude Worksheet: My Beautiful Life

Bagaimanapun, kemampuan sensorik sangat berhubungan dengan aneka keterampilan dan kecerdasan Si Kecil lainnya. Bila sensorik anak tidak dilatih sejak dini, ia bisa mengalami keterlambatan perkembangan motorik, keterbatasan persepsi terhadap dunia sekitar (menghambat interaksi sosialnya), keterbatasan kemampuan kognitif (dalam memahami aneka konsep penting), keterlambatan dalam keterampilan berbahasa, dan lainnya.

Baca juga: 15 Permainan MUDAH  untuk Mengembangkan LITERASI NUMERASI Anak Usia 3 Tahun

Demi perkembangan aneka keterampilan dan kecerdasan Si Kecil yang semakin optimal, maka Ayah Bunda perlu melatih kemampuan Si Kecil sejak usia 0-1 tahun. Semoga bermanfaat!


Sumber Referensi:

1. Theclassroomstore.com. (2022). 10 sensory activities for kids [1]

2. Connectionsacademy.com. (2022). Improve focus- with- sensory- integration- activities during the school day [2]

3. Freepik.com. (2022). Child hand- playing sensorik playdough  [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.