Top

Aneka GAMES di ALAM TERBUKA dan Manfaatnya | KEGIATAN OUTDOOR Liburan Anak Usia 1-2 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

03 Juli 2024

  |  

Edukasi

Bermain di alam terbuka memiliki banyak manfaat yang sangat penting, yaitu menjaga daya tahan tubuh, mengembangkan keterampilan motorik halus serta kasar, dan bisa memberikan manfaat relaksasi serta rekreasi bagi sang buah hati. Ada banyak outdoor games yang bisa dilakukan oleh Si Kecil yang berusia 1-2 tahun agar ia tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerita.

Inilah beberapa outdoor games yang bisa dilakukan Si Kecil bersama Ayah Bunda:

Artikel terkait:

1. PERMAINAN PAUD TERBARU: Simpel dan Bisa Dilakukan Indoor dan Outdoor

2. KEGIATAN Harian ASYIK agar Anak TERAMPIL BERBICARA: untuk Kesiapan Masuk PAUD di Usia 1-2 Tahun

3. Tips Menstimulasi Kecerdasan Anak Usia 1-2 Tahun

1. Bermain Air

Ajak Si Kecil bermain di kolam, air di dalam ember, atau pancuran air. Aktivitas ini dapat menstimulasi perkembangan motorik halus, memberikan pelajaran tentang konsep menyimpan plus menuangkan, dan memberi kesempatan kepada Si Kecil untuk bereksplorasi dengan sensoriknya.

Baca juga: 17 Kegiatan Belajar dan Bermain Air untuk Anak PAUD & TK Usia 1 - 2 Tahun

2. Bermain pasir

Bermain dengan mainan pasir kinetik, bermain pasir di pantai,i atau bermain pasir di bak pasir dapat membantu Si Kecil dalam mengembangkan keterampilan sensorik, motorik halus, imajinasi, kebugaran tubuh, dan kreativitasnya.

3. Berjalan-Jalan di Alam

Kembangkan keterampilan Si Kecil dalam melakukan observasi dengan mengajaknya berjalan-jalan di alam terbuka. Si Kecil juga akan berlatih menguatkan otot-otot kaki, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengembangkan kemampuan sensoriknya.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Benda Langit, Alam Semesta - Kurikulum Merdeka

4. Berman dengan Aneka Benda Alami

Beberapa benda alami yang bisa menjadi obyek mainan antara lain daun, batu, kayu, atau benda alami lainnya. Mengajak Si Kecil bermain dengan aneka benda tersebut dapat mengembangkan kreativitas, imajinasi, dan keterampilan motorik halus.

Di era digital, Ayah Bunda bisa membantu Si Kecil mengunduh aneka permainan bertema Islami, misalnya:

- Marbel Mengaji

- Marbel Huruf Hijaiyah

- Marbel Muslim Kids

5. Memainkan Bola

Permainan dengan bola sepak bisa membantu Si Kecil untuk mengembangkan keterampilan motorik kasar, keterampilan sosial (bermain bersama teman), dan konsep dasar tentang gerakan bola (melambung, menggelinding, memantul, dan lainnya).

Baca juga: 5 Aktivitas Seru Bulan Ramadan dengan Memanfaatkan Bola Plastik Kecil

6. Mencari Harta Karun

Ajak Si Kecil mencari obyek tertentu di alam terbuka yang telah disembunyikan sebelumnya. Permainan ini dapat mengembangkan keterampilan kognitif, memahami konsep menyembunyikan dan mencari, mengembanngkan rasa ingin tahu, serta memberikan kesempatan untuk bergerak aktif (baik untuk kebugaran tubuh Si Kecil).

7. Bermain dengan Hewan Peliharaan

Ajak Si Kecil memelihara hewan peliharaan, dan berikan kesempatan padanya untuk berinteraksi. Aktivitas ini bisa mengembangkan empati, kecerdasan natural, keterampilan sosial, dan rasa tanggung jawab.

Baca juga: 13 Jenis Kegiatan Sedehana Belajar Tema Hewan Air untuk PAUD

8. Bermain dengan Anggota Tubuh

Ajak Si Kecil memainkan jemari (dengan menyentuh benda, memegang erat bola), mengangkat kursi, merentangkan tangan, dan lainnya. Si Kecil akan belajar mengembangkan kesadaran tubuh dan keterampilan motorik halus.

Baca juga: RPP PAUD Tema Diriku, Subtema Merawat Bagian Tubuhku

9. Bermain di Atas Rumput

Bermain di atas rumput memiliki beberapa manfaat penting bagi perkembangan anak, yaitu stimulasi sensorik, kreativitas, daya imajinasi, dan kebugaran tubuh.

Beberapa Kisah Teladan Nabi yang Menarik adalah:

- Pertolongan dari Allah SWT

- Fathimah binti Muhammad SAW

- Allah SWT Melihat Kita Di Manapun

Unduh Aplikasi KABI (Kisah Teladan Nabi) dengan Klik Gambar di Bawah Ini

10. Memainkan Permainan Memanjat

Permainan memanjat sering ditemukan di sekolah PAUD atau di taman bermain. Beraktivitas dengan mainan ini bisa membantu mengembangkan keterampilan motorik kasar, keberanian, dan keterampilan berpikir spatial.

11. Bermain dengan Media Angin

Bermain dengan mainan parasut, layang-layang, baling-baling, dan permainan dengan media angin lainnya bisa membantu mengembangkan motorik halus, kesabaran, dan pengetahuan tentang alam (terutama tentang angin / udara).

Manfaat dari permainan di alam terbuka ini antara lain meningkatkan kesehatan fisik dan kesejahteraan mental anak, mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus, membangun hubungan dengan alam, serta meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak, terutama bagi anak berusia 1-2 tahun.


Sumber Referensi:

1. Petitjourney.com.au. (2022). Outdoor games children [1]

2. Pinterest.com. (2022). Outdoor activities for toddlers [2]

3. Freepik.com. (2022). Full shot smiley mother kid sitting clot [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.