Top

21 Ide Bermain Angka 1-5 untuk Anak Usia 2-3 Tahun di RUMAH: MUDAH dan MURAH

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

08 Jan 2024

  |  

Parenting

Anak berusia 2-3 tahun adalah anak yang sedang dalam masa usia emas. Anak di usia ini mengalami perkembangan kecerdasan dengan sangat cepat, termasuk kecerdasan matematis atau literasi numeriknya. Dengan kegiatan yang menyenangkan dan bervariasi anak usia 2-3 tahun akan lebih cepat dalam memahami angka.

Inilah variasi permainan yang mudah dan murah, serta bisa dilakukan di rumah, yang dapat membuat anak lebih cepat dalam memahami angka 1 sampai 5.

1. Mandi dan Bermain Bersama Angka

Saat Si Kecil mandi di dalam bak air, Ayah Bunda bisa meletakkan mainan plastik berbentuk angka 1 sampai 5. Biarkan Si Kecil memainkannya sambil mandi dan bermain air.

2. Bermain Jari

Ayah Bunda bisa meminta Si Kecil berhitung dengan media jari dari angka 1 sampai 5.

3. Bermain Stiker Angka

Siapkan stiker bergambar 1 sampai 5 yang berjumlah 3 pasang. Mintalah Si Kecil menempelkannya pada kertas HVS secara berurutan.

4. Menghitung Langkah

Ajak Si Kecil melangkah sambil berhitung. Ayah Bunda bisa memberikan instruksi, “5 langkah ke depan, gerak!”

5. Menghitung Buah

Taruhlah 5 buah anggur pada 2 buah piring. Ajak Si Kecil memakannya sambil menghitung setiap buah anggur yang dimakan.

Aneka Keterampilan Anak PAUD Bisa Berkembang secara Efektif dan Menyenangkan bersama MARBEL PELAJARAN TK DAN PAUD

 

6. Membereskan Mainan

Mintalah Si Kecil membereskan mainannya. Ia harus mengambil 5 item mainan sebelum memasukkannya ke dalam kotak mainan, sambil berhitung.

7. Menulis Angka dan Menggambar

Mintalah Si Kecil menulis angka 5 di atas sebuah kertas HVS. Lalu, mintalah ia menggambar suatu bentuk yang berjumlah 5 buah, misalnya bentuk lingkaran berjumlah 5 buah.

8. Menulis Bentuk Angka Selangkah demi Selangkah

Tuliskan bentuk angka 5 secara perlahan dan bertahap, misalnya di awali dengan berkata, “Buat sebuah garis lurus dari kanan ke kiri, lalu turun ke bawah. Kemudian buatlah sebuah bulatan ke arah kanan.”

9. Dekorasi Edukatif

Ajak Si Kecil mendekorasi kamar dengan aneka bentuk angka 1 sampai 5. Dekorasi bisa dipasang sebagai hiasan dinding, hiasan pintu, hiasan jendela, dan hiasan gantung.

10. Melingkari Angka

Ayah Bunda bisa membantu Si Kecil menuliskan angka 1 dan 5 dalam jumlah banyak di atas sebuah kertas. Lalu, mintalah Si Kecil melingkari bentuk angka 5.

11. Mendongeng dengan Tema Angka

Buatlah sebuah dongeng sendiri yang banyak menyebutkan angka 5, misalnya ada sebuah kandang yang isinya 5 ayam. Kandang itu berada di bawah pohon apel. Pohon apel itu berbuah, dan menghasilkan 5 buah apel.

Ayah Bunda bisa mendongeng sambil menggambarkannya pada sebuah papan tulis.

Baca juga: Berkreasi dan Berlatih Menulis Angka dengan LKA GRATIS

12. Makan Nugget Berbentuk Angka

Siapkan nugget bergambar angka 5. Lalu, gorenglah nugget tersebut bersama Si Kecil. Setelah matang, ajak Si Kecil makan nugget bersama.

13. Memasukkan Kelereng

Siapkan 5 buah kelereng. Lalu, mintalah Si Kecil untuk melemparkannya ke dalam sebuah kotak sambil berhitung.

14. Bermain Angka dengan Media Flashcard

Siapkan 5 buah flashcard bergambar angka 1 sampai 5, lalu sebarkan di atas lantai. Berikan instruksi padanya untuk mengambil salah satu kartu, misalnya dengan mengucapkan, “Ambillah kartu bergambar angka 5.”

15. Bermain Angka

Siapkan mainan berbentuk angka. Lalu, mintalah Si Kecil memasukkan mainan dengan bentuk angka 5 ke dalam sebuah kotak bergambar angka 5.

16. Bermain Mainan Balok Angka

Mintalah Si Kecil membuat sebuah tiang dengan mainan balok bertuliskan angka 1 sampai 5.

Baca juga: Modul Ajar dan RPP untuk Anak PAUD

17. Bernyanyi Lagu Bertema Angka

Ajak Si Kecil bernyanyi bersama lagu bertema angka, misalnya lagu “Balonku Ada 5”, secara berulang-ulang, sambil menunjukkan gambar angka 5 dan gambar balon berjumlah 5 buah.

18. Memindahkan Bola Plastik Kecil

Siapkan satu ember bola plastik berukuran kecil (yang bisa digunakan untuk mainan mandi bola). Mintalah Si Kecil memindahkan bola plastik tersebut dengan mengambil 5 buah plastik setiap pengambilan bola.

19. Lempar Tangkap Bola Bertuliskan Angka

Siapkan 5 buah bola bertuliskan angka 1 sampai 5. Lemparkan satu buah bola kepada Si Kecil dan setiap Si Kecil berhasil menangkapnya, mintalah ia menyebutkan angka dari bola yang ia tangkap.

20. Bermain Jual Beli

Ajak Si Kecil bermain jual - beli barang. Pada setiap barang tempelkan sebuah stiker label bergambar angka sebagai harga barang. Mata uang selain rupiah, misalnya dolar, bisa digunakan sebagai mata uang saat bermain peran.

21. Menyortir Kartu Bergambar Angka

Sebarkan kartu bergambar angka 1 sampai 10. Lalu, mintalah Si Kecil memisahkan angka 1 sampai 5 dengan kartu bergambar angka lainnya.

Selain mengajak anak berkegiatan edukatif, Ayah Bunda juga perlu memberikan asupan gizi makanan yang baik, istirahat yang cukup, dan pendampingan yang optimal. Semoga dengan aneka kegiatan variatif di atas, Si Kecil akan semakin hebat dalam memahami angka dan konsep berhitung dengan hati senang.


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022) High angle kid playing indoors [1]

2. Raisingchildren.com (2022). Development tracker [2]

3. Indiamart.com (2022). Number magic play group [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.