Top

Tips Mudah Kembangkan 17 Karakter Anak PAUD Usia 2 Tahun di Rumah

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

08 Jan 2024

  |  

Edukasi

Mengembangkan karakter anak tidak harus menunggu Si Kecil berusia 5 tahun atau lebih. Mengembangkan karakter anak bisa diterapkan pada anak berusia 2 tahun dan dengan pembiasaan sehari-hari.  Inilah 17 karakter anak yang bisa dibangun melalui pembiasaan sehari-hari yang mudah diterapkan di rumah.

1. Mengembangkan Cara Mengelola Emosi

Ayah Bunda bisa mengajarkannya dengan bersikap sabar saat menasihati dan berbicara dengan kata-kata yang baik dalam berkomunikasi sehari-hari.

Baca juga: Cara Pengembangan 32 Karakter Anak usia PAUD

2. Mendorong Inisiatif

Berikan kesempatan kepada Si Kecil untuk melakukan segala sesuatu tanpa banyak aturan dan larangan. Namun, pendampingan yang baik sangat dibutuhkan agar Si Kecil melakukan sesuatu di luar batas.

3. Mengajarkan Pentingnya Sikap Jujur

Menjadi teladan yang baik dengan menghindari pembicaraan yang tidak sesuai dengan kenyataan adalah hal terpenting yang perlu dilakukan orangtua. Bila Si Kecil melakukan kesalahan, pastikan Ayah Bunda menasehati dengan kata-kata yang baik. Menasihati Si kecil dengan amarah hanya akan membuat Si Kecil terpancing untuk berkata yang tidak jujur.

Kembangkan Karakter Si Kecil bersama KABI (Kisah Teladan Nabi)

 

 

4. Menanamkan Kemandirian

Berikan tugas sederhana kepada Si Kecil, misalnya merapikan mainan, menempatkan sepatu di rak sepatu setelah dipakai, dan lainnya. Bila Ayah Bunda ingin memberikan bantuan, berikan bantuan seperlunya saja dengan lebih banyak memberikan bimbingan.

5. Mengajarkan Sikap Menerima Perbedaan

Ajarkan kapada Si Kecil bahwa manusia tercipta berbeda-beda melalui cara yang menarik, misalnya mendongeng. Biarkan Si Kecil berteman dengan siapa saja saat berada di lingkungan sekolah dengan tetap menjalin komunikasi yang baik dengan para gurunya; agar Ayah Bunda tetap memahami circle pertemanan dan lingkungan pergaulan Si Kecil.

Baca juga:

Modul Ajar PAUD - TK  Kurikulum Merdeka Belajar

LKA PAUD GRATIS dari Educa Studio: Edukatif dan Praktis

6. Mengembangkan Empati

Ajarkan kepada Si Kecil pentingnya berkata-kata yang baik, dan jelaskan bahwa berkata-kata yang baik bisa menghindari kata-kata yang bisa menyakiti perasaan orang lain. Ajarkan pula Si Kecil tentang pentingnya menjaga kebersihan dan ketertiban. Karena lingkungan yang tertib dan nyaman bisa memberikan rasa aman dan nyaman bagi sesama.

7. Mengajarkan Welas Asih

Ajak Si Kecil saat melakukan perbuatan amal kasih, misalnya kunjungan ke panti asuhan. Berikan kasih sayang dan perhatian dalam keseharian anak. Ungkapkan pula rasa sayang Ayah Bunda secara verbal.

8. Menjadi Pribadi yang Positif

Dalam keseharian, Ayah Bunda harus menghindari hal-hal yang bisa menimbulkan konflik dan selalu mampu berpikir positif. Misalnya, saat mengalami kejadian kurang menyenangkan Ayah Bunda harus bisa tetap berperilaku, berucap, dan berpikir yang positif agar suasana lingkungan tetap nyaman dan damai.

9. Mampu Bersyukur

Ajaklah Si Kecil mengucapkan doa-doa syukur, termasuk saat mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan. Bimbing pula agar Si Kecil bisa menemukan pencapaian-pencapaian atau hal-hal baik yang dialami setiap hari, meski itu hanya hal yang sederhana, misalnya masih bisa menghirup udara segar.


Tingkatkan Keterampilan Anak untuk Memahami Hiruf Hijaiyah dengan Cara Mudah


10. Memgembangkan Kepercayaan Diri

Ajak Si Kecil tampil bersama saat ada kesempatan unjuk gigi di atas panggung. Ajak pula Si Kecil untuk mengikuti ajang lomba atau pertunjukan seni.

11. Keterampilan dalam Mengambil Keputusan

Berikan kesempatan kepada Si Kecil untuk memilih baju yang hendak ia pakai hari ini. Berikan pula ia sebuah tanggung jawab untuk bisa menyelesaikan sesuatu, misalnya merapikan tempat tidurnya sendiri dan sesuai kemampuannya.

12. Mengajarkan Etika Bekerja

Ajarkan kepada Si Kecil pentingnya belajar, dengan cara mengajak Si Kecil membaca buku setiap hari dan menanamkan pentingnya belajar.

13. Mengembangka Kreativitas

Ajarkan kepada SI Kecil cara membuat suatu karya kerajinan tangan, berkreasi dengan kertas origami, membuat hiasan untuk mendekorasi kamar, dan lainnya.

14. Mengembangkan Perilaku Toleransi

Saat ada tetangga yang meninggal, ajarkan kepada Si Kecil untuk tidak memutar lagu terlalu keras atau mengunjungi serta mengucapkan selamat atas perayaan suatu agama kepada tetangga meskipun berbeda agama.

15. Mengembangkan Kecerdasan Natural

Jelaskan kepada Si Kecil pentingnya membuang sampah pada tempatnya, mengurangi penggunaan plastik, dan berwisata di tempat wisata alam.

Kembangkan Kecerdasan Natural Si Kecil dengan Menonton Video Ini

 

16. Keterampilan Bersosialisasi

Libatkan Si Kecil dalam kegiatan kerja bakti dan pertemuan-pertemuan rutin di lingkungan tempat tinggal.

17. Sikap Mampu Menerima Kegagalan

Saat Si Kecil mengalami kegagalan, Ayah Bunda bisa menjelaskan kepada Si Kecil bahwa setiap orang pasti pernah gagal. Ajarkan pula kepada Si Kecil bahwa kegagalan bukanlah saat berhenti berharap. Namun, harus tetap semangat belajar, berpikir positif, dan semangat untuk memperbaiki diri.

Semakin dini Si Kecil dilatih dalam hal pengembangan karakter, semakin mampu Si Kecil untuk bisa menjadi pribadi yang positif dan hebat. Berikan motivasi dengan cara memberikan pujian dan apresiasi. Kesabaran, ketekunan, dan konsistensi adalah sikap yang penting dan perlu dimiliki Ayah Bunda saat menerapkan 17 pembiasaan di atas. Selamat mencoba!


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Happy child with parents playing bed home [1]

2. Momentsaday.com. (2022) Character building activities for toddlers [2]

3. Verywellfamily.com. (2022). Ways to build character in children [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.