Top

17 Kegiatan Belajar dan Bermain Air untuk Anak PAUD & TK Usia 1 - 2 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

07 Feb 2024

  |  

Edukasi

Ada aneka kegiatan untuk belajar sambil bermain air yang digemari anak usia dini, terutama yang berusia 1-2 tahun. Air memiliki sensasi kesegaran yang membuat anak-anak usia dini semakin tertarik melakukan segala aktivitas dengan menggunakan air. Guru PAUD dan TK bisa mengajak para siswa beraktivitas seru sembari mengembangkan aneka kecerdasan dan keterampilan mereka.

Inilah ragam kegiatan edukatif yang menyenangkan serta bisa dilakukan oleh siswa PAUD dan TK yang berusia 1-2 tahun.

1. Bernyanyi

Lagu bertema air bisa menjadi kegiatan yang digemari siswa. Ajarkan lagu-lagu baru bertema air dengan memperkenalkan versi audio lagu ini di waktu luang mereka, misalnya saat istirahat atau saat waktu luang lainnya. Inilah beberapa judul lagu bertema air yang bisa menjadi pilihan:

  • Air Mengalir

  • Sifat Air

2. Mencuci Mainan

Di sekolah tentu ada mainan-mainan yang berbahan plastik. Ajaklah siswa untuk mencuci dan membilas mainan tersebut. Setelah selesai, siswa juga bisa diminta untuk mengelapnya hingga bersih.

3. Bermain Air di Kolam Renang

Bila sekolah Anda menyediakan kolam renang, ajaklah siswa untuk berenang di kolam renang sambil bermain mainan yang bisa mengapung, misalnya kapal-kapalan, atau mainan lain berbahan plastik atau kayu.

4. Bermain Simulasi Hujan

Semprotkan air ke udara dan ke arah siswa yang sudah mengenakan jas hujan atau menggunakan payungnya. Siswa akan belajar tentang manfaat jas hujan dan payung kala hujan. Siswa juga bisa belajar tentang manfaat benda berbahan plastik untuk menangkal air.

5. Menyiram Tanaman

Ajak para siswa untuk berjalan keliling taman. Lalu, ajarkan mereka cara menyiram tanaman dengan menggunakan selang, ember, gayung, atau pencurah air.

6. Mencuci Tangan

Ajari siswa cara mencuci tangan dengan benar, yaitu dengan menggunakan sabun dan mengelap tangan dengan handuk.

7. Bermain dengan Pewarna Makanan

Ajak siswa untuk membuat karya seni rupa dengan mencampurkan air dengan pewarna makanan, misalnya membuat karya lukisan dengan jari, menggambar dengan kuas, mewarnai gambar dengan menggunakan sikat gigi (dengan tehnik mencipratkan), dan membuat aneka kreasi lainnya.

Ajak Anak-Anak Didik Bermain Warna dengan Aplikasi Gim di Bawah Ini

 

8. Berburu Benda Tenggelam

Kumpulkan aneka benda yang bisa tenggelam, misalnya batu, obeng, penjepit kertas, dan lainnya. Ajak anak-anak didik untuk mengangkat atau mengambil benda-benda tersebut setelah tenggelam.

Baca juga:
Modul Ajar dan RPP PAUD Tema Air Udara Api, Topik Kendaraan Air - Kurikulum Merdeka Belajar

Modul Ajar & RPPH PAUD / TK Usia 4 - 5 Tahun, Topik Alat Transportasi Air / Laut Kurikulum Merdeka Belajar

9. Memindahkan Air

Siapkan sebuah sponge, dan dua buah gelas. Isi satu buah gelas dengan air, lalu gunakan sponge untuk memindahkan air dari satu gelas ke gelas lainnya, dengan teknik memeras.

10. Bermain di Kolam Renang Karet

Siapkan sebuah kolam renang berbahan karet dan aneka mainan berbahan plastik. Ajak siswa untuk bermain aneka mainan yang berada di dalam kolam.

11. Menebak Benda Tenggelam dan Mengapung

Kumpulkan aneka benda yang bisa tenggelam dan mengapung saat diletakkan di atas air. Lalu, masukkan masing-masing benda ke dalam air. Ajak siswa menebak, apakah benda tersebut akan tenggelam atau mengapung sebelum meletakkannya di atas air.

12. Bermain dengan Gelembung Sabun

Ajak siswa bermain dengan gelembung sabun. Biarkan siswa lainnya untuk mengejar dan memukul gelembung-gelembung sabung yang beterbangan.

13. Mengeksplorasi Bahan Tahan Air dan Menyerap Air

Kumpulkan aneka benda yang tahan air dan mampu menyerap air. Ajak siswa menebak sebelum menyemprotnya dengan air (dengan alat bernama penyemprot air).

14. Kompetisi Kapal Kertas

Bila sekolah Anda terletak di dekat selokan, Anda bisa mengajak para siswa untuk bermain balapan kapal kertas.

Saat Bermain Kapal Kertas, Ajak Pula Siswa Bernyanyi Lagu “Mari Berlayar”

15. Memancing dengan Mainan Ikan

Ajak siswa bermain dengan menggunakan kail, magnet, dan bentuk ikan berbahan plastik. Ajak para siswa untuk memancing ikan-ikan yang mengapung di atas kolam kecil berbahan plastik.

16. Menyaring Air

Buatlah bubur kertas dengan mencampurkan sobekan kertas dengan air di dalam mangkuk. Lalu, gunakanlah saringan untuk menyaring air.

17. Bermain Air dan Es

Aktivitas ini untuk mengajarkan konsep sifat air yang bisa mencair. Masukkan beberapa balok es ke dalam air. Maka es batu akan mencair saat dimasukkan ke dalam bak air.

Pastikan selalu mengawasi anak selama aktivitas bermain dengan air dan memastikan bahwa lingkungan bermain aman. Kegiatan ini tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan peluang bagi anak untuk belajar dan mengembangkan berbagai keterampilan.


Sumber Referensi:

1. Vivvi.com. (2022). 15 Water play activities toddlers [1]
2. Taminglittlemonsters.com. (2022). 10 Ways to play with water [2}
3. Freepik.com. (2022). Cute southeast asian female child yellow floating raft river [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.