Top

19 Variasi Metode Bermain PAUD & TK Berbasis Teknologi yang Anak Sukai

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

03 Feb 2024

  |  

Edukasi

Peran IT atau Informasi and Technology dalam dunia pendidikan sangatlah penting. Dengan memanfaatkan IT, guru menjadi semakin kreatif dalam membuat rencana pembelajaran, mengajar, melakukan aktivitas, dan melakukan evaluasi pembelajaran. Begitu juga dalam dunia PAUD. Anak-anak PAUD tentu akan sangat senang bila gurunya memiliki kompetensi di bidang informasi dan teknologi. Pembelajaran berbasis IT yang diajarkan oleh guru pasti akan menjadi lebih kreatif dan bervariasi.

Inilah beberapa variasi pembelajaran berbasis IT yang bisa diaplikasikan kepada anak-anaka didik.

1. Dongeng Digital

Aplikasi dongeng anak RIRI (Cerita Anak Interaktif) adalah salah satu yang digemari jutaan anak Indonesia saat ini. Dongeng ini dikemas dengan animasi menarik, konten yang ramah anak, dan sarat akan pesan moral yang bisa membangun akhlak anak didik.

2. Permainan Edukatif

Permainan edukatif biasanya hadir dalam bentuk aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store. Anak-anak didik bisa belajar aneka materi dasar PAUD, misalnya pengenalan angka, pengenalan alfabet, belajar buah-buahan, dan lainnya.

3. Video Pembelajaran PAUD

Pilihlah video animasi yang berdurasi pendek. Namun, memuat materi dasar PAUD yang padat dan mudah dipahami anak didik.

4. Aplikasi Pembelajaran Lewat Lagu

Anak-anak didik sangat menyukai pembelajaran lewat lagu. Ajak pula anak didik untuk bisa bernyanyi sambil menari. Pastikan pula Anda bisa memilih lagu yang sesuai dengan usia anak-anak didik, sehingga mereka bisa menguasainya dengan mudah.

5. Puzzle Pendidikan

Puzzle dalam versi gim online sangat praktis. Dalam 1 aplikasi, Anda bisa menemukan ratusan variasi puzzle dengan berbagai tema menarik dan sesuai dengan pembelajaran PAUD.

6. Aplikasi Pembelajaran Kolaboratif

Aplikasi ini memberikan fasilitas kepada anak-anak didik untuk bisa melakukan aneka aktivitas secara bersama / bekerja dalam kelompok. Anak-anak didik juga bisa melakukan kompetisi melalui aplikasi ini dengan cara bermain.

7. Podcast Pendidikan

Anak-anak didik pasti akan senang melihat anak-anak seusianya melakukan podcast. Selain mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru, anak-anak didik akan termotivasi untuk bisa menjadi seorang podcaster cilik.

8. Aplikasi Kebersihan dan Kesehatan

Aplikasi ini bermuatan materi pengajaran tentang cara hidup sehat secara interaktif.

9. Belajar Bahasa Asing Lewat Aplikasi

Dengan biaya yang lebih murah daripada kelas offline, anak-anak usia dini bisa mendapatkan pengajaran tentang keterampilan berbahasa asing dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan menonton film pendek interaktif dan bermain gim bahasa asing.

Baca juga:

Tips Guru Hebat: Menyikapi Perkembangan Teknologi yang Pesat

Aneka Karakter Anak dalam Menggunakan Teknologi dan Pola Asuhnya

10. Penggunaan Robot Pendidikan

Anak-anak didik bisa belajar cara membuat robot, mulai dari robot sederhana hingga yang paling canggih dan berbasis AI.

11. Pembelajaran Berbasis Animasi

Anak-anak didik bisa belajar banyak ilmu melalui tokoh-tokoh animasi yang menarik. Mereka tidak akan merasa bahwa mereka sedang belajar. Karena film animasi yang ditonton memiliki jalan cerita yang menarik dan seru.

12. Pembelajaran dengan Media Augmented Reality

Anak-anak didik bisa belajar mengenal aneka bentuk benda atau hewan dengan bentuk 3 dimensi dan terlihat sangat nyata dan menarik.

13. Platform Pembelajaran Online

Materi-materi dalam platform ini biasanya disesuaikan dengan topik-topik di dalam Kurikulum yang berlaku. Pengguna bisa mendaftar sebagai guru, orangtua, atau siswa. Setiap pengguna bisa mengakses fitur-fitur yang berbeda dan sesuai kebutuhan.

14. Aplikasi Kreatifitas dan Seni

Anak-anak didik bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan aneka kegiatan seni kreatif (art and craft) dan membuat produk seni.

15. Aplikasi Pembelajaran Matematika

Anak-anak didik dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk belajar ilmu Matematika dasar, misalnya pengenalan angka, pengenalan penjumlahan, dan lainnya.

16. Aplikasi Pembelajaran Sains

Anak-anak didik bisa belajar Ilmu Pengetahuan Alam melalui aplikasi ini. Di dalam aplikasi ini disediakan video pembelajaran, aneka gim, tutorial melakukan eksperimen, dan lainnya.

17. Pembelajaran Mini-Proyek Digital

Guru bisa memberikan penugasan berupa membuat proyek berbasis teknologi, misalnya membuat video anak sedang bercerita, menari, dan kegiatan menarik lainnya.

18. Pembelajaran Eksplorasi Visual

Anak-anak didik akan diajak untuk "seakan-akan" sedang mengunjungi aneka tempat terkenal dan menarik. Ada semacam pemandu yang siap memberikan informasi lengkap mengenai tempat yang sedang dikunjungi secara virtual.

19. Produksi Lembar Kerja Anak

Guru bisa membuat lembar kerja anak dari aplikasi-aplikasi edukasi. Di platform Educastudio.com, guru PAUD bisa mengunduh aneka lembar kerja anak dengan berbagai tema.

Meskipun seorang guru PAUD piawai dalam mengajar dengan berbasis IT, tapi berbagai aktivitas fisik dan mengasah keterampilan anak di dunia nyata tentu masih perlu diaplikasikan kepada anak-anak didik.

Anak-anak didik di era digital hanya perlu diajak untuk memahami bahwa penggunaan perangkat digital dalam belajar dan membuat suatu produk edukasi sangatlah penting. Di masa depan, suatu produk kreativitas akan menjadi lebih banyak diminati bila dikombinasikan dengan penggunaan perangkat informasi dan teknologi.


Sumber Referensi:

1. Creativekindergartenblog.com. (2022). Technology in kindergarten [1]
2. Ictesolutions.com.au. (2022). How to create an amazing tech savvy [2]
3. Freepik.com. (2022). Woman with flask looking kids class [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.