Top

15 Permainan Anak Usia 5-6 Tahun Saat Cuaca Hujan: Liburan Jadi Makin Menyenangkan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Des 2023

  |  

Parenting

Liburan Nataru ( Natal dan Tahun Baru ) adalah saat Si Kecil bisa menikmati waktu lebih panjang bersama Ayah dan Bunda. Bila cuaca sedang hujan, tentu Ayah Bunda akan lebih banyak meluangkan waktu di rumah bersama Si Kecil.

Aktivitas apa saja yang bisa dilakukan bersama Si Kecil saat cuaca hujan? Inilah beberapa ide aktivitas menyenangkan sekaligus edukatif yang bisa dilakukan bersama Si Kecil.

1. Melakukan Percobaan Sederhana

Ajak Si Kecil melakukan percobaan Sains sederhana, diantaranya adalah:
- Mengenal sifat magnet (mengeksplorasi benda-benda apa saja yang bisa ditarik magnet di sekitar rumah).
- Peleburan es dengan garam (taburkan garam di atas permukaan es untuk mengetahui proses es mencair dengan lebih cepat).

2. Membaca Buku Edukasi

Ayah Bunda bisa membacakan aneka buku edukatif yang bisa mengembangkan karakter, keterampilan, dan kecerdasan Si Kecil.

Kini telah hadir buku dongeng digital dan video dongeng yang dikompile di dalam sebuah aplikasi dongeng “RIRI, CERITA ANAK INTERAKTIF”.

 

3. Bermain Permainan Edukasi

Permainan edukasi di zaman sekarang hadir dalam bentuk board game, card game, dan aplikasi permainan yang bisa diunduh di Playstore.

4. Membuat Aneka Puzzle Edukasi

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil membuat puzzle sendiri dengan bahan gambar-gambar yang bersumber dari Google Image. Lalu, tempelkan di atas kertas karton serta dipotong-potong menjadi beberapa keping / bagian puzzle.

5. Belajar Menggambar

Kegiatan ini banyak ditemukan di kanal Youtube atau pun di Google Image dengan kata kunci “easy drawing”, “step by step drawing”, “simple drawing” atau “how to draw … “.

Untuk melatih keterampilan mewarnai, Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil bermain MARBEL MEWARNAI.

6. Kegiatan Menulis

Ajak Si Kecil menulis cerpen atau jurnal dengan tema pengalaman selama musim hujan.

7. Belajar Bentuk dan Warna

Ajak Si Kecil menebak bentuk dan warna dari barang-barang yang ada di sekitar. Setelah itu, Ayah Bunda bisa meminta Si Kecil bermain MARBEL BELAJAR BENTUK.

8. Belajar Bahasa Asing

Ajak Si Kecil bermain aneka gim edukasi tentang pembelajaran bahasa asing. Setelah itu, Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil mengamati benda di sekitar dan meminta Si Kecil menerjemahkan setiap benda ke dalam bahasa asing, misalnya dalam bahasa Inggris.

9. Pengembangan Literasi Numerik

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil melakukan aneka permainan untuk mengembangkan literasi numerik, misalnya belajar angka dengan lagu, belajar angka dengan kartu angka, atau belajar angka dengan aplikasi gim.

10. Membuat Proyek Bertanam

Beberapa proyek bertanam yang mudah adalah membuat tanaman hidroponik kangkung, cabe, dan lainnya.

11. Memasak Bersama

Ajak Si Kecil belajar tentang aneka bahan makanan, pengukuran, dan penjumlahan. Selain itu, Si Kecil juga bisa mengembangkan kemandiriannya dengan membantu Ayah Bunda saat merapikan piring, menata kursi, menata meja makan, dan lainnya.

12. Membuat Alat Musik Sederhana

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil membuat aneka alat musik sederhana dari barang-barang yang ada di rumah, misalnya drum dari bahan galon air, marakas dari botol berisi biji-bijian atau pasir, kaleng drum dari bahan ragam kaleng dengan ukuran berbeda.

Baca juga:

1. 21+ Bahan Loose Part: Bisa Jadi Media Pembuat Craft Anak Saat Liburan Nataru

2. 20+ AKTIVITAS NO SCREEN TIME Si Kecil Bersama Ayah Bunda Saat Liburan Nataru

13. Berkebun Indoor

Ayah Bunda bisa membantu Si Kecil menyiapkan pot bunga mungil yang ditanami dengan aneka biji / bibit tumbuhan.

14. Bermain Cosplay

Ajak Si Kecil memerankan seorang tokoh anime dengan cara mengenakan pakaian dan pernak-pernik yang bisa ditemukan di rumah.

15. Bermain Drama

Ayah Bunda bisa menemani Si Kecil saat bermain drama memerankan tokoh dengan profesi tertentu, misalnya dokter, guru, astronot, dan lainnya.

Semoga ragam aktivitas edukatif di atas bisa menjadi pilihan bagi Ayah Bunda agar Si Kecil tetap berkembang optimal, dari segi kecerdasan, keterampilan, dan karakternya. Dan tentu saja, Si Kecil akan tetap merasa senang dengan melakukan aneka kegiatan di atas saat liburan Nataru. Selamat mencoba.


Sumber Referensi:

1. Goodhousekeeping.com. (2022). Indoor activities for kids [1]

2. Whatdowedoallday.com. (2022). Indoor activities for kids [2]

3. Freepik.com. (2022). Mother daughter studying alphabet [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.