Top

15 Kegiatan Anak Saat Liburan untuk Mengembangkan Literasi di Rumah

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Des 2023

  |  

Parenting

Pengembangan literasi bisa dilakukan kapan saja. Apalagi pada saat liburan Nataru ( Natal dan Tahun Baru ), Si Kecil akan banyak melakukan aneka kegiatan saat berada di rumah. Kegiatan apa saja yang bisa membantu Si Kecil dalam mengembangkan lierasi bersama Ayah Bunda?

Inilah 20 ide kegiatan liburan sederhana yang bermanfaat untuk mengembangkan literasi Si Kecil.

1. Membuat Cergam

Cergam atau cerita gambar bisa dibuat dengan menggunakan koleksi foto-foto keluarga. Cetaklah foto-foto setiap anggota keluarga, lalu tuliskan dengan percakapan-percakapan lucu di dalam bentuk “bubble word”.

2. Bermain Kata

Ucapkan sebuah bunyi, misalnya “BA”. Lalu, biarkan Si Kecil meneruskan bunyi itu sehingga membentuk sebuah kata, misalnya “BAJU”, “BASAH”, dan lainnya.

3. Membaca dan Menonton Dongeng.

Ajaklah Si Kecil membaca aneka buku dongeng. Ayah Bunda bisa memberikan pertanyaan atau mengajaknya berdiskusi.

Selain dalam bentuk buku dongeng, Ayah Bunda bisa mendongeng untuk Si Kecil dengan media aplikasi koleksi video dan buku dongeng yang berjudul “RIRI, CERITA ANAK INTERAKTIF”. Ayah Bunda bisa mengunduhnya di Playstore.

4. Menulis Buku Cerita

Buku mini bisa dibuat dengan menggunakan kertas HVS. Biarkan Si Kecil membuat buku cerita sendiri dan membuat ilustrasinya.

5. Membaca Peta Cerita

Bantu Si Kecil untuk membuat sebuah peta cerita sebuah dongeng yang populer pada sebuah kertas manila. Lalu, biarkan Si Kecil menggunakan gambar-gambar tersebut untuk bercerita.

6. Menceritakan Sebuah Gambar

Bantu Si Kecil mencetak aneka gambar menarik. Gambar-gambar bisa mengilustrasikan sebuah tempat terkenal, hewan yang menarik, tokoh beken, dan lainnya. Biarkan Si Kecil menjelaskan atau menceritakan setiap gambar dengan kata-katanya sendiri.

Kembangkan Karakter SI Kecil dengan Aneka Kisah Nabi di Dalam KABI (Kisah Teladan Nabi)

 

 

7. Berkunjung ke Perpustakaan

Ajak Si Kecil berkunjung ke sebuah perpustakaan terdekat. Perkenalkan Si Kecil dengan aneka buku yang sesuai dengan usia dan perkembangannya.

8. Seni Drama Sederhana

Ajarkan kepada Si Kecil tentang cara membuat naskah sederhana atau adegan drama yang simpel. Lalu, ajak Si Kecil mempraktikkannya. Ayah Bunda tentu saja perlu lebih aktif dalam menanyakan sesuatu agar semakin hidup dan lebih interaktif.

9. Membuat Daftar Belanja Sebelum Pergi ke Swalayan

Ajak Si Kecil membuat daftar produk-produk yang ingin dibeli. Lalu, ajak Si Kecil untuk membacakan setiap produk saat hendak mengambil / membeli produk tersebut di dalam swalayan.

10. Membuat Koran Keluarga

Ajak Si Kecil membuat koran keluarga dengan bahan kertas manila dan kertas HVS. Bantu Si Kecil untuk menempelkan foto-foto keluarga dan menuliskan ceritanya.

11. Pengembangam Keterampilan “Critical Thingking” dengan Media Buku

Ajak Si Kecil membaca buku bersama. Setelah Si Kecil dirasa sudah menguasai isi cerita, ajaklah ia berdiskusi tentang isi buku tersebut. Gunakan kata tanya yang bervariasi, yaitu berapa, kapan, siapa, bagaimana, dengan apa, mengapa, dan lainnya.

Baca juga: Kembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Anak dengan Cara yang Menyenangkan

12. Menulis Surat Bersama

Liburan Nataru kali ini Ayah Bunda perlu membuat daftar nama-nama yang akan dikirim surat. Meski sudah era digital, tidak ada salahnya bila Ayah Bunda mengajak Si Kecil untuk mengirimkan surat kepada seseorang, karena media surat akan memberikan kenangan indah tersendiri. Apalgi kalau tulisan di dalam surat dibuat oleh Si Kecil secara mandiri.

13. Bermain dengan Papan Literasi

Ayah Bunda memiliki papan tulis di rumah. Manfaatkan papan tersebut untuk melakukan aneka permainan bersama Si Kecil, misalnya:

- Menulis kata dari kata ( Misalnya menulis kata “enam” dari kata “terbenam”)
- Menebak nama gambar benda dan mengeja nama benda tersebut (Misalnya ada gambar “nanas”, mintalah Si Kecil mengeja kata “nanas”)

14. Membuat Kamus Mini

Setiap hari, mintalah Si Kecil menuliskan 2 atau 3 kata pada sebuah daftar kata (di kertas HVS). Ayah Bunda bisa menanyakan arti dari setiap kata pada daftar tersebut atau meminta Si Kecil menjelaskan kata tersebut dalam kalimat sederhana.

15. Bersajak atau Berpuisi

Ajak Si Kecil membaca puisi bersama. Bila Si Kecil belum bisa membaca, ajak Si Kecil menirukan kalimat dalam puisi setelah Ayah Bunda membacakan atau mengucapkannya.

Dengan melakukan variasi kegiatan di atas, Si Kecil pasti akan mampu menghabiskan waktu dengan kegiatan yang positif dan dapat mengurangi waktu Si Kecil bermain handphone. Semoga Si Kecil juga akan berkembang dengan lebih optimal. Selamat mencoba!


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Medium shot parents girl with book [1]

2. Raisingchildren.net.au. (2022). Literacy activities [2]

3. Rasmussen.edu. (2022). Activities for prescholers [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.