Top

Riri Cerita Anak Interaktif: Pentingnya Cerita Interaktif dalam Pembelajaran

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

09 Okt 2024

  |  

Edukasi

Pembelajaran yang inovatif, menarik, dan menyenangkan menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi memaksa manusia untuk terus beradaptasi dalam berbagai hal, termasuk proses pembelajaran.

Jika pada zaman dahulu, cerita anak, sebagai media pembelajaran, disalurkan lewat buku atau video animasi, kini, muncul cerita interaktif yang menyuguhkan opsi berbeda. Sifat interaktif ini memungkinkan anak untuk mengakses cerita dengan cara yang lebih menyenangkan.

Apa itu cerita interaktif?

Cerita interaktif adalah cerita yang biasanya hadir dalam gim digital, di mana penggunanya dapat terlibat dalam aktivitas permainan. Berbeda dengan cerita pada umumnya yang berbentuk buku atau video, cerita interaktif memungkinkan penggunanya untuk berpartisipasi, meski tidak secara langsung, dengan cerita atau aktivitas yang ada.

Umumnya, cerita interaktif ini tersedia dalam gim atau aplikasi yang harus diunduh via gadget, smartphone, tablet, hingga komputer, agar memudahkan pengguna dalam mengaksesnya. Sebagai contoh, ada interactive games yang mengizinkan penggunanya untuk mengubah alur atau jalan cerita, terlibat langsung sebagai tokoh dalam cerita, hingga mengubah pencahayaan atau kamera.

Baca juga: Latih Disiplin Anak lewat Riri Cerita Anak Interaktif

Pentingnya cerita interaktif dalam pembelajaran

Dengan cerita interaktif, semuanya menjadi mungkin. Selain mempermudah proses belajar, cerita interaktif membantu meningkatkan keterampilan kognitif, motorik, hingga bahasa anak. Karena alasan itulah, cerita interaktif sebenarnya dibutuhkan dalam pembelajaran.

Salah satu pentingnya cerita interaktif dalam pembelajaran, yaitu anak termotivasi dan tertarik untuk belajar, juga menimbulkan kebiasaan baik membaca. Cerita interaktif juga berperan penting dalam menumbuhkan keterampilan kognitif dan bahasa anak.

Cerita interaktif bisa menjadi salah satu alternatif bahan atau topik ajar yang diberikan orang tua kepada anak usia dini, agar mereka  lebih siap dalam menyongsong pendidikan formal di masa mendatang.

Riri Cerita Anak Interaktif adalah cerita interaktif, yang dirilis Educa Studio dalam bentuk gim, aplikasi hingga video animasi. Bentuknya yang interaktif ini memudahkan anak usia dini untuk belajar secara menyenangkan. Riri Cerita Anak Interaktif tidak hanya berfungsi sebagai media hiburan, tetapi juga sarana pembelajaran yang kuat.

Baca juga: Kolaborasikan Gentle Parenting dengan Riri Cerita Anak Interaktif untuk Mengasah Empati dan Kreativitas Anak

Berikut alasan mengapa Riri Cerita Anak Interaktif penting dalam proses pembelajaran:

  • Meningkatkan keterlibatan atau partisipasi anak usia dini

Salah satu channel yang digunakan Educa Studio untuk menjangkau seluruh anak Indonesia adalah gim. Riri Cerita Anak Interaktif rilis dalam bentuk gim, untuk meningkatkan interaktivitas proses belajar anak.

  • Mengembangkan keterampilan kognitif anak usia dini 

Sejak awal, Educa Studio berkomitmen untuk menghadirkan proses pembelajaran yang cepat, tepat, mudah, murah, dan menyenangkan lewat berbagai channel. Salah satu contoh nyatanya, yakni Riri Cerita Anak Interaktif.

Sebagai satu di antara tiga brand unggulan Educa Studio, Riri Cerita Anak Interaktif mempermudah anak-anak Indonesia untuk mengakses pembelajaran dari mana saja. Riri membantu mengembangkan keterampilan kognitif anak usia dini, seperti memahami cerita juga meningkatkan memori atau ingatan mereka.

  • Mengasah keterampilan berbahasa 

Dalam proses pembelajaran, Riri Cerita Anak Interaktif membantu mengasah keterampilan berbahasa anak usia dini. Mereka dibantu untuk mempelajari beragam kosakata, kalimat, hingga kata-kata yang akan mereka jumpai dalam keseharian.

Baca juga: Riri Cerita Anak Interaktif sebagai Media Dongeng Sebelum Tidur untuk Anak

  • Mendorong minat belajar yang lebih tinggi 

Riri Cerita Anak Interaktif berkomitmen untuk menemani proses anak belajar membaca dan mendengarkan. Proses ini tentunya tidak mudah, dan tak jarang memakan waktu yang cukup lama.

Oleh sebab itu, Riri Cerita Anak Interaktif menghadirkan proses belajar yang interaktif, di mana anak bisa terlibat, meski tidak secara langsung. Ketika disentuh, karakter dalam gim akan bersuara dan bergerak. Proses pembelajaran yang menarik dan interaktif ini pasti mendorong minat belajar yang lebih tinggi untuk anak usia dini, mengingat proses belajar mereka juga harus dibarengi dengan permainan.

  • Mempersiapkan anak untuk masa depan 

Riri Cerita Anak Interaktif membantu anak mempersiapkan masa depannya, terutama dari segi kognitif dan bahasanya. Dengan begitu, anak tidak akan kaget atau merasa tertekan saat memulai pembelajaran formal.

Sebagai kesimpulan, cerita interaktif sangat berguna dalam proses pembelajaran. Cerita interaktif adalah jembatan yang menghubungkan dunia pendidikan dengan pengalaman baru yang imajinatif.

Baca juga: 7 Tips Seru Jelajahi Dunia Imajinasi bersama Riri Cerita Anak Interaktif

Bersama Riri Cerita Anak Interaktif, anak belajar banyak hal. Mereka bisa berkembang ke arah yang lebih baik, guna mempersiapkan masa depan yang lebih cerah. Riri Cerita Anak Interaktif bukan hanya menyuguhkan cerita yang menarik, menghibur, dan interaktif, tetapi juga menghadirkan sarana yang mereka butuhkan dalam proses belajar.

Educa Studio terbuka untuk semua peluang kerja sama atau kolaborasi dengan perusahaan maupun lembaga pendidikan, yang ingin mencerahkan dunia anak-anak. Untuk kolaborasi lebih lanjut, dapat menghubungi cs@educastudio.com.


Sumber referensi:

  • Sinungharjo, FX. Sastra dan Transformasi Digital. (2023). Yogyakarta: Sanata Dharma University
  • Jesse, Albert, dkk. (2015). Perancangan Buku Cerita Interaktif untuk Menimbulkan Minat Baca Anak Usia 4-6 Tahun. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio