Top

PROGRAM SEKOLAH SEHAT di PAUD: Apa Itu? Apa Manfaatnya? Apa Jenis Kegiatannya?

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

08 Sep 2024

  |  

Edukasi

Program sekolah sehat adalah salah satu program yang penting untuk diadakan di satuan PAUD. Pembiasaan-pembiasaan tentang cara menjaga kesehatan akan sangat mempengaruhi gaya hidup anak-anak didik di masa depan.

GRATIS LKA: Lembar Kerja Anak FUN dan Edukatif 

Ada 3 macam kesehatan pokok yang perlu dijaga dan diajarkan kepada anak usia dini, yaitu kesehatan tubuh, kesehatan lingkungan, dan kesehatan mental. Dengan kolaborasi yang kompak bersama orang tua, sekolah bisa mengadakan aneka program yang semakin efektif untuk mengembangkan kepedulian anak-anak didik pada kesehatan mereka.

Artikel Terkait:

- Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Subtopik : Menjaga Kesehatan Badan - Kurikulum Merdeka Belajar

RPP PAUD Tema Kebutuhanku, Subtema Kesehatan

Berikut ini adalah aneka kegiatan atau program sekolah sehat yang bisa diadakan sekolah serta guru bersama orang tua anak didik.

1. Program “Ayo Bawa Bekal Makanan Sehat”

Orang tua bisa diajak untuk mengadakan program bertajuk “Ayo Bawa Bekal Sehat dari Rumah”. Program ini mengajak orang tua untuk bisa membawakan bekal untuk buah hatinya dengan menu makanan sehat. Bekal yang disediakan oleh orang tua harus mengandung buah dan sayuran, selain makanan pokok dan lauk-pauknya.

Anak didik juga diajak untuk melakukan wawancara tentang bekal makanan yang ia bawa atau mempresentasikannya di depan kelas. Program ini juga bertujuan agar anak-anak didik terhindar dari jajanan yang tidak sehat. Daripada jajan, anak-anak diajak untuk mengembangkan gaya hidup hemat dan sehat.

Baca juga: Ide Aktivitas untuk Belajar Topik Makanan Kesukaanku ( Kurikulum Merdeka )

2. Program “Bersama Orang Tua Menjaga Kesehatan Mental Anak”

Program PAUD ini bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran orang tua tentang pentingnya menjaga kesehatan mental anak usia dini melalui edukasi dan kegiatan interaktif. Orang tua diajak untuk mengenali tanda-tanda stres pada anak dan diberikan strategi praktis untuk mendukung emosional anak di rumah.

Program ini juga melibatkan kegiatan relaksasi bersama seperti yoga dan meditasi sederhana untuk membantu anak mengelola stres.

Orang tua dan anak akan mendapatkan kesempatan untuk mengadakan sesi berbagai atau bercerita. Tujuannya adalah agar anak didik terbiasa menceritakan segala persoalan yang ia hadapi, mulai dari hal-hal sederhana yang biasa terjadi di sekolah.

Pada akhirnya, orang tua dan anak dapat berpartisipasi dalam diskusi dan berbagi pengalaman untuk memperkuat hubungan mereka.

Baca juga: Si Kecil Mudah Grogi? Inilah 6 Cara Sederhana Membangun Mentalnya Jadi Pemberani

3. Program "Hidup Sehat dan Bahagia Bermula dari Keluarga"

Program ini diadakan dengan mengundang para ahli, baik ahli di bidang gizi, kesehatan badan (misalnya kesehatan gigi), dan lainnya.

Dalam program ini, orang tua akan mendapatkan aneka tips praktis dan berbagai ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan anak, misalnya pola makan yang sehat, pola istirahat yang baik, permainan anak yang berkualitas, dan lainnya.

Agar lebih seru, anak didik bisa diajak berdinamika dengan melakukan aneka permainan yang seru dan berhubungan dengan tema acara.

Baca juga: Aktivitas Merdeka Belajar PAUD: Membuat Minuman Sehat dan Bervariasi

4. Program Ayo Jaga Kebersihan Gigi dan Tangan

Dalam program ini, orang tua bersama guru mengajari anak-anak didik tentang cara menggosok gigi dan cuci tangan dengan benar. Program ini bertujuan untuk mengajarkan kepada anak usia dini tentang cara menggosok gigi dan mencuci tangan dengan cara dan langkah yang tepat.

Baca juga: Ide Kegiatan Ajari Anak Cara MERAWAT GIGI dan MULUT | Belajar TEMA DIRIKU, PAUD Usia 3-4 Tahun

5. Program Lingkungan Bersih, Lingkungan Sehat

Guru mengajak orang tua dan anak-anak didik untuk membawa peralatan kebersihan, seperti sapu lantai, sapu lidi, serok, kemoceng, lap, dan lainnya. Semua warga sekolah akan bersama-sama melakukan kegiatan kerja bakti.

Selain itu, bersama orang tua, sekolah bisa melakukan kegiatan menghias kebun sekolah. Secara gotong royong, orang tua bersama seluruh warga sekolah akan menanam tanaman hias, aneka bunga, buah-buahan, dan ragam sayuran.

Ajak Si Kecil Bermain MARBEL PELAJARAN TK DAN PAUD: Membantu Perkembangan Karakter, Kognitif, dan Aneka Keterampilan Dasar Anak Usia Dini.



6. Program Pemberian Penghargaan

Pemberian penghargaan adalah salah satu cara memotivasi anak-anak usia dini dengan berfokus pada perilaku yang positif, agar mereka semakin terpacu untuk melakukan hal-hal positif. Guru bersama orang tua secara bersama-sama bisa memilih anak-anak yang bisa menjadi teladan dalam hal menjaga kebersihan dan kesehatan.

Beberapa penghargaan yang bisa diberikan antara lain:

  • Stiker Bintang Kebersihan dan Kesehatan
  • Trophy Mini "Duta Kebersihan dan Kesehatan"
  • Kartu Penghargaan "Sobat Bersih"
  • Sertifikat "Pahlawan Kebersihan"
  • Lencana "Pahlawan Kesehatan"
  • Pita atau Gelang "Sobat Sehat"

Semoga dengan melakukan aneka program di atas, anak-anak Indonesia akan tumbuh menjaga pribadi yang peduli pada kesehatan diri pribadi dan sesama. Anak Indonesia sehat, negara Indonesia semakin maju dan kuat.


Sumber Referensi:
1. Study.com. (2023). How environment impacts early childhood development [1]

2. Ettetete.com. (2023). Creating a safe stable and nurturing environment for children [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.