Top

Ide LOMBA 17 AGUSTUS Anak PAUD 5-6 Tahun dengan TEKNOLOGI DIGITAL

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

31 Juli 2024

  |  

Edukasi

Teknologi digital sudah sangat akrab digunakan oleh para siswa, terutama oleh anak-anak PAUD yang berusia 5-6 tahun. Agar perayaan 17 Agustus atau HUT Kemerdekaan RI semakin meriah, guru PAUD harus mempersiapkan aneka lomba seru bagi para siswa dengan menggunakan teknologi digital.

Artikel Terkait:

Ide DEKORASI 17 Agustusan Anak PAUD: Hiasan Kelas yang MUDAH & MURAH

Contoh RUNDOWN ACARA 17 Agustusan: Perayaan KEMERDEKAAN RI di PAUD / TK Jadi MERIAH

10 CRAFT Membuat BENDERA Merah Putih: Meriahkan HUT Kemerdekaan RI 2024 | DEKORASI MURAH MERIAH

Inilah aneka lomba pilihan dengan memanfaatkan teknologi digital yang bisa diadakan di sekolah-sekolah tempat Anda mengajar:

1. Menyanyikan Lagu Kebangsaan

Tidak hanya sekedar bernyanyi lagu kebangsaan. Siswa diperkenankan bekerja sama dengan orang tua untuk membuat video klip penampilan siswa saat bernyanyi. Siswa juga diperbolehkan menggunakan aksesoris buatan sendiri.

2. Cerita Pahlawan

Siswa menceritakan kisah seorang pahlawan Indonesia. Saat bercerita siswa akan direkam dengan menggunakan kamera handphone, dan dipublikasikan dalam platform media sosial, misalnya Tik Tok dan Instagram.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Pahlawan Kemerdekaan - Tema Negaraku Kurikulum Merdeka Belajar

3. Video Boneka

Siswa menceritakan tentang dongeng bertema cara mengisi kemerdekaan RI dengan media boneka tangan. Siswa diperbolehkan bersuara yang lucu agar semakin menarik. Orang tua siswa membantu memvideokan penampilan siswa dan mengeditnya atau mengisinya dengan sound effect serta lagu latar yang menarik.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Negaraku / Kemerdekaan Bangsaku. - Subtema : Lambang Negara - Kurikulum Merdeka Belajar

4. Quiz Online

Dalam lomba ini, siswa tidak perlu datang ke sekolah. Siswa bisa bertanding dengan siswa lainnya dengan disaksikan oleh teman-teman lainnya secara online. Platform yang digunakan adalah Google Meet.

5. Membuat Reportase Acara 17 Agustusan

Siswa membuat video reportase tentang aneka kegiatan bertema perayaan kemerdekaan RI. Siswa bisa melaporkan lomba 17 Agustusan di kampungnya. Siswa juga bisa melakukan kegiatan wawancara dengan warga sekitar.

6. Video Puisi

Siswa berpuisi di depan kamera dengan penuh penghayatan dan diiringi oleh lagu-lagu kebangsaan dalam bentuk instrumen.

7. Quiz Berkelompok

Para siswa dalam sebuah kelompok akan bertanding dengan kelompok lainnya. Pertanyaan-pertanyaan akan dijawab siswa dengan platform Quizizz. Di dalam platform ini tersedia jenis quiz yang bisa digunakan untuk pertandingan menjawab pertanyaan secara berkelompok.

KABI (Kisah Teladan Nabi): Membantu Kembangkan Akhlak Mulia Si Kecil

8. Karnaval Pakaian Tradisional

Dalam lomba ini, para peserta lomba akan tampil di depan panggung dengan mengenakan pakaian tradisional. Acara ini bisa disiarkan secara langsung melalui platform Youtube Live, dan lainnya.

9. Lomba Book Creator

Para siswa dapat mengambil foto diri mereka saat merayakan HUT Kemerdekaan RI, misalnya saat mengikuti upacara bendera, aneka lomba, pentas seni, dan lainnya. Foto akan ditampilkan dalam bentuk slide. Tugas siswa atau peserta lomba adalah menceritakan setiap foto dengan kalimat sederhana.

10. Foto Bertema Kemerdekaan

Dalam lomba ini, tugas siswa hanyalah mengumpulkan foto terbaiknya. Maka, sebelum difoto, siswa yang mengikuti lomba harus mempersiapkan diri dengan baik agar bisa tampil di depan kamera dengan baik, misalnya mempersiapkan kostum, aksesoris, ekspresi, pencahayaan, dan latar belakangnya.

11. Cerita Versi Audio

Siswa yang belum terlalu percaya diri untuk tampil di depan kamera, bisa mengikuti lomba ini. Ia hanya bercerita bertema perayaan Kemerdekaan RI atau bertema pahlawan nasional sambil direkam dengan aplikasi recorder audio yang tersedia di Handphone. Siswa harus tetap bercerita dengan penuh semangat, ekspresif, dan intonasi yang baik.

12. Lomba Memasak Virtual

Siswa dapat dibantu orang tua untuk membuat makanan khas Indonesia dan mendokumentasikannya dalam bentuk video. Video tersebut kemudian dapat diunggah dan dinilai oleh dewan juri.

13. Lomba Karaoke Virtual

Siswa dapat menyanyikan lagu-lagu kebangsaan Indonesia atau lagu daerah Indonesia merekam penampilannya dengan iringan karaoke yang banyak tersedia di kanal Youtube.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD Tema Negaraku, Topik Lambang, Bendera, dan Lagu Kebangsaan

Aneka kegiatan-kegiatan di atas tidak hanya akan memeriahkan Hari Kemerdekaan RI, tetapi juga mengenalkan anak-anak pada pemanfaatan berbagai alat dan teknologi digital untuk hal-hal yang bermanfaat dan edukatif. Semoga setelah mengikuti lomba-lomba di atas, para siswa di PAUD / TK akan semakin hebat dan bijak dalam memanfaatkan teknologi digital.


Sumber Referensi:

1. Whitbyschool.org. (2022). 9 classic preschool games that secretly teach life skills [1]

2.  Fastercapital.com. (2022). Kindergarten social media presence Playdates and Profits [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.