Top

Educa Studio Meriahkan ‘Festival Hari Anak’ KumparanMOM dengan Riri Cerita Anak Interaktif

Oleh Vincentius Dimas

  |  

31 Juli 2024

  |  

Press Release

Educa Studio dengan bangga mengumumkan partisipasinya dalam acara 'Festival Hari Anak' yang diselenggarakan oleh KumparanMOM pada tanggal 27 & 28 Juli 2024 di Taman Anggrek, Gelora Bung Karno, Jakarta. Festival ini merupakan salah satu ajang terbesar untuk merayakan hari anak dengan berbagai kegiatan edukatif dan hiburan yang disiapkan khusus bagi anak-anak dan keluarga. 

Sebagai industri gim yang berkomitmen untuk menciptakan teknologi ramah anak, Educa Studio mempersembahkan salah satu produknya, Riri Cerita Anak Interaktif, sebagai solusi inovatif dalam dunia pendidikan dan hiburan anak. Dalam kesempatan ini, Riri Cerita Anak Interaktif ditayangkan dan ditonton oleh banyak anak-anak dengan pendampingan orang tuanya.

Nonton Bersama Riri Cerita Anak Interaktif di Acara KumparanMOM

Perlu diketahui, Riri Cerita Anak Interaktif menghadirkan serial animasi yang dirancang khusus untuk anak-anak, dengan penekanan pada pendidikan karakter, moral, dan akulturasi budaya. Melalui serial ini, Riri menyuguhkan berbagai kisah inspiratif yang mencakup dongeng, cerita rakyat, fabel, dan cerita orisinal yang berasal dari seluruh penjuru nusantara dan dunia. Setiap cerita dipilih dengan cermat untuk tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan nilai-nilai edukatif yang dapat membantu membentuk karakter positif dan pemahaman budaya pada anak-anak sejak usia dini.

Dengan tujuan meningkatkan literasi anak-anak secara modern, Riri Cerita Anak Interaktif menggabungkan unsur pendidikan dan hiburan dalam format yang menarik dan sesuai dengan zaman. Teknologi interaktif yang digunakan dalam serial animasi ini memungkinkan anak-anak untuk belajar sambil bermain, membuat pengalaman belajar menjadi lebih menyenangkan dan efektif. Riri berkomitmen untuk terus inovatif dalam menghadirkan konten yang mendidik sekaligus menghibur, sehingga anak-anak dapat tumbuh dengan wawasan yang luas dan karakter yang kuat.

A. Yulia Dwi Purwoko, S.Si. (Lead of Partnership Educa Studio) yang turut hadir di tengah-tengah keramaian kegiatan tersebut mengaku cukup tersanjung. Dalam penuturannya, ia menyampaikan bahwa Riri Cerita Anak Interaktif tidak hanya memberikan hiburan, tetapi juga berkontribusi nyata dalam perkembangan anak-anak, khususnya dalam aspek kemampuan berbahasa. 

“Waktu itu, di tengah acara nonton bersama, saya mengajak anak-anak dan beberapa orang tua naik ke panggung untuk menerima hadiah apabila bisa menjawab kuis yang saya berikan. Lalu, setelah itu ada orang tua yang cerita jika anaknya yang berusia 2 tahun sudah pandai berbicara karena menonton Riri di YouTube,” jelasnya.

Sesi Kuis bersama Purwoko

Lebih lanjut, terdapat tanggapan positif lagi dari beberapa orang tua yang hadir menemani anaknya. Salah satunya ialah Bunda Mela asal Jakarta yang kini memiliki empat buah hati. Ia menyampaikan, jika dengan mempertontonkan Riri kepada anaknya bisa membantu untuk tumbuh kembang anaknya karena konten-kontennya yang mendidik, sehingga memperkaya wawasan anaknya.

“Riri ini sangat edukatif sekali ditambah juga banyak cerita-cerita seru untuk anak-anak sekarang karena agar mereka tidak menonton video yang tidak mendidik atau mengedukasi. Tentu adanya Educa Studio ini membantu anak-anak saya untuk bertumbuh berkat video-video animasinya yang mendidik.” Katanya.

Sementara, Ayah Sugandi dari Jakarta mengatakan apabila ia sudah mengetahui Riri jauh sebelum adanya festival ini terselenggara dan termasuk juga gim lainnya seperti Marbel TK PAUD. Oleh karena itu, ia datang ke festival tersebut dengan maksud bisa mengajak anaknya untuk quality time bersama sembari menonton Riri Cerita Anak Interaktif.

“Menurut saya, Riri itu bagus banget karena edukasinya bermakna. Selain itu, saya juga salah satu pengguna Marbel TK PAUD sebagai media belajar anak. Aplikasi ini bagus sekali dan good job untuk Educa Studio.” Tuturnya.

Riri juga hadir dalam bentuk aplikasi bernama Riri Story Books, yang dapat diunduh di Play Store dan App Store. Aplikasi ini dirancang untuk memberikan pengalaman membaca yang menarik dan edukatif bagi anak-anak, sekaligus memberikan ketenangan bagi orang tua dengan adanya fitur parenting control. Fitur ini memungkinkan orang tua untuk mengatur jam bermain anak, sehingga mereka tidak akan terlalu lama bermain gadget. Selain itu, Riri Story Books juga dilengkapi dengan berbagai aktivitas interaktif yang dapat membantu mengembangkan motorik anak, menjadikannya tidak hanya sarana hiburan, tetapi juga alat bantu pembelajaran yang efektif.

Bagikan artikel ini

Author :

Vincentius Dimas