Top

Ide GAMES Anak 2-3 Tahun BELAJAR EKSPRESI WAJAH : LENGKAP dengan Alat Bahan, Tutorial, dan Manfaatnya

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

25 Juni 2024

  |  

Edukasi

Ide games atau permainan tentang belajar ekspresi wajah bisa diberikan kepada anak usia 2-3 tahun. Alat dan bahan yang mudah ditemukan dan murah pasti akan menjadi daya tarik bagi para guru untuk bisa diajarkan kepada para siswanya.

Artikel Terkait:

1. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Ekspresi Wajahku, Diriku, MPLS - Kurikulum Merdeka Belajar

2. Inilah 6 Cara Membiasakan Anak Agar Terampil Mengekspresikan Diri ( Tidak Tertutup )

3. Inilah Cara Mengasah Jiwa Empati Anak di Era Digital

Berikut ini adalah aneka permainan menarik untuk pengenalan ekspresi wajah pada anak usia dini, beserta dengan tutorial mengajarkannya kepada Si Kecil.

Kembangkan Aneka Keterampilan Si Kecil bersama MARBEL PELAJARAN TK DAN PAUD

 

 

1. Bermain Kartu Ekspresi Wajah

Siapkan kartu bergambar aneka ekspresi wajah (marah, khawatir, takut, terkejut, senang, senyum, dan lainnya). Lalu, katakan kepada Si Kecil: “Senang”, sambil mengekspresikan wajah senang dan kartu yang menggambarkan wajah senang.

Baca juga: 7 Variasi Permainan Edukatif dengan Media Flash Card


2. Mewarnai Ekspresi Wajah

Ajak Si Kecil mewarnai gambar aneka ekspresi wajah, misalnya senang, sedih, dan takut. Ajak Si Kecil mewarnai masing-masing gambar sambil mengucapkan ekspresi wajah yang terlukis pada gambar.

Pastikan Si Kecil menyelesaikan proses pewarnaan satu gambar, sebelum berpindah ke gambar yang lain.

Baca juga: Tips Bikin Kegiatan Mewarnai Jadi Seru dan Fun. Ada Juga di Twinkl!

3. Membuat Bentuk Bibir Gembira dan Sedih

Siapkan sebuah gambar ekspresi wajah seseorang, lalu mintalah Si Kecil membuat bentuk ekspresi wajah gembira dengan memintanya membuat bentuk bibir melengkung ke bawah, dan ekspresi wajah sedih dengan membuat bentuk bibir melengkung ke atas.

4. Bermain Cermin

Siapkan sebuah cermin seukuran wajah Si Kecil. Lalu, katakan “Gembira” sambil mengekspresikan wajah gembira kepada Si Kecil.

Hadapkan cermin kepada Si Kecil, lalu ajaklah ia membuat ekspresi wajah gembira.

5. Membaca Buku Cerita

Siapkan sebuah buku cerita dengan yang berdinamika (ada suasana gembira dan sedih). Ajak Si Kecil melihat gambar-gambar ekspresi wajah setiap tokoh sambil mengucapkan jenis ekspresi wajahnya. Ucapkan kata, “happy” sambil menunjuk gambar tokoh yang mengekspresikan wajah gembira. Ucapkan kata “sad” sambil menunjuk gambar tokoh yang mengekspresikan wajah sedih.

Baca juga: Tips Menulis Materi Dongeng Menarik untuk Anak PAUD

6. Bermain Boneka

Siapkan beberapa boneka yang memiliki mimik wajah yang bervariasi. Beri nama pada setiap boneka, misalnya boneka yang berwajah senang dengan nama Mr. Hepi, dan nama-nama lucu lainnya. Tunjukkan satu boneka berwajah senang, sambil mengatakan “Mr. Hepi” sangat bahagia.

Saat mengajarkan aneka kegiatan di atas, pastikan Ayah Bunda menggunakan bahasa yang jelas, sederhana, dan mudah dipahami Si Kecil. Ayah Bunda bisa memberikan pujian dan apresiasi untuk setiap usaha dan perkembangan positifnya.

Manfaat dari kegiatan ini adalah memberikan pemahaman kepada Si Kecil tentang aneka jenis ekspresi atau perasaan. Dengan mengenali aneka ekspresi, Si Kecil akan semakin mampu mengenal perasaannya sendiri, perasaan orang lain, serta akan semakin mampu mengekspresikan perasaannya. Si Kecil akan semakin terampil dalam berempati, sehingga hubungan dengan teman-temannya akan baik pula.

Beberapa manfaat lain dari aneka games pengenalan aneka ekspresi di atas adalah mengembangkan rasa percaya diri Si Kecil, meningkatkan keterampilan berpikir kritis, memperkuat bonding dalam keluarga, dan meningkatkan daya fokus.

Wah.. Ternyata banyak sekali manfaat dari variasi permainan dalam artikel ini. Selamat belajar dan mengajarkannya kepada Si Kecil.

Baca juga: 5 Judul Cerita Fantasi Terbaik Pembangun Karakter Anak PAUD


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Collection plastic baby- dolls- children- with- diverse skin colors_49589681 [1]

2. Aboutplaysc.com. (2022). Llanguage development activities for 2 3 year olds [2]

3. Positivepsychology.com. (2022). Emotional development activities [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.