Top

Contoh RUNDOWN ACARA 17 Agustusan: Perayaan KEMERDEKAAN RI di PAUD / TK Jadi MERIAH

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

27 Juli 2024

  |  

Edukasi

Melibatkan siswa PAUD / TK dalam acara perayaan kemerdekaan RI memberikan manfaat yang begitu banyak, salah satunya adalah sebagai ajang penerapan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). Siswa bisa belajar tentang penerapan nilai-nilai Pancasila, misalnya gotong royong dan persatuan. Nasionalisme siswa PAUD juga akan semakin berkembang. Para siswa akan semakin mengenal identitas nasional, misalnya lambang negara, lagu kebangsaan, dan lainnya.

Artikel Terkait:

1. Contoh Naskah PIDATO HUT KEMERDEKAAN RI 2024 saat UPACARA Bendera di PAUD / TK | Singkat dan Menyentuh

2. 10 CRAFT Membuat BENDERA Merah Putih: Meriahkan HUT Kemerdekaan RI 2024 | DEKORASI MURAH MERIAH

Berikut ini adalah contoh rundown acara perayaan Kemerdekaan RI untuk anak PAUD:

1. Pembukaan (Durasi 30 menit)

Sesi ini diisi dengan sambutan dari kepala sekolah, dan dilanjutkan dengan kata-kata pembuka yang meriah dari MC. Di awal acara, siswa bisa diajak untuk melakukan ice breaker atau melakukan permainan sederhana, misalnya melakukan gerak lagu dengan iringan lagu kebangsaan, tebak gambar pahlawan, atau melakukan yel-yel penyemangat.

Kembangkan Karakter Anak Usia Dini dengan Media Dongeng bersama RIRI (Cerita Anak Interaktif)


2. Upacara Bendera (Durasi 45 menit)

Ajak siswa untuk melakukan upacara bendera. Beberapa sesi penting dalam upacara bendera antara lain pengibaran bendera, menyanyikan kebangsaan, pembacaan teks Pancasila dan UUD 45, membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan 1945, doa bersama, dan mengheningkan cipta.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Bangsaku / Kemerdekaan Indonesia, Sub Topik: Upacara Bendera - Kurikulum Merdeka Belajar

3. Senam Pagi Bersama (Durasi 30 Menit)

Setelah melakukan upacara bendera, siswa bisa diajak untuk melakukan senam pagi bersama. Beberapa contoh lagu kebangsaan yang cocok digunakan sebagai iringan saat senam adalah:

  • Hari Merdeka
    Ajak siswa mengayunkan tangan ke atas dan ke bawah, berjalan di tempat, dan melompat kecil.
  • Garuda Pancasila
    Ajak siswa menggerakkan tangan dan kaki mengikuti irama lagu.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD Tema Negaraku, Topik Lambang, Bendera, dan Lagu Kebangsaan

4. Melakukan Perlombaan Kompetisi (Durasi 1 Jam 30 Menit)

Ajak siswa terlibat melakukan perlombaan kompetisi, misalnya balap karung, makan kerupuk, menggambar tema kemerdekaan, dan memasukkan pensil ke dalam botol.

Kegiatan kompetisi juga bisa menggunakan perangkat digital agar lebih menarik, misalnya lomba quiz interaktif, permainan puzzle digital, desain poster digital, dan lainnya.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik: Bermain Perlombaan HUT RI - Tema Negaraku Kurikulum Merdeka Belajar

5. Istirahat (Durasi 30 Menit)

Berikan waktu istirahat sejenak bagi siswa agar bisa menikmati makanan dan minuman tradisional yang disediakan.

6. Pertunjukan Seni (Durasi 1 Jam)

Libatkan siswa dalam pertunjukan seni tradisional dengan menampilkan kegiatan bernyanyi lagu tradisional serta kebangsaan, menari tarian tradisional, bermain peran singkat menirukan gaya pahlawan nasional, dan lainnya.

7. Pengumuman Pemenang dan Pembagian Hadiah (Durasi 30 Menit)

MC akan mengumumkan pemenang lomba. Setiap pemenang akan mendapatkan hadiah menarik. Apresiasi juga akan diberikan kepada penampil terbaik saat siswa menunjukkan kebolehannya dalam pertunjukan seni.

8. Penutupan (Durasi 15 Menit)

Dalam kegiatan ini guru yang ditunjuk sebagai ketua panitia akan mengucapkan terima kasih kepada semua panitia. Acara akan ditutup dengan doa oleh kepala sekolah dan sesi foto bersama.

Demi menjaga keamanan dan ketertiban acara, pastikan acara sudah diatur dan dikoordinasikan dengan baik. Lakukan pengawasan yang ketat oleh para guru, dibantu oleh staf dan petugas keamanan. Sediakan pula perlengkapan medis. Karena acara ini akan lebih meriah bila mengundang para orang tua siswa, maka libatkan pula orang tua dalam melakukan koordinasi kegiatan perayaan ini.

Semoga perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia di PAUD tempat Anda berkarya berjalan dengan baik, lancar, meriah, dan menyenangkan.


Sumber Referensi:

1. Jbmsmartstart.in. (2022). Independence day activity ideas for students at school [1]

2. Techandciviclife.org. (2022). 11 ideas to celebrate independence day [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.