Top

Marbel TK PAUD Menjadi Salah Satu Pemenang Terpilih #AyoHARGAI 2024!

Oleh Vincentius Dimas

  |  

22 Juli 2024

  |  

Press Release

Pemerintah terus berupaya memperkuat ekosistem industri gim nasional dengan tujuan agar gim buatan dalam negeri mampu bersaing dengan gim-gim dari luar negeri. Sebagai bagian dari upaya ini, pemerintah meluncurkan kampanye #AyoHARGAI (Hari Game Indonesia) yang diusung oleh Kemendag, Kemenkmarves, Kemenparekraf, Kominfo, KPAI pada 8 Agustus 2024. Lalu untuk tujuan dari kampanye ini adalah memperkuat ekosistem gim nasional dan mengoptimalkan pemanfaatan potensi industri gim nasional.

Menariknya, dalam kampanye tersebut, Marbel TK PAUD karya Educa Studio menjadi salah satu pemenang gim lokal di antara 8 gim lainnya. Selain itu, Marbel TK PAUD juga menjadi pembeda dari pemenang lainnya karena merupakan satu-satunya gim edukasi, terkhusus untuk anak-anak. Tentu ini menjadi kabar baik untuk kita semua bahwa artinya industri gim di Indonesia semakin maju dan semoga masyarakat juga mulai menggunakan gim lokal.

Sumber Kemendag: Konferensi Pers di Kantor Kemendag Jakarta

Proses Terpilihnya Marbel TK PAUD Menjadi Pemenang

Adapun kriteria pemilihan pemenangnya agar Marbel TK PAUD bisa menjadi pemenang gim lokal setelah melalui serangkaian tahapan seleksi yang ketat. Melansir siaran pers dari Kemendag: Pertama, gim harus dapat diunduh melalui layanan distribusi digital resmi, memastikan aksesibilitas dan distribusi yang luas bagi pengguna. Kedua, gim tersebut harus sudah diunduh lebih dari 50 ribu kali pada seluruh layanan distribusi digital resmi, yang artinya menunjukkan popularitas dan penerimaan positif dari pengguna.

Ketiga, gim tersebut harus memiliki rata-rata rating minimal bintang 3,5 pada seluruh layanan distribusi digital resmi, mengindikasikan kualitas dan kepuasan pengguna yang tinggi. Keempat, konten gim harus diuji dan memenuhi standar rating berdasarkan sistem yang diakui, seperti Entertainment Software Rating Board (ESRB), The International Age Rating Coalition (IARC), Indonesia Game Rating System (IGRS), atau rating konten internasional resmi lainnya, memastikan keamanan dan kesesuaian konten untuk berbagai usia.

Kelima, gim tersebut harus merupakan karya pengembang studio gim dalam negeri, mendorong perkembangan industri gim lokal dan memperlihatkan kemampuan pengembang Indonesia dalam menciptakan produk berkualitas. Keenam, diutamakan gim yang telah memiliki tanda daftar penyelenggara sistem elektronik (TDPSE), hak cipta, dan telah berbadan hukum, yang menunjukkan profesionalisme dan legalitas dalam operasionalnya.

Terakhir, diutamakan gim yang mengangkat kebudayaan lokal dan memiliki konten edukasi, memperkaya nilai budaya dan pendidikan di dalam gim, serta mendukung pelestarian dan pengenalan budaya Indonesia kepada generasi muda. Melalui kriteria-kriteria ini, Marbel TK PAUD berhasil memenuhi semua persyaratan dan terpilih sebagai salah satu gim lokal terbaik, membuktikan kualitas dan komitmen Educa Studio dalam mengembangkan gim edukasi yang bermutu tinggi.

Gim Marbel TK PAUD

Ayo Bermain Marbel TK PAUD

Marbel TK PAUD secara khusus memang dirancang untuk anak-anak sebagai wadah edukasi yang menyenangkan. Gim ini menyediakan berbagai aktivitas belajar yang interaktif agar anak-anak mengenal huruf, angka, warna, dan bentuk dengan cara yang menarik dan tidak membosankan. Dengan begitu, anak-anak tidak hanya duduk diam mendengarkan atau membaca, tetapi juga berpartisipasi aktif dalam berbagai permainan edukatif.

Tak hanya itu, setiap permainan yang tertera dalam Marbel TK PAUD memiliki bentuk yang menarik dengan ilustrasi yang lucu dan warna-warni, sehingga membuat anak-anak lebih tertarik untuk belajar. Maka selain membantu anak-anak belajar materi dasar, Marbel TK PAUD juga dirancang untuk mengembangkan keterampilan kognitif dan motorik anak-anak. Karena berbagai permainan dalam gim ini melibatkan aktivitas seperti menggeser, mencocokkan, dan menekan, yang mana dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan dan mata serta keterampilan motorik halus.

Dengan demikian, gim Marbel TK PAUD ini menjadi ciri khas Educa Studio sebagai industri gim, yang mana selalu membuat anak-anak menjadi teredukasi dengan cara yang lebih mudah, cepat, dan menyenangkan. Selain itu, tujuannya sendiri adalah agar anak-anak di Indonesia bisa semakin bertambang semangat belajar karena adanya media pembelajaran yang kreatif sehingga membuat mereka jadi tidak mudah bosan serta termotivasi. Ayo, jadikan belajar lebih interaktif dan dinamis agar anak-anak semakin berkembang dengan gim Marbel TK PAUD!


Sumber Referensi

1. Kemendag.go.id. (2024 ). Pemerintah Luncurkan Kampanye ‘Ayo Hargai’, Promosikan dan Perkuat Ekosistem Industri Gim Nasional [1]

Bagikan artikel ini

Author :

Vincentius Dimas