Top

Contoh NASKAH PIDATO di MPLS PAUD: Sambutan Penuh SEMANGAT untuk Siswa dan Orang Tua Murid Baru

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

19 Juni 2024

  |  

Edukasi

Kepala sekolah atau guru yang mewakili perlu memberikan sambutan kepada murid baru, terutama saat pembukaan acara MPLS PAUD. Selain untuk tujuan saling mengenal satu sama lain, pidato ini juga bertujuan untuk memberikan perhatian. Siswa baru perlu mendapatkan rasa nyaman dan merasa dihargai atau disambut secara hangat oleh lingkungan sekolah yang baru.

Artikel Terkait:

1. Contoh Naskah Pidato saat Acara Perpisahan PAUD yang Menyentuh Hati | Kata Sambutan Pesta Kelulusan TK

2. PENTING, Inilah Lesson Plan MPLS untuk TK - PAUD sesuai Kurikulum Merdeka (Minggu Kedua)

3. Inilah 8 TIPS SUKSES Kegiatan MPLS PAUD / TK: Bikin MURID SENANG dan Nyaman di Awal Tahun Ajaran

Di dalam pidato sambutan ini, Kepala Sekolah akan memberikan informasi penting mengenai lingkungan sekolah, berbagai aturan, dan kegiatan yang dilakukan. Tentu saja hal ini akan membantu siswa dalam memahami lingkungan sekolah dan membantu siswa agar bisa beradaptasi dengan lingkungannya.

Di bawah ini ialah contoh naskah pidato yang motivatif dan bernuansa semangat, dari Kepala Sekolah pada MPLS ( Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ) PAUD yang dikelompokkan menjadi beberapa bagian:

1. Salam, Ucapan Syukur, dan Perkenalan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat pagi, Salam sejahtera bagi kita semuanya, Om Swastiastu, Namo Buddhaya, Salam kebajikan. Selamat pagi.

Yang terhormat Bapak Ibu Guru, staf sekolah, karyawan-karyawati, dan anak-anak yang saya banggakan serta orang tua yang saya hormati,

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat rahmat dan karunia-Nya, kita semua bisa berkumpul di tempat inni dalam keadaan sehat. Hari ini adalah hari yang indah bagi kita semua, karena kita akan memulai Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di PAUD kita tercinta ini.

Ajak Siswa Bermain Belajar dalam Mengembangkan Aneka Keterampilan bersama MARBEL PELAJARAN TK DAN PAUD

 

 

2. Perkenalan

Sebelumnya, izinkan saya memperkenalkan diri. Nama saya adalah … . Saya adalah Kepala Sekolah dari PAUD kita tercinta ini.

3. Ucapan Selamat Datang (Welcoming)

Teman-teman siswa PAUD yang luar biasa, tidak lupa saya juga mengucapkan selamat datang di sekolah kita. Tempat ini adalah tempat di mana teman-teman akan belajar, bermain, dan menjalin persaudaraan. Saya, selaku Kepala sekolah sangat bersuka cita melihat wajah-wajah gembira, ceria, dan penuh semangat di pagi yang cerah ini.

Baca juga: 9 PERMAINAN ASYIK di Hari - Hari MPLS PAUD: Bikin Minggu PERTAMA ANAK MASUK SEKOLAH TK Jadi Berkesan

4. Menceritakan Tujuan Kegiatan MPLS

Program MPLS adalah saat yang sangat istimewa karena dalam kesempatan inilah awal perjalanan kita di sekolah. Kita akan mengenal teman-teman baru, para guru, dan lingkungan sekolah yang baru dan menyenangkan. Di sekolah ini, kita semua akan belajar bersama-sama, berbagi cerita, bekerja sama, dan saling membantu.

Teman-teman yang berbahagia, saya ingin teman-teman memahami bahwa sekolah kita tercinta ini adalah rumah kedua bagi kalian. Di sekolah ini, kita semua akan belajar banyak hal baru setiap hari bersama dengan guru dan kawan-kawan.

Baca juga: Rekomendasi Lagu Anak TERBARU 2023 untuk MPLS: Media Berkenalan dengan Teman Baru

5. Menceritakan Harapan-Harapan

Saya berharap, teman-teman akan selalu bersemangat dan pantang menyerah dalam mempelajari hal-hal yang baru. Bila mengalami kesulitan, bertanyalah dengan berani dan percaya diri. Teman-teman perlu mengingat bahwa setiap langkah kecil yang kalian ambil adalah bagian dari proses belajar yang menyenangkan, terutama dalam menguasai banyak pengetahuan serta keterampilan yang baru.

Anggaplah Bapak Ibu Guru di sekolah ini seperti orang tua kalian, yang selalu siap membantu dan membimbing teman-teman. Tidak perlu malu bertanya atau meminta bantuan jika kalian membutuhkan pertolongan. Semoga sekolah ini bisa menjadi tempat yang nyaman, aman, membahagiakan bagi teman-teman.

Baca juga: Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Identitasku, MPLS / Orientasi Sekolah - Kurikulum Merdeka Belajar

6. Ucapan Terima kasih

Tidak lupa, saya juga mengucapkan beribu terima kasih untuk orang tua atau kepercayaan yang telah diberikan kepada kami. Semoga kita bisa bekerja sama dalam mendidik semua siswa dan menjalin komunikasi yang baik serta efektif dalam membangun pribadi dan keterampilan mereka. Semoga dengan komunikasi yang baik, kita bisa bersama-sama menciptakan lingkungan belajar yang nyaman, penuh kasih, positif, dan bisa mendukung prestasi anak-anak kita.

Baca juga: Modul Ajar PAUD Topik : Teman Baruku, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah | RPPH MPLS PAUD TK Usia 4-5 Tahun KurMer 2024

7. Memberikan Kata-Kata Motivasi

Bagi anak-anak atau teman-teman yang terkasih, mari kita mulai hari pertama kita masuk sekolah ini dengan penuh semangat, suka cita, dan keceriaan. Saya percaya, dengan hari pertama yang baik dan membahagiakan ini, kita semua akan semakin mampu melakukan aneka kegiatan dengan energi yang positif dan penuh suka cita.

8. Kata-Kata Penutup

Teman-teman terkasih, selamat menjalankan MPLS di tahun ajaran 2024-2025. Semoga teman-teman akan menjalaninya dengan baik dan dalam kesehatan yang baik. Semoga kita semua akan semakin mampu untuk saling mengenal, saling mengasihi, dan saling berkolaborasi demi menciptakan suasana belajar yang baik dan positif.

Selamat pagi. Terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah contoh pidato atau kata sambutan di MPLS PAUD. Semoga dengan pidato yang penuh semangat semua warga sekolah bisa saling membangun hubungan yang positif antara Kepala Sekolah, guru, siswa, dan orang tua. Bagaimanapun, komunikasi dan hubungan yang baik bisa menciptakan kerja sama dan keterlibatan aktif dari semua pihak dalam lingkungan sekolah.

Anda juga bisa menyelipkan sebuah cerita pendek, mengajak anak-anak didik bernyanyi bersama, mengucapkan yel-yel penyemangat, dan melakukan kegiatan menyenangkan lain saat membawakan pidato di atas. Semoga MPLS berjalan lancar dan anak-anak merasa gembira serta nyaman di hari pertama anak-anak masuk sekolah! Semangat!

Baca juga: Seminar Orang Tua Saat MPLS TK - PAUD, Perlukah?


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Teacher playing with children indoors [1]

2. Plklsp.edu.hk. (2018). Principals speech for the opening ceremony [2]

3. Toppr.com. (2022). Speech for students welcome speech for event [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.