Top

Bermain Huruf Kecil ( a Sampai z ) Bersama Si Kecil Berusia TK - PAUD

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

18 Sep 2023

  |  

Parenting

Ayah dan Bunda yang memiliki anak usia PAUD, bisa mengajak bermain huruf kecil di rumah. Pengenalan huruf kecil atau small letters ( huruf a sampai z ) adalah pembelajaran yang penting bagi Si Kecil agar ia semakin terampil dan membaca dan menulis.

Inilah ide aktivitas bermain sambil belajar mengenal huruf kecil yang bisa dipraktikkan bersama SI Kecil di rumah.

1. Menonton Video Marbel

Kanal Youtube Educa Studio selalu menyajikan video Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) yang praktis dan mudah dipahami anak usia PAUD. Salah satu video yang menarik berjudul “Marbel Belajar Huruf a-z”.

Setelah mengajak Si Kecil menonton video ini, Ayah dan Bunda bisa mengajak si Kecil bertanya jawab atau melakukan aneka aktivitas menarik lainnya, yang berhubungan dengan video ini.

2. Bernyanyi Lagu “Huruf Awal Kata”

Ayah dan Bunda bisa menggunakan media gambar yang bisa ditunjukkan kepada Si Kecil saat menyanyikan lagu ini. Syair dari lagu ini sangat sederhana, yaitu sebagai berikut:

“a” untuk “angsa”
“b” untuk “beruang”
“c” untuk “cicak”
“d” untuk “domba”

Nada dan variasi syair dari lagu ini bisa ditonton di video di bawah ini.

3. Kartu Huruf

Ayah dan Bunda bisa membuat kartu sendiri dengan aplikasi Canva. Beberapa permainan dengan media kartu huruf antara lain:

  • Mengurutkan Huruf
    Buatlah acak (serakkan) kartu huruf bergambar lengkap (huruf a sampai z) di atas lantai. Lalu, mintalah Si Kecil untuk mengurutkan kembali mulai dari huruf a sampai z.
  • Menyebutkan Huruf
    Mintalah SI Kecil mengambil sebuah kartu dan menyebutkan nama huruf tersebut dengan tepat.
  • Membuat Bunyi 2 Huruf
    Mintalah Si Kecil mengambil dua kartu (satu kartu bergambar huruf konsonan dan satu kartu bergambar huruf vokal), lalu mintalah ia menyebutkan bunyinya, misalnya “s” dan “a” menjadi “sa”.

Dapatkan “Kartu Marbel Huruf” dan aneka kartu belajar lainnya di Toko Marbeljunior.com

4. Bermian Puzzle Huruf

Mintalah Si Kecil menyusun puzzle huruf dengan aneka variasi permainan, misalnya:

  • Berlomba bersama Ayah dan Bunda
    Si Kecil bertanding dengan Ayah dan Bunda. Pemenangnya adalah yang berhasil menyusun dengan cepat dan tepat.
  • Berpacu dengan Waktu
    Mintalah Si Kecil menyusun puzzle dengan waktu tertentu, bila Si Kecil berhasil menyusun tanpa kehabisan waktu akan mendapatkan hadiah.

Ready ,Poster Marbel Belajar Huruf dengan Harga Terjangkau di Toko Marbeljunior.com

5. Menyentuh Bentuk Huruf

Ayah dan Bunda bisa memanfaatkan papan puzzle untuk melakukan permainan ini. Mintalah Si Kecil menyentuh salah satu bentuk huruf pada papan puzzle kosong (belum ditempeli huruf), lalu mintalah ia menebak nama huruf tersebut.

6. Mencocokkan Huruf dan Gambar

Gambarlah bentuk buah “apel”, “semangka”, dan “jeruk” di atas sebuah kertas. Lalu, tulislah huruf “a” pada bagian bawah atau sampingnya. Mintalah Si Kecil membuat garis menuju gambar buah yang memiliki huruf awal “a”.

7. Menulis Huruf dengan Alat yang Variatif

Ajaklah Si Kecil menulis huruf kecil. Ayah dan Bunda bisa menggunakan aneka alat tulis yang bervariasi, misalnya pensil, pulpen, spidol, dan lainnya.

Ajak pula Si Kecil memanfaatkan pewarna makanan atau cat air sebagai media warna yang dicampur air. Lalu, mintalah Si Kecil membuat aneka huruf dengan kuas, busa, jari, tisu, dan lainnya agar tidak merasa bosan.

8. Menulis Nama

Menulis nama diri Si Kecil adalah hal penting untuk bisa dilakukan olehnya. Ajak Si Kecil menulis nama dengan aneka media seperti yang tertulis pada poin 7.

9. Menyusun Huruf

Gunakan balok huruf untuk melakukan aktivitas ini. Ajaklah Si Kecil menyusun balok huruf dengan urutan yang benar.

10. Menulis Huruf dengan Media Pasir

Tebarkan pasir yang sudah dicuci pada sebuah loyang. Mintalah Si Kecil untuk membuat bentuk huruf sesuai dengan yang Ayah dan Bunda sebutkan dengan jari mungilnya.

11. Meletakkan Bentuk Huruf pada Benda Sekitar

Mintalh Si Kecil mengambil sebuah huruf, misalnya “k”. Mintalah Si Kecil untuk meletakkan (bisa juga menempelkan) huruf tersebut pada benda yang berawalan huruf “k”, misalnya kipas angin, kursi, dan lainnya.

12. Bermain Aplikasi Gim Marbel Huruf

Ajak Si Kecil bermain aplikasi gim berjudul “Marbel Huruf”. Ada permainan khusus untuk belajar huruf kecil dalam aplikasi tersebut.

Gim “Marbel Huruf” dan aneka permainan pengembangan keterampilan anak usia PAUD, juga ada di dalam aplikasi “Marbel Belajar TK dan PAUD”.

 

13. Berburu Huruf

Sediakan lembar kerja anak bertuliskan bentuk huruf a sampai z. Sembunyikan kartu bergambar huruf a sampai z di sekitar rumah. Mintalah Si Kecil mencari semua kartu tersebut. Setiap ia menemukan sebuah kartu, mintalah ia menyebutkan nama hurufnya dan melingkari bentuk hurufnya pada lembar kerja.

Seru sekali bukan ide permainan di atas? Semoga bermanfaat untuk mengajak Si Kecil bermain dan melatihnya agar semakin mengenal huruf a sampai z dengan hati senang!

Pengenalan huruf adalah materi yang penting untuk dikuasai Si Kecil. Ada yang tidak kalah penting untuk diajarkan kepada Si Kecil, yaitu pengembangan karakter. Kembangkan karakter Si Kecil bersama Kisah Nabi (KABI).

 


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Mother daughter studying alphabet [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.