Top

Bangun Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Bersama Riri Cerita Anak Interaktif

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

20 Sep 2024

  |  

Edukasi

Pendidikan karakter adalah semua upaya manusia yang dilakukan secara sadar dan terencana, untuk mendidik, memberdayakan, juga mengembangkan potensi anak atau peserta didik, hingga akhirnya terbentuklah karakter atau pribadi yang sesuai dengan etika lingkungan sekitar.

Sudah sepatutnya, pendidikan karakter mulai ditumbuhkan dan dikembangkan sejak usia dini. Selain membantu mengembangkan karakter anak, pendidikan karakter juga melatih mereka untuk bersikap lebih tangguh dan baik.

Dikutip dari jurnal Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini (2022) oleh Uswatun Hasanah dan Nur Fajri, pendidikan karakter anak usia dini adalah usaha secara sadar dan penuh untuk mengembangkan potensi dan karakter anak usia dini.

Hal tersebut bisa dilakukan lewat proses belajar, pelatihan nilai karakter, seperti nilai religius, integritas, gotong royong, kemandirian, dan nasionalisme, serta kesediaan untuk memberi pujian atau teguran jika apa yang dilakukan anak ternyata bertentangan dengan nilai moral yang sudah berlaku.

Apabila cara di atas dirasa kurang efektif dan cenderung kaku, metode bercerita atau mendongeng bisa menjadi alternatif solusi yang dapat dilakukan orang tua atau tenaga pendidik.

Menurut Lina Eka Retnaningsih dan Nadya Nela Rosa dalam buku Trik Jitu Menanamkan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini (2022), bercerita adalah metode atau cara untuk menarik perhatian anak.

Biasa dilakukan dengan menyampaikan atau menceritakan ulang kisah yang dapat menarik perhatian anak. Selain membangun kontak batin dengan anak, bercerita juga membantu menciptakan imajinasi, fantasi, bahkan melatih emosi anak.

Bercerita adalah jalan termudah yang bisa dilakukan orang tua atau tenaga pendidik untuk menanamkan pendidikan karakter pada anak. Selain sudah akrab dengan aktivitas tersebut, mendengar atau membaca cerita juga memudahkan mereka untuk memahami karakter yang ada.

Tentunya nilai pendidikan karakter yang dapat ditanamkan dengan metode ini sangat beragam, tergantung isi dan jenis cerita, juga karakter yang disuguhkan dalam kisahnya.

Riri Cerita Anak Interaktif sebagai media pendidikan karakter

Seperti yang telah dijelaskan di atas, membaca atau mendengarkan cerita juga bisa menjadi salah satu metode yang digunakan untuk menanamkan pendidikan karakter anak usia dini. 

Riri Cerita Anak Interaktif dari Educa Studio siap menemani para guru atau orang tua yang ingin menanamkan dan melatih pendidikan karakter anak usia dini, pada siswa atau anak mereka, sebagai bekal di masa depan.

Salah satu keunggulan yang dimiliki Riri adalah tersedia dalam berbagai channel yang memudahkan orang tua, anak, juga tenaga pendidik untuk mengaksesnya, seperti gim, aplikasi, video animasi, buku digital, buku cetak, hingga podcast.

Riri Cerita Anak Interaktif adalah kumpulan cerita anak interaktif yang memuat ratusan cerita rakyat, dongeng, fabel, hingga cerita orisinil yang dibuat oleh para penulis hebat di Educa Studio.

Beberapa program menarik yang tersedia dalam Riri Cerita Anak Interaktif adalah:

  • Picture books
  • Interactive
  • Short story
  • Videos
  • Activities.

Dalam tiap program tersebut, cerita yang disuguhkan terbagi menjadi beberapa kategori yang berbeda, yaitu:

  • Fabel
  • Cerita rakyat
  • Dongeng dunia
  • Fiksi
  • Pendidikan karakter
  • Sains
  • Misteri
  • Edukasi.

Karena memuat beragam pilihan cerita yang menarik, orang tua dan tenaga pendidik tidak perlu lagi kebingungan saat memilih bacaan mana yang akan digunakan untuk melatih pendidikan karakter anak usia dini. Bacaan yang dipilih bisa berfokus pada pendidikan karakter, namun, bisa pula membaca kisah lainnya yang tentu saja menarik.

Selalu ada pesan moral yang termuat dalam cerita Riri. Anak-anak tidak hanya akan belajar tentang cara membedakan mana karakter, hal, atau perilaku yang buruk dan baik, tetapi juga bisa mendapat pesan moral yang harapannya dapat menjadi pedoman bagi mereka untuk bersikap atau berperilaku.

Oleh sebab itu, Riri dari Educa Studio cocok digunakan sebagai media pendidikan karakter untuk anak usia dini. Selain ceritanya mudah dipahami, animasinya tidak akan mudah membuat anak bosan.

Dengan membaca Riri Cerita Anak Interaktif, bukan hanya karakter anaknya saja yang berkembang, tetapi empati dan kreativitasnya juga akan bertumbuh.

Empatinya terlatih karena anak terbiasa membaca cerita yang sarat akan pesan moral, dan kreativitasnya terbentuk karena anak dapat berinteraksi juga mengeksplorasi aktivitas permainan atau cerita yang ada dalam gim Riri Cerita Anak Interaktif.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo kembangkan pendidikan karakter anak usia dini bersama Riri Cerita Anak Interaktif. Unduh Riri sekarang di Google Play Store dan iOS ya!

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio