Top

Aneka Aktivitas Anak PAUD - TK untuk Belajar Angka di Bulan Ramadan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Apr 2023

  |  

Edukasi

Aneka aktivitas bisa dilakukan oleh anak-anak usia di usia TK dan PAUD. Di Bulan Ramadan, terutama ketika menanti momen berbuka puasa, Si Kecil bisa diajak untuk melakukan aneka aktivitas yang edukatif.

Salah satu aktivitas yang menarik dan bisa diajarkan kepada anak-anak PAUD adalah aktivitas belajar atau mengenal angka. Agar aktivitas ini bisa menjadi suatu aktivitas yang menyenangkan, Ayah dan Bunda mengajak Si Kecil belajar sambil bermain atau melakukan hal yang menyenangkan. Variasi aktivitas apa sajakah yang bisa menjadi pilihan?

1. Menyebutkan Angka saat Membereskan Mainan

Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil bermain terlebih dahulu, misalnya bermain robot-robotan. Setelah Si Kecil selesai bermain, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil belajar menyebutkan angka saat membereskan mainan-mainan tersebut. Mintalah Si Kecil untuk menyebutkan angka secara berurutan saat memasukkan mainan-mainan tersebut ke dalam kotak mainan dengan menyebutkan, “Satu, dua, tiga, empat, …, dan seterusnya.”

Ajak Si Kecil belajar angka dengan animasi video keren karya Educa Studio di bawah ini!

 

2. Melompat Sesuai Angka yang Disebutkan

Mintalah Si Kecil melompat sesuai dengan angka yang Ayah dan Bunda sebutkan. Misalnya dengan mengatakan, “Melompat dua kali ke depan, melompat tiga kali ke kiri, melompat empat kali ke kanan.”

Ketika menyebutkan jumlah lompatan, Ayah dan Bunda bisa sambil menunjukkan gambar angka dengan media flash-card bergambar angka.

Selain gerakan melompat, Ayah dan Bunda bisa membuat variasi gerakan lainnya, misalnya melangkah.

 

PARSEL (Pasti Seru Lebarannya) dari Kabi yaitu promo spesial voucher diskon sebesar 25% untuk monthly subsciption dan yearly subscription untuk aplikasi Kabi - Kisah Nabi & Buku Islam lho!

3. Mencari Harta Karun Angka

Alat peraga yang dibutuhkan dalam permainan ini adalah flash-card bergambar angka satu sampai lima. Sembunyikan angka-angka tersebut di sekitar ruangan di rumah. Pastikan kartu berada di tempat yang mudah ditemukan, karena tantangan sesungguhnya dalam permainan ini adalah mengurutkan angka. Bukan tingkat kesulitan di mana angka tersebut disembunyikan.

Ajak Si Kecil belajar Shalat dengan cara yang menyenangkan dengan gim di bawah ini!

 

Misi yang perlu dilakukan Si Kecil adalah mencari angka-angka tersebut. Si Kecil harus menemukan angka-angka tersebut secara berurutan. Maka, angka pertama yang perlu ia temukan adalah angka satu. Setelah itu, ia harus menemukan kartu bergambar angka dua. Bila setelah menemukan kartu bergambar angka dua ia menemukan angka empat, maka ia harus meletakkan kartu bergambar angka empat tersebut di tempat semula.

4. Belajar Angka Sambil Memasak

Belajar angka juga bisa diajarkan dalam aktivitas sehari-hari, misalnya saat Ayah dan Bunda sedang memasak. Mintalah Si Kecil untuk mengambil bahan-bahan membuat masakan sesuai instruksi, misalnya dengan mengatakan, “Tolong ambilkan dua buah tomat” atau “Masukkan dua sendok kecil garam ke dalam panci.”

5. Menghitung Jumlah Kendaraan

Sesekali, Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil ke luar rumah. Ajak ia duduk-duduk di jalan raya sambil menikmati camilan atau minuman. Anda bisa mengajak Si Kecil untuk menghitung kendaraan yang lewat, misalnya dengan mengajak Si Kecil, “Sekarang, mari kita hitung jumlah bus yang lewat!”

Belajar kendaraan menjadi lebih simpe dan menyenangkan dengan aplikasi gim ini

6. Memainkan Aplikasi Gim Marbel Belajar Angka

Manfaat dari aplikasi edukasi ini adalah membantu anak-anak belajar angka, mulai dari angka 0 sampai 50. Aplikasi ini didesain khusus untuk anak berusia 2 hingga 6 tahun. Ayah dan Bunda bisa mengajak Si Kecil belajar sambil memainkan variasi gim seru untuk belajar angka.

7. Marbel Pelajaran TK dan PAUD

Permainan-permainan di dalam aplikasi sangatlah sederhana. Anak-anak tidak akan mengalami kesulitan saat memainkannya, misalnya permainan balon angka. Dalam permainan balon angka, Si Kecil hanya diminta menunjuk balon bergambar angka sesuai dengan yang disebutkan oleh narator, misalnya saat narator mengatakan, “Angka lima”, maka Si Kecil harus menunjuk balon bergambar angka lima.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan Si Kecil dalam mengenal angka. Semangat!

 

Kelas Kreatif Gamelab.id akan Membantu Mengoptimalkan Potensi Sikecil secara Praktis dan Biaya Terjangkau!


Baca juga: 

1. Cara Mengajar Anak Berhitung Melalui Aktivitas Sehari-Hari

2. Puzzle Angka Kabi Gratis


Sumber Referensi:

1. freepik.com. (2022). Asian muslim mother help her daughter learn online [1]

2. Play.google.com. (2022). Marbel Angka [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.