Top

Aktivitas Pembuka Kelas Belajar Tanaman untuk PAUD: Simak 6 Langkah Ini

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

22 Okt 2023

  |  

Edukasi

Aktivitas pembuka kelas sangat penting diaplikasikan kepada anak-anak PAUD. Dilansir dari Classcraft.com, melakukan aktivitas baru di awal kelas dapat memotivasi anak untuk mau datang ke sekolah, mendongkrak nilai, dan mendorong perilaku positif.

Saat anak-anak PAUD belajar tentang tanaman, aktivitas pembuka kelas juga bisa dipraktikkan kepada anak-anak didik. Inilah beberapa contoh aktivitas pembuka kelas yang sederhana dan menyenangkan untuk membuka pembelajaran tema tumbuhan.

Baca juga:
Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik: Tanaman Buah, Manfaat Tumbuhan
Ajak Anak PAUD Belajar Jenis dan Manfaat Tanaman Obat dengan Variasi Aktivitas Seru!

1. Sambutan Hangat dan Ceria

Sebagai Bunda PAUD, menghafal nama-nama anak didik adalah suatu hal yang penting. Anak-anak didik akan merasa diperhatikan bila ia dipanggil namanya atau diberi sapaan yang hangat serta penuh semangat.

Berikan senyuman terbaik kepada setiap anak-anak didik, agar mereka merasa diterima. Ajaklah anak-anak didik menjawab pertanyaan sederhana tentang tanaman, misalnya tentang aneka macam ciptaan Tuhan, hingga pada pertanyaan tentang tanaman yang merupakan salah satu ciptaan Tuhan.

Lagu SENYUMAN SEDEKAH SEDERHANA bisa menjadi penyemangat anak-anak didik di pagi hari.

 

2. Pengenalan Tanaman

Kegiatan ini bermanfaat untuk menjelaskan beberapa hal penting tentang tanaman, misalnya:

  • Bagian tanaman.
  • Cara bertumbuh tanaman mulai dari biji.
  • Manfaat tanaman.
  • Cara merawat tanaman.

Bunda PAUD bisa menjelaskan hal ini dengan media gambar, poster, atau video yang banyak tersedia di Youtube.

Ajak Anak-Anak Didik Belajar Sambil Bermain bersama “Marbel Pelajaran TK dan PAUD”:

 

3. Bernyanyi Lagu Tentang Tanaman

Setelah anak-anak didik merasa nyaman dan penuh semangat, Bunda PAUD bisa mengajak anak-anak didik untuk menyanyikan lagu-lagu bertema tanaman. Beberapa contoh judul lagu yang menarik untuk dinyanyikan antara lain adalah:

Setelah bernyanyi, Bunda PAUD bisa mengajak anak-anak didik untuk berdiskusi tentang lagu yang baru saja dinyanyikan, misalnya:

  • Lagu yang baru saja teman-teman menyanyikan mengisahkan tentang apa?
  • Apa hal menarik di dalam lagu tersebut?

4. Mengajak Menari dengan Iringan Lagu

Setelah anak-anak didik menguasai lagu yang diajarkan, Bunda PAUD bisa mengajak anak-anak didik untuk untuk bernyanyi dan menari, atau melakukan gerak lagu.

Ajaklah anak-anak didik untuk melakukan gerakan-gerakan sederhana tentang lagu yang dinyanyikan, misalnya mengangkat tangan, menggelengkan kepala, dan lainnya. Jelaskan kepada anak-anak didik tentang makna gerakan yang dilakukan, misalnya menggoyangkan badan seperti seperti pohon yang ditiup angin.

Berikan kesempatan kepada anak-anak didik untuk mengarang gerakan yang cocok pada satu baris syair lagu. Anak-anak usia dini dengan imajinasi mereka pasti mampu memberikan ide gerakan yang lucu dan menarik menurut versi mereka.

5. Bermain Bersama

Bunda PAUD bisa mengajak anak-anak didik untuk bermain bersama atau melakukan permainan berkelompok. Beberapa permainan berkelompok yang seru adalah:

  1. Tebak Tanaman
    Perlihatkan sebuah gambar tanaman kepada anak-anak didik, dan mintalah mereka menebaknya. Anak didik yang berhasil menebaknya akan mendapatkan hadiah atau poin / bintang.
  2. Mencocokkan Gambar
    Siapkan gambar-gambar yang dibagi menjadi 3 kategori, yaitu buah-buahan, ragam bunga, dan aneka sayuran. Campur gambar-gambar buah, bunga, dan sayur, lalu mintalah anak-anak didik mengelompokkan sesuai dengan kategorinya.

Permainan fisik juga sangat disarankan agar anak-anak didik semakin bersemangat dan meningkatkan kebugaran tubuh, misalnya dengan melakukan permainan di taman bunga, bermain kelereng di kebun sekolah, dan lainnya.

Lembar Kerja Anak GRATIS: Bisa Menjadi Media Belajar dan Beraktivitas Anak PAUD

6. Kegiatan Praktik

Kegiatan praktik atau praktik baik yang bisa dilakukan oleh anak-anak didik agar semakin memahami materi tema tanaman adalah:

  • Praktik Berkebun
    Bunda PAUD bisa mengajak anak-anak didik untuk membuat kebun mini di sekitar sekolah. Ajarkan kepada anak-anak didik tentang cara merawat tanaman tersebut.
  • Menanam Benih / Biji
    Siapkan pot-pot kecil, dan berikan kesempatan kepada anak-anak didik untuk menanam salah satu benih tanaman, misalnya kacang hijau. Ajak pula anak-anak didik untuk mempraktikkan cara merawatnya agar tumbuh menjadi tanaman yang baik dan subur.

Bunda PAUD bisa mengajak anak-anak didik melakukan aneka kegiatan lainnya, misalnya mengerjakan lembar kerja anak atau membuat suatu kreasi kerajinan tangan.

Sumber Referensi:

1. Classcraft.com. (2022). Innovative and fun ways to start class [1]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.