Top

20 Ide PERMAINAN TERBARU Belajar Bentuk dan Warna: Untuk Anak PAUD Usia 2 - 3 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

01 Feb 2024

  |  

Edukasi

Belajar bentuk dan warna adalah suatu materi pembelajaran yang sederhana. Namun, dengan aneka aktivitas yang bervariasi, anak-anak usia 2 - 3 tahun pasti akan menyukainya. Inilah ragam kegiatan bermain untuk anak usia 2 - 3 tahun yang bisa dilakukan di rumah kepada Si Kecil bersama Ayah Bunda.

1. Mencocokkan Bola Berwarna

Siapkan beberapa bola dengan warna yang variatif. Ajak Si Kecil memasukkan bola berwarna merah ke dalam kotak berwarna merah. Lanjutkan dengan bola berwarna lainnya.

2. Mewarnai

Pilih gambar yang sederhana. Mintalah Si Kecil mewarnai gambar tersebut dengan krayon.

3. Blok Aneka Bentuk

Mainan blok aneka bentuk ini bisa didapatkan di toko mainan. Mintalah Si Kecil mencocokkan blok dengan bentuk lubangnya agar bisa masuk ke dalam kotak.

4. Menyortir Mainan

Pilih mainan lego yang menyediakan kepingan-kepingan dengan warna yang berbeda. Mintalah Si Kecil memasukkan kepingan lego warna biru ke dalam kotak berwarna biru. Lanjutkan dengan kepingan lego dengan warna yang lain.

5. Bermain Wayang Jari

Ayah Bunda bisa membuat aneka bentuk dengan jari tangan pada media bayangan wayang. Mintalah Si Kecil menebak bentuknya.

6. Bermain Pasir Warna

Berikan contoh kepada Si Kecil untuk membuat sebuah bentuk persegi. Mintalah Si Kecil membuat bentuk yang sama. Bila ia berhasil, Ayah Bunda bisa membuat contoh bentuk lainnya.

Ajak Si Kecil Belajar Warna dengan Media Dongeng di Bawah ini

Unduh pula koleksi dongeng lainnya di aplikasi Dongeng RIRI (Cerita Anak Interaktif)

 

7. Bermain Buku Pop-Up

Ayah Bunda bisa mendampingi Si Kecil saat bermain buku pop-up. Mintalah Si Kecil menebak aneka bentuk yang ditampilkan pada buku tersebut.

8. Mencari Benda dengan Bentuk Tertentu

Berikan instruksi kepada Si Kecil untuk menemukan sebuah bentuk tertentu, misalnya lingkaran. Mintalah Si Kecil untuk menemukan aneka benda berbentuk lingkaran.

9. Menemukan Benda dengan Warna Tertentu

Berikan perintah kepada Si Kecil agar bisa menemukan benda dengan warna merah sebanyak-banyaknya. Bila ia berhasil menyelesaikan tugas ini, mintalah ia menemukan benda berwarna lainnya.

10. Bermain Potongan Kertas dengan Bentuk Tertentu

Bantu Si Kecil membuat aneka bentuk dengan kertas origami berwarna-warni. Setelah aneka bentuk tersedia, mintalah Si Kecil mengambil suatu benda dengan bentuk dan warna tertentu, misalnya, “Temukan bentuk lingkaran berwarna kuning”.

11. Bermain dengan Stiker Warna-Warni

Mintalah Si Kecil melepaskan stiker berbentuk lingkaran dan menempelkannya pada sebuah buku gambar. Lalu, Si Kecil bisa diberi instruksi untuk membuat sebuah bentuk dari bentuk stiker lingkaran tersebut, misalnya menjadi sebuah mobil dan lainnya.

Baca juga: 17 Permainan Anak PAUD Usia 4 Tahun Belajar Pelangi

12. Menebak Warna Benda di Sekitar

Ajak Si Kecil mendekati suatu benda, misalnya bola basket. Mintalah Si Kecil untuk menebak bentuk atau warna benda tersebut. Berikan score bila ia berhasil menebaknya dengan tepat, agar ia lebih bersemangat.

13. Bermain Karet Gelang Berwarna

Mintalah Si Kecil mengelompokkan karet gelang sesuai warnanya. Setelah dikelompokkan, ajak Si Kecil membuat tali dengan bahan karet gelang dengan warna yang sama.

14. Bermain Puzzle Berukuran Besar

Pilih puzzle berukuran besar untuk bisa dimainkan Si Kecil, agar lebih aman dan sesuai dengan tingkat kemampuan anak usia 2 tahun. Mintalah Si Kecil menyusun kepingan-kepingan puzzle menjadi bentuk yang tepat.

15. Bermain Krayon Berukuran Besar

Ajak Si Kecil menggambar aneka bentuk, misalnya lingkaran, persegi, dan bintang di atas sebuah kertas manila besar dan dengan menggunakan sebuah krayon berukuran besar.

16. Menghias Bola

Ajak Si Kecil menghias bola plastik (untuk bermain sepak bola) dengan media cat air.

17. Bermain Kertas Origami

Ajak Si Kecil membuat aneka bentuk dengan media kertas origami. Setelah itu, ajak Si Kecil bermain tebak-tebakan, misalnya dengan menanyakan, “Burung ini berwarna apa?”

Dapatkan LEMBAR KERJA ANAK: GRATIS dari Kak Andi Taru dan Tim Educa Studio

  1. Mewarnai Bunga Berdasar Angka 
  2. Mewarnai Pemandangan Hutan
  3. Mewarnai Hewan Berdasarkan Angka

18. Mencocokkan Baju

Ajak Si Kecil berdiskusi sebelum mengenakan sebuah baju, misalnya dengan menanyakan, “Kalau adik mengenakan baju berwarna kuning, lebih baik celananya berwarna apa?”

19. Aktivitas Mencampur Warna

Ajak Si Kecil bermain tebak-tebakan dengan media cat air berwana merah, kuning, dan hijau. Mintalah Si Kecil menebak, “Bila warna merah dicampur kuning, jadi warna apa?”

20. Berburu Benda

Sebutkan sebuah warna, misalnya, “Merah”. Mintalah Si Kecil menunjuk atau menyentuh benda-benda berwarna merah di sekitar rumah.

Belajar bentuk dan warna pasti akan menjadi lebih menyenangkan bagi anak usia 2 - 3 tahun bila Ayah Bunda mengaplikasikan aneka permainan di atas. Semoga bermanfaat!


Sumber Referensi:

1. Homeschoolgiveaways.com. (2022). 20 Shape and color activities for preschool [1]

2. Empoweredparents.co. (2022). Learning about colours [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.