Top

16 Tips Mengajarkan Cara Menjaga Bagian Tubuh Privasi Anak PAUD Usia 4-6 Tahun ( Anti Kekerasan Seksual )

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

30 Jan 2024

  |  

Edukasi

Bagian tubuh privasi perlu dipahami anak-anak usia PAUD / TK. Dengan memahami bagian privasi anak-anak didik akan lebih mampu menjaga diri dari kekerasan seksual. inilah 16 tips mengajarkan pentingnya menjaga bagian tubuh privasi agar anak-anak didik PAUD usia 4-6 tahun tetap aman dan bisa menjaga diri sendiri, baik di lingkungan sekolah maupun di tempat lain.

1. Menjelaskan Bagian Tubuh yang Privasi

Jelaskan kepada anak didik bahwa setiap manusia memiliki bagian tubuh yang privasi dengan bahasa yang sederhana. Bagian tubuh yang privasi ini hanya boleh dilihat, apalagi disentuh oleh Mama saja.

Jelaskan pula tentang pentingnya rasa malu saat bagian privasi ini terlihat oleh orang lain. Maka bagian privasi ini harus dijaga agar tidak dilihat, apalagi disentuh oleh orang yang asing.

2. Pentingnya Suasana Kelas yang Nyaman

Saat menjelaskan tentang bagian tubuh yang privasi, pastikan bahwa guru PAUD mampu membuat suasana kelas yang nyaman dan santai. Tidak perlu membuat kelas menjadi tegang atau menceritakan tentang kasus-kasus kejahatan yang sedang viral.

3. Ajarkan Kesopanan Saat Hendak Menyentuh Bagian Tubuh Teman

Guru PAUD perlu menjelaskan tentang pentingnya meminta izin sebelum menyentuh bagian-bagian tubuh teman, terutama yang mendekati area bagian tubuh yang privasi. Misalnya, saat bagian punggung teman ada benda kotor yang menempel dan hendak membantu membersihkan. Bila ingin membantu membersihkan perlu memohon izin terlebih dahulu, atau cukup memberikan informasi tentang hal tersebut secara sopan.

Baca juga:

Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Manfaat Bagian Tubuhku, Diriku / Diri Sendiri - Kurikulum Merdeka Belajar

Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik :Merawat Tubuhku, Diriku / Diri Sendiri - Kurikulum Merdeka Belajar

4. Pembelajaran tentang Bagian-Bagian Tubuh

Berikan pembelajaran tentang bagian-bagian tubuh manusia dengan media gambar atau boneka. Gunakan pula kata-kata atau kalimat yang sederhana dan mudah dipahami anak usia 4 tahun.

5. Berikan Kesempatan Anak Didik untuk Berpendapat

Guru PAUD perlu memberikan ruang kepada anak-anak didik untuk bertanya dan mengemukakan pendapat saat menerima pembelajaran tentang bagian tubuh yang privasi.

6. Menjelaskan Pentingnya Menjaga Bagian Tubuh yang Privasi

Menjaga bagian tubuh yang privasi perlu diajarkan kepada anak-anak usia agar mereka menyadari akan pentingnya batasan dalam berinteraksi sosial, membantu mereka terlindungi dari situasi yang tidak aman, dan membantu mereka memahami pentingnya menjaga norma kesopanan dalam hidup bermasyarakat. Jelaskan hal ini kepada anak-anak didik dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan media dongeng atau film animasi.

7. Siapkan Bahasa yang Tepat

Sebelum mengajarkan tentang hal ini, pastikan bahwa guru PAUD sudah memahami pentingnya penggunaan bahasa yang tepat dan sesuai dengan usia anak.

Gunakan kalimat atau kata-kata yang positif, berfokus pada pentingnya menjaga kebersihan serta kesehatan, dan menghindari bahasa yang berpotensi menimbulkan rasa tidak nyaman kepada anak didik.


Aneka Video Kisah Teladan Nabi Lainnya Bisa Ditemukan di KABI (Kisah Teladan Nabi)

8. Ajarkan Penggunaan Media Digital secara Bijaksana

Jelaskan kepada anak-anak didik tentang pentingnya menjaga privasi saat menggunakan teknologi dan internet, bahkan kepada anak-anak usia dini. Anak-anak didik perlu tahu bahwa informasi yang disebarkan di media online bisa dengan mudah diakses oleh orang asing. Hal ini memungkinkan orang asing untuk bisa melakukan tindak kejahatan.

9. Berikan Pemahaman tentang Situasi Darurat

Anak-anak didik perlu tahu kapan mereka perlu menghindari orang asing yang terlihat mencurigakan dan pentingnya memberitahu orang dewasa yang dipercaya.

10. Pentingnya Kepercayaan

Guru PAUD perlu menjadi teladan dalam berinteraksi dengan anak-anak didiknya, misalnya dengan menghindari sentuhan fisik yang tidak perlu, bahkan ketika ada anak-anak didik yang berusaha untuk melakukan sentuhan fisik, terlebih di area yang mendekati bagian tubuh privasi.

11. Gunakan Media yang Menyenangkan saat Belajar

Guru PAUD bisa menggunakan media lagu, dongeng, atau video animasi dengan tema pembelajaran tentang bagian tubuh privasi. Berikan ruang kepada anak-anak didik untuk bertanya dan mengemukakan pendapatnya.

12. Menjelaskan tentang Sopan Santun Berpakaian

Jelaskan kepada anak-anak didik penting mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Pastikan pula anak-anak didik juga memahami bahwa pakaian bermanfaat untuk menutup bagian-bagian tubuh yang privasi agar tidak terlihat atau tersentuh oleh orang lain.

13. Bangun Komunikasi dengan Orang Tua

Setelah mengajarkan tentang bagian tubuh yang privasi, guru perlu menginformasikan hal ini kepada orang tua. Guru perlu memberikan semacam panduan, bisa berupa buku atau booklet, agar ada konsistensi antara edukasi yang diberikan di sekolah dan di rumah (bersama orang tua).

14. Pentingnya Teladan Guru

Selain berperilaku sopan, guru PAUD juga perlu menjadi teladan kesopanan dalam berpakaian. Kenakan pakaian yang sopan dan tertutup, agar anak-anak didik bisa meneladaninya, terutama saat berada di lingkungan sekolah.

15. Pentingnya Melindungi Informasi Pribadi

Jelaskan kepada anak-anak didik tentang pentingnya menjaga informasi pribadi dari orang asing, misalnya nama orang tua, alamat, nomor telepon, dan lainnya.

16. Ciptakan Rasa Aman

Agar orang tua dan anak-anak didik merasa aman dan nyaman saat berada di lingkungan sekolah, pastikan bahwa guru, staf, sekuriti, dan semua warga sekolah bisa bekerjasama dalam menjaga keamanan dan kenyamanan sekolah.

Disarankan setiap kelas dan lorong di sekolah memiliki sarana keamanan berupa CCTV.

Semoga 16 tips ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya tindakan kekerasan seksual. Anak-anak didik juga akan semakin memahami pentingnya menjaga bagian tubuh privasi, sehingga mereka semakin mampu menjaga diri sendiri. Semoga bermanfaat!


Sumber Referensi:

1. Kidshealth.com. (2022). Teach about bodies [1]

2. Anxioustoddlers.com. (2022). Prevent sexual abuse [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.