Top

15 Permainan Mudah Belajar Tentang Udara: Untuk PAUD Anak Usia 2-3 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

30 Jan 2024

  |  

Edukasi

Udara adalah salah satu dari subtema pembelajaran PAUD tema Air Udara Api. Dalam pembelajaran ini, anak-anak bisa belajar sambil melakukan aneka permainan yang menyenangkan. Meskipun udara tidak terlihat, tapi anak-anak PAUD akan diajak untuk memahami udara dengan melakukan aneka aktivitas yang bervariasi dan mengasyikkan untuk anak usia 2-3 tahun.

1. Bermain Gelembung Sabun

Guru PAUD bisa menyediakan gelembung sabun yang aman, lembut, dan ramah untuk dimainkan oleh anak-anak. Pastikan bahan-bahan yang digunakan juga tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Biarkan anak-anak didik bermain dengan bahan cairan sabun, air, mangkuk, dan alat untuk membuat gelembung.

Baca juga:

Aktivitas Anak PAUD & TK Belajar Alam Semesta: Mencegah Polusi Udara

RPPH / Modul Ajar PAUD Tema Air Udara Api Subtema Ciri dan Manfaat Udara

2. Mendongeng Tentang Angin

Dalam cerita “Legenda Malin Kundang”, sang tokoh utama yang bernama Malin Kundang terombang-ambing di tengah lautan. Dengan mengamati cerita rakyat ini, anak-anak didik diajak untuk memahami betapa ganasnya angin bila bertiup sangat kencang dan di saat badai.

 

Koleksi Dongeng Menarik Lainnya bisa Diunduh pada Aplikasi RIRI (Cerita Anak Interaktif)

3. Melambai-Lambaikan Buku

Ajak anak didik untuk melambai-lambaikan buku di depan temannya. Dan biarkan temannya tersebut merasakan sejuknya angin yang berhembus. Berikan penjelasan kepada anak-anak didik bahwa angin adalah udara yang bergerak.

4. Memainkan Layang-Layang Mini

Bahan pembuatan layang-layang adalah kertas, bambu yang sudah dipotong sama panjang, perekat (lem kayu), benang, tali, dan pewarna (cat atau spidol). Siapkan bahan-bahan tersebut, dan bantu anak-anak didik dalam proses pembuatan dan menerbangkan layang-layang.

5. Bernyanyi Lagu Berjudul “Layang-Layang”

Putarkan video lagu berjudul “Layang-Layang” dan ajak anak-anak didik bernyanyi bersama. “Bermain, bermain, bermain layang-layang…. “, anak-anak pasti suka!

6. Lembar Kerja Anak Tema Transportasi Udara

Lembar Kerja Anak yang bisa diunduh gratis ini tersedia di platform Educastudio.com. Mintalah anak-anak didik mengerjakan lembar kerja tentang aneka kendaraan udara. Jelaskan kepada mereka tentang jenis-jenis kendaraan udara. Inilah contoh lembar kerja anak tema transportasi udara.

7. Melompat di Atas Balon Angin

Siapkan sebuah balon udara besar. Ajak anak-anak didik untuk melompat di atas balon udara tersebut agar mereka bisa merasakan udara saat melakukan gerakan ini.

8. Bermain Kipas Angin Mini

Ajak anak didik bermain dengan kipas angin untuk dihembuskan ke arah tebaran potongan kertas, dedaunan pada tumbuhan, dan benda-benda lain yang bisa diterbangkan angin.

9. Membuat Kreasi “Kendaraan Balon Udara”

Tutorial pembuatan kendaraan balon udara bisa ditemukan pada link di bawah ini:

a. Balon Udara 1

b. Balon Udara 2

10. Menyusun Puzzle segala Hal tentang Udara

Beberapa bentuk puzzle tentang udara antara lain adalah awan, pesawat, balon udara, helikopter, layang-layang, dan lainnya. Jelaskan kepada anak-anak didik tentang manfaat dan berbagai manfaat lainnya.

11. Melakukan Tari “Bagian Pohon”

“Menari, dan menari, tertiup angin sepoi-sepoi… .” Begitulah penggalan syair lagu berjudul “Bagian Pohon”. Ajak anak didik melakukan tarian dengan penuh suka cita dengan iringan lagu ini.

12. Gerak Lagu “Pak Pilot Bawa Aku Terbang”

Lagu ini sangat asyik digunakan sebagai iringan gerak lagu bersama anak-anak didik. Apalagi saat anak-anak didik bernyanyi bagian syair lagu, “Pak pilot bawa aku terbang, melayang berkeliling dunia.”

13. Bermain dengan Media Video

Ajak anak-anak didik mengamati video berjudul “Marbel Transportasi”. Mintalah mereka menemukan berapa jumlah transportasi udara yang ditemukan di dalam video ini.

14. Membuat dan Memainkan Kreasi Berbentuk Baling-Baling

Kreasi berbentuk baling-baling bisa dibuat dengan bahan kertas karton (bahan pembuat baling-baling), penggaris (untuk mengukur dan memotong kertas dengan presisi), pensil (untuk membuat pola pada kertas), gunting (untuk memotong kertas / pola berbentuk baling-baling), pengencang (pin atau paku kecil), benang (untuk menggantung baling-baling).

Baling-baling ini bisa dibuat dengan bantuan guru PAUD. Bila sudah jadi, ajak anak-anak didik untuk bermain bersama di tempat terbuka atau di depan hembusan angin yang berasal dari kipas angin.

15. Mengenalkan Konsep Udara Panas dan Udara Dingin

Ajak anak-anak didik untuk merasakan hawa panas saat tangan berdekatan dengan api (lilin menyala) dan dingin (es batu).

Saat melakukan aneka permainan di atas, pastikan guru PAUD selalu mendampingi anak-anak didik dan siap memberikan penjelasan dengan bahasa yang sederhana serta mudah dipahami anak-anak didik. Pastikan pula anak-anak didik bisa menikmati aneka permainan di atas.


Sumber Referensi:

1. Weareteachers.com. (2022). Kindergarten science activities. [1]

2. Teachingexpertise.com. (2022). Classroom ideas air pollution activity [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.