Top

13 Jenis Kegiatan Sedehana Belajar Tema Hewan Air untuk PAUD

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

13 Nov 2023

  |  

Parenting

Pembelajaran dengan tema atau topik hewan air bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman anak usia PAUD tentang lingkungan sekitar, terutama kehidupan di perairan.Ia akan secara efektif semakin mampu berempati pada segala makhluk ciptaan Tuhan dan merawat alam semesta.

Inilah beberapa kegiatan belajar tema hewan air yang inovatif dan variatif, serta dapat diaplikasikan di rumah bersama Ayah Bunda agar ia makin tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berkarakter.

1. Menceritakan Dongeng Fabel

Ayah Bunda bisa menceritakan dongeng fabel tentang kehidupan hewan air. Ajak Si Kecil berdiskusi tentang cara hewan bergerak, jenis makanannya, tempat hidupnya, dan lainnya.

2. Menggambar Binatang Air

Menggambar adalah salah satu aktivitas untuk mengekspresikan diri dan mengembangkan motorik halus, kognitif, daya imajinasi, dan keterampilan berkonsentrasi. Ajak Si Kecil menggambar binatang air, seperti ikan, kura-kura, gurita, bintang laut, dan lainnya.

Marbel Pelajaran TK dan PAUD: Memuat Aneka Gim Pengembangan Aneka Keterampilan Anak

 

3. Kegiatan Musikal

Ada 3 macam kegiatan musikal, yaitu mendengarkan / menonton lag, bernyanyi, dan memperagakan gerak lagu,.Kegiatan ini sangat menyenangkan, karena Si Kecil bisa belajar dimana saja dan kapan saja saat bernyanyi, melakukan gerak lagu, atau mendengarkan lagu tentang binatang air.

4. Aktivitas Penguatan Sensorik

Ayah Bunda perlu menyiapkan air dan mainan aneka jenis binatang air. Beri kesempatan bagi Si Kecil untuk mengamati, menyebutkan nama dari tiap jenis binatang, dan memegangnya. Si Kecil akan merasakan dan memahami tekstur dan bentuk dari binatang yang hidup di air.

5. Mengeksplorasi Hewan Air

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil berkunjung ke akuarium raksasa, misalnya “Sea World”. Ajak Si Kecil mengamati dan menebak nama-nama hewan yang ada di sana.

Sepulang dari kunjungan, Ajak Si Kecil menggambar atau mewarnai, serta mendiskusikan hewan yang ada di akuarium raksasa.

Baca juga:
Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik: Binatang, Hewan Berkaki Dua
Lembar Kerja Anak Tema Hewan Air - Educa Studio
Fakta Unik Kehidupan Ikan di Buku Cerita Educa Studio X Twinkl

6. Bermain Drama

Ayah Bunda bisa menyebutkan satu nama hewan air, dan mintalah Si Kecil untuk memperagakan hewan tersebut, misalnya bintang laut, gurita, kura-kura, ikan sapu-sapu, dan lainnya.

7. Menebak Gerakan Hewan Laut

Ayah Bunda bisa memperagakan beberapa jenis hewan laut dengan gerakan-gerakan, dan mintalah Si Kecil menebak nama binatang tersebut.

8. Bermain Puzzle

Cetaklah gambar-gambar yang bisa ditemukan di Google Image, lalu potong-potong setiap gambar. Setelah itu, mintalah Si Kecil merangkai kembali dengan menempelkannya pada kertas manila (kertas yang lebih tebal).

Agar Si Kecil juga belajar keterampilan membaca, Ayah Bunda bisa menuliskan nama-nama dari tiap gambar hewan yang akan dijadikan media belajar.

Ajak Si Kecil Bermain Aneka Tema Puzzle dengan Marbel Marbel Jigsaw Puzzle


9. Bermain dengan Kartu Memori

Kartu memori merupakan permainan yang melibatkan pasangan kartu dengan gambar yang serupa. Ayah Bunda perlu menyiapkan kartu memori bertema hewan air. Kartu memori bermanfaat untuk mengembangakn daya ingat anak, konsentrasi, dan kognitif Si Kecil.

10. Bermain Craft

Ajak Si Kecil membuat aneka produk kerajinan tangan, misalnya

  • Origami berbentuk ikan
  • Kreasi berbentuk kepiting dari kertas asturo
  • Kreasi berbentuk gurita berbahan kertas warna dan benang.

Aneka aktivitas membuat seni kerajinan tangan bisa memperkuat daya imajinasi, kecerdasan, dan motorik halus Si Kecil.

11. Simulasi Eksplorasi Menyelam

Siapkan aneka mainan berbentuk hewan air. Ajak Si Kecil berpura-pura menjadi penyelam dan mengamati setiap hewan air. Ajak pula ia bercakap-cakap, misalnya dengan berkata, “Lihat, ada hewan yang memiliki tempurung. Hewan apakah itu?”

12. Permainan Menyusun Kata

Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil memainkan gim ini dengan menyiapkan kepingan-kepingan huruf. Ayah Bunda menyebutkan satu buah nama hewan air, misalnya “hiu”, lalu mintalah Si Kecil untuk menyusun huruf sehingga membentuk kata “hiu”.

13. Memancing Hewan Air

Siapkan aneka bentuk hewan air dari kertas manila berwarna, misalnya bentuk hiu, belut, paus, dan lainnya. Tempelkan sebuah magnet pada masing-masing bentuk hewan.

Sediakan pula sebuah kail yang teruntai sebuah benang yang ujungnya ditempeli magnet. Ajak Si Kecil melakukan simulasi memancing dengan mainan kail tersebut agar mendapatkan hewan air.

Si Kecil harus menyebutkan nama hewan air yang ia dapatkan dengan kail bermagnet tersebut.

Dengan melakukan variasi kegiatan yang inovatif dan kreatif di atas, semoga Si Kecil tidak hanya akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berpengetahuan luas. Namun, ia juga akan semakin memahami cara merawat alam dan berempati pada semua ciptaan Tuhan.

LKA Gratis:

 


Sumber Referensi:

1. Firstcry.com. (2022). Sea animals for kids teach your child about ocean animals [1]

2. Jewelschoolgems.com. (2022). Ocean animals for kids [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.