Top

12 Tips Parenting Efektif: Mengasuh Anak Usia PAUD ( 4 - 6 Tahun )

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

11 Sep 2023

  |  

Parenting

Anak-anak usia PAUD yang berusia 4- 6 tahun adalah anak-anak yang sedang mengalami masa perkembangan sangat pesat. Anak-anak di usia ini sering disebut anak-anak di usia emas. Agar perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan bahasa anak bisa optimal orang tua perlu memberikan pengasuhan atau parenting yang tepat dan efektif.

Inilah 12 tips parenting efektif bagi anak usia PAUD yang perlu Anda ketahui:

1. Memberikan Kepercayaan kepada Si Kecil

Ayah dan Bunda bisa membantunya dengan memberikan kegiatan atau tantangan baru secara rutin. Bila ia sudah mampu melakukan suatu pekerjaan yang sederhana, berikan kepercayaan untuk melakukan pekerjaan lain yang lebih menantang.

2. Perhatian dan Kasih Sayang

Ayah dan Bunda bisa memberikan perhatian dan kasih sayang melalui hal-hal sederhana, misalnya dengan menanyakan kabar, mengajak bercerita, dan memberikan pujian pada setiap keberhasilan kecil yang ia capai. Jangan lupakan hari ulang tahunnya juga ya, Ayah dan Bunda. Dan berikan kejutan istimewa di hari spesialnya!

Aneka produk edukasi sangat cocok untuk diberikan kepada Si Kecil di hari ulang tahunnya. Dapatkan produk-produknya di Toko Marbel Junior.

 

3. Membangun Komunikasi

Berikan kesempatan kepada Si Kecil untuk mengungkapkan apa yang ia rasakan dan ia pikirkan. Ayah dan Bunda perlu lebih aktif bertanya, memilih waktu yang tepat, dan menggunakan kata-kata yang baik, sehingga Si Kecil merasa nyaman.

4. Menjadi Role-Model

Ayah dan Bunda perlu secara tekun belajar dan berlatih aneka keterampilan. Tidak perlu menjadi seorang ahli. Ketekunan Ayah dan Bunda dalam belajar pasti akan ditiru oleh Si Kecil.

Ayah dan Bunda juga perlu memiliki semangat untuk memperbaiki karakter, misalnya dengan memperdalam ilmu agama atau mengikuti seminar-seminar pengembangan karakter. Setiap perubahan karakter yang terjadi dalam diri Ayah dan Bunda akan memotivasi Si Kecil untuk tumbuh menjadi pribadi yang semakin baik.

Agar bisa menjadi role-model bagi Si Kecil, Ayah dan Bunda perlu selalu meng-upgrade ilmu di bidang parenting. Silakan klik di sini, untuk mendapatkan aneka artikel menarik dan lengkap.

5. Berfokus pada Karakter Positif

Berfokuslah membangun karakter-karakter positif Si Kecil. Hindarilah terlalu banyak menyalahkan dan mengatakan sifat-sifat negatif Si Kecil. Semakin optimal sikap dan karakter positif yang berkembang, maka Si Kecil akan tumbuh menjadi pribadi yang semakin baik.

Bangun aneka karakter positif Si Kecil dengan koleksi Kisah Nabi (Kabi). Unduh aplikasi KABI dengan klik gambar di bawah ini.

6. Menerapkan Aturan yang Tidak Mengekang

Si Kecil tentu perlu mendapatkan kebebasan untuk beraktivitas agar ia bisa berkembang secara optimal. Namun, keberadaan aturan juga perlu. Pastikan setiap aturan yang dibuat tidak bersifat mengekang, tapi bisa memberikan rasa aman dan Si Kecil memahami maksud baik dari dibuatnya suatu aturan.

Ada lho, lagu edukasi yang membuat anak cepat paham makna dan manfaat aturan. Tonton lagu di bawah ini.

 

7. Bermain Bersama

Bermain bersama bisa mengembangkan aneka keterampilan Si Kecil, meningkatkan bonding orangtua-anak, dan menjadi sarana hiburan. Semakin banyak waktu yang bisa Ayah dan Bunda berikan, akan semakin baik. Pastikan Ayah dan Bunda bisa memberikan “penampilan terbaik” saat bermain bersama Si Kecil.

Mainkan pula permainan edukasi karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa pilihan terbaik anak PAUD Indonesia: Marbel Belajar TK dan PAUD

 

8. Dorong Si Kecil untuk Bisa Membuat Keputusan

Saat Si Kecil menanyakan sesuatu, Ayah dan Bunda bisa membantunya dengan memberikan pertanyaan atau memberikan pernyataan yang berhubungan dengan apa yang ia tanyakan.

Misalnya, saat Si Kecil bertanya, “Apakah arti candi?”

Ayah dan Bunda bisa membantunya dengan kembali bertanya, “Kita pernah ke Candi Borobudur kan? Benda itu terbuat dari apa? Bagaimana bentuk patungnya?”

Biarkan Si Kecil menjawabnya. Kemudian, Ayah dan Bunda bisa membantunya dengan memberikan jawaban yang tepat dan lengkap.

9. Membuat Jadwal Aktivitas

Jadwal aktivitas rutin bisa membuat Si Kecil semakin terbiasa hidup disiplin dan teratur. Ia akan semakin terampil dalam mengelola waktu.

Bantu Si Kecil agar bisa menerapkan jadwal yang sudah dibuat dengan cara mengingatkan atau mendampinginya dalam setiap aktivitas yang masih membutuhkan bantuan.

10. Pengembangan Kognitif

Pengembangan kognitif sangat dibutuhkan agar Si Kecil semakin tumbuh menjadi anak yang cerdas. Kecerdasan yang terbangun secara optimal, akan membuatnya terampil dalam mengerjakan banyak hal, karena memiliki pengetahuan yang luas.

Pastikan pengembangan kognitif dilakukan dengan cara yang menyenangkan, misalnya dengan bermain, serta menggunakan media yang ia gemari.

Di bawah ini adalah dongeng pengembangan kognitif tentang mengenal ciri mahluk hidup.


11. Mengajarkan Sikap Bijak Berteknologi

Ayah dan Bunda perlu belajar dan mengenal aneka gim, aplikasi, dan aneka platform menarik berbasis teknologi yang bisa digunakan sebagai media edukasi.

Semakin banyak ilmu yang Anda kuasai, semakin banyak yang bisa Anda ajarkan kepada Si Kecil. Anda juga akan semakin mampu memberikan pendampingan yang lebih baik.

12. Tekun Belajar, Berkomunitas, dan Berinteraksi

Ilmu parenting adalah ilmu yang tidak akan pernah Anda kuasai 100 persen. Mengapa? Karena Si Kecil akan terus tumbuh dan berkembang. Pada setiap jenjang usia anak, anak membutuhkan penanganan dan pengasuhan yang berbeda pula.

Jalinlah komunikasi yang baik dengan guru di sekolah. Ayah dan Bunda juga perlu memiliki komunitas orangtua (yang peduli pada dunia parenting), baik di dunia nyata maupun di dunia maya. Bila ada persoalan anak atau keluarga yang cukup serius, Ayah dan Bunda bisa berkonsultasi pada ahlinya (misalnya psikolog).

Baca juga:

1. RPPH ( Modul Ajar ) Lengkap Kurikulum Merdeka PAUD - TK

2. Permainan PAUD - TK Terlengkap Media Belajar Bermain di Kurikulum Merdeka


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Asian family mother father daughter making fun [1]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.