Top

12 Pilihan Cara Belajar dalam Gim Marbel TK Paud (Belajar TK PAUD Bersama Marbel)

Oleh Vanya Karunia Mulia Putri

  |  

09 Sep 2024

  |  

Edukasi

Gim edukasi adalah proses pembelajaran yang dibuat menyenangkan. Bertujuan menciptakan proses belajar yang efektif, menyenangkan, interaktif, juga tidak membosankan. Pada dasarnya, gim edukasi bisa ditujukan untuk semua kalangan. Mulai dari anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK (Taman Kanak-kanak) hingga orang dewasa sekalipun.

Menurut Arifannisa, dkk dalam buku Sumber dan Pengembangan Media Pembelajaran (2023), berikut beberapa manfaat gim edukasi yang perlu diketahui:

  • Meningkatkan kesadaran juga menambah motivasi
  • Mengembangkan pengetahuan
  • Melatih komunikasi dan kolaborasi
  • Melatih keterampilan pengguna
  • Mengintegrasikan pengalaman belajar yang dimiliki pengguna.

Melihat banyaknya manfaat yang diberikan oleh gim edukasi, hal ini melatarbelakangi Educa Studio untuk meluncurkan beberapa gim edukasi. Salah satunya, gim edukasi Marbel (Mari Belajar Sambil Bermain) TK dan PAUD.

Gim ini memuat beberapa fitur yang memudahkan anak dan orang tua untuk mengeksplorasinya. Secara spesifik, artikel ini akan membahas 12 program belajar untuk anak, dalam gim edukasi Marbel TK PAUD. Yuk, simak penjelasannya!

Program belajar dalam gim Marbel TK PAUD

Sebagai informasi, Marbel adalah singkatan dari Mari Belajar Sambil Bermain. Gim edukasi Marbel TK PAUD menjadi salah satu produk unggulan Educa Studio, selain Riri Cerita Anak Interaktif dan Kabi.

Secara khusus, gim produksi Educa Studio ini, memang diperuntukkan bagi anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) dan TK (Taman Kanak-kanak). Namun, ada pula, aplikasi Marbel yang ditujukan untuk anak SD (Sekolah Dasar). Contohnya aplikasi Marbel Kebiasaan Baru dan aplikasi Belajar Membaca Bersama Marbel yang bisa digunakan hingga anak usia 12 tahun. 

Gim edukasi Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel) hadir guna membantu anak PAUD dan TK, untuk belajar secara interaktif dan menyenangkan agar tidak cepat bosan.  Educa Studio percaya bahwa proses belajar sejatinya bisa dikemas menyenangkan dan interaktif, supaya anak tidak cepat bosan atau merasa "dipaksa" untuk terus belajar oleh orang tua mereka.

Berikut 12 program belajar yang bisa dipilih orang tua dan anak dalam gim edukasi Marbel TK PAUD:

Belajar Huruf

Pertama, Belajar Huruf. Anak-anak akan diajarkan untuk membaca, mendengar, hingga melafalkan huruf A sampai Z. Proses pembelajaran ini bisa dilakukan berulang kali hingga anak fasih atau hapal.

Belajar Angka

Selain belajar huruf, anak-anak akan belajar membaca, mendengar, juga melafalkan angka secara berurutan, mulai dari 1, 2, 3, 4, hingga seterusnya.

Belajar Bentuk

Sama seperti program sebelumnya, anak akan belajar bentuk-bentuk yang mungkin dijumpai mereka dalam kehidupan sehari-hari, seperti persegi, persegi panjang, lingkaran, oval, segitiga, dan lain-lain.

Belajar Benda

Anak akan mempelajari beragam benda yang dijumpainya di lingkungan sekitar mereka, seperti di ruang keluarga, kamar tidur, kamar mandi, hingga dapur. Proses pembelajaran ini tentunya akan memudahkan anak dalam mengingat benda-benda tersebut.

Belajar Buah

Selain mempelajari huruf, angka, nama bentuk dan benda, anak-anak juga akan belajar nama-nama buah, seperti alpukat, anggur, apel, jeruk, dan sebagainya.

Belajar Sayur

Anak-anak akan belajar membaca, mengenali, mendengarkan, juga melafalkan nama-nama sayur yang mungkin akan mereka jumpai dalam kehidupan sehari-hari.

Belajar Warna

Selain itu, dalam gim edukasi Marbel TK PAUD, anak juga akan belajar nama-nama warna dasar, seperti merah, jingga, kuning, hijau, biru, merah muda, ungu, cokelat, hitam, dan putih.

Belajar Transportasi

Selain mengenal huruf, angka, benda, bentuk, warna, sayur, dan buah, lewat gim edukasi Marbel TK PAUD, anak juga akan belajar membaca, mendengar, dan melafalkan nama-nama alat transportasi, seperti mobil, bus, pesawat, kapal laut, perahu, hingga sepeda.

Belajar Fauna

Pilihan cara belajar berikutnya adalah belajar fauna. Anak akan belajar soal nama-nama hewan, seperti hewan udara, binatang ternak, hewan liar, binatang laut, ikan hias, hewan langka, dan binatang hutan.

Belajar Flora

Selanjutnya, anak bisa belajar tentang nama-nama flora atau tanaman. Mulai dari tanaman obat, tanaman pangan, tanaman hias, hingga tanaman bunga. Proses pembelajaran ini pun juga bisa dilakukan berulang kali.

Belajar Profesi

Anak akan belajar nama-nama profesi yang bersifat umum. Misalnya dokter, guru, dokter gigi, perawat, ilmuwan, astronot, polisi, dan lain-lain.

Belajar Tubuh

Anak akan belajar soal nama-nama anggota tubuh, dimulai dari bagian kepala, badan, tangan, hingga kaki. Misalnya alis, jari, telapak tangan, mata kaki, mata, lutut, dan sebagainya.

Belajar Alat Berat

Terakhir, dalam gim Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel), anak akan belajar nama-nama alat berat. Supaya mereka lebih mengenal benda-benda yang akan dijumpainya di lingkungan sekitar atau tempat umum.

Perlu diketahui, bahwa semua proses pembelajaran dalam gim Marbel TK PAUD (Belajar TK PAUD Bersama Marbel) ini, dikemas secara interaktif dan menyenangkan. Anak bebas mengeksplorasi isi aplikasi ini, dengan membaca, menekan, mendengar, hingga melafalkan nama-nama benda, huruf, angka, bentuk, binatang dan sebagainya.

Dengan begitu, gim edukasi Marbel TK PAUD milik Educa Studio sangat membantu anak, untuk lebih bisa mengkesplorasi juga mempelajari hal baru, dan menambah pengetahuan mereka.

Bagikan artikel ini

Author :

Vanya Karunia Mulia Putri

Content Writer Educa Studio