Top

12 Kerajinan Tangan Islami Bahan Limbah di Bulan Ramadan untuk Anak Usia 4-6 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

03 Mar 2024

  |  

Edukasi

12 kreasi kerajinan tangan Islami sederhana ini bisa menjadi pilihan guru PAUD dalam mengajar di sekolah, terutama saat bulan Ramadan. Selain bermanfaat untuk meningkatkan aneka keterampilan anak-anak didik yang berusia 4 hingga 6 tahun, variasi kegiatan berikut ini sangat menyenangkan.

Anak-anak didik juga diajak untuk merawat bumi dan alam semesta, karena bahan yang digunakan dalam kegiatan berikut ini berasal dari limbah atau bahan bekas. Berikut ini adalah kegiatan menarik tersebut:

1. Kerajinan Tangan Berbentuk Bunga

Siapkan koran bekas atau kertas origami, dan ajak anak-anak didik untuk membuat kerajinan tangan berbentuk bunga. Kerajinan tangan tersebut bisa dipajang di kelas saat selama bulan Ramadan agar kelas menjadi lebih indah.

Temukan Aneka Kreasi Bertema Ramadan Lainnya dengan Klik EDUCA RAMADAN.

2. Membuat Kaligrafi

Bahan dasar yang digunakan dalam membuat kaligrafi adalah kardus bekas. Ajak anak didik untuk membuat kaligrafi Arab di atas kardus, bisa dengan media cat air atau spidol. Setelah setesai, kaligrafi tersebut bisa dihiasi agar terlihat lebih indah dan menarik.

Ajarkan Kepada Siswa Karakter Kesabaran dengan Kisah Nabi Berikut Ini:

 

 

3. Tempat Penyimpanan Zakat

Mintalah anak didik untuk membawa botol minum. Botol minum tersebut akan diberi lubang dan diberi hiasan. Tanamkan karakter pentingnya berbagi kepada yang membutuhkan pada anak-anak didik setelah anak didik selesai menghiasnya dengan media dongeng atau video animasi yang menarik.

4. Lampu Hias

Bahan yang digunakan dalam pembuatan kreasi ini adalah kaleng bekas. Ajak anak didik untuk menghias kaleng bekas dengan motif Islami.

5. Tas Belanja

Tas belanja bisa dibuat dari bahan kertas bekas yang digunakan untuk membungkus kertas HVS. Ajak anak-anak didik untuk menghias kertas tersebut dengan aneka hiasan bertema Islami, misalnya tulisan arab atau bentuk masjid.

6. Hiasan Dinding

Temukan aneka bentuk gambar-gambar bernafaskan Islami di internet dan cetak di atas kertas HVS. Tempelkan gambar-gambar tersebut di atas kertas kardus dan mintalah anak-anak didik mewarnai atau menghiasinya. Setelah selesai, anak-anak didik bisa diajak untuk menempelkannya di dinding dengan media tali kenur.

Ajak Anak Didik Mensyukuri Keindahan Alam Ciptaan Tuhan dengan Bernyanyi Lagu Berjudul “Pelangi”


7. Lampion

Lampion ini dibuat dari bahan botol plastik bekas. Botol plastik disobek dengan menggunakan gunting pada bagian samping-sampingnya. Lalu, tekan botol tersebut sehingga terlihat menggelembung. Bantu anak-anak didik untuk menutup bagian yang terbuka dengan menggunakan kertas asturo. Lalu, mintalah anak-anak didik untuk menghiasainya.

8. Kalung

Kalung ini dibuat dari kancing-kancing baju bekas. Ajak anak-anak didik untuk merangkai kancing-kancing baju bekas dengan menggunakan seutas tali kenur atau senar.

9. Miniatur Masjid

Miniatur Masjid ini bisa dibuat dengan bahan kotak susu dan gambar masjid yang bisa ditemukan di internet. Cetak gambar masjid pada selembar kertas dan gunting gambar tersebut. Tempelkan gambar tersebut di atas kotak susu sebagai pola. Lalu, gunting bentuk masjid tersebut sesuai pola.

Sisakan bagian bawah Masjid, sebagai bagian yang tidak digunting. Karena bentuk Masjid tersebut tampak dengan posisi berdiri.

10. Topi Ramadan

Siapkan bahan utama untuk membuat karya ini, yaitu kertas koran bekas. Setelah dilipat dan membentuk sebuah topi, ajak anak-anak didik untuk menghiasinya dengan bentuk Masjid atau bulan dan bintang.

11. Tabung Sedekah

Tabung sedekah ini terbuat dari selongsong tisu bekas. Ajak anak didik untuk menutup selongsong tisu tersebut dengan kertas karton pada bagian atas dan bagian bawah, lalu berilah lubang seukuran koin. Setelah selesai, mintalah anak-anak didik untuk mendekorasinya dengan bentuk-bentuk yang bertema Ramadan.

12. Bingkai Foto

Ajak anak-anak didik untuk membuat bingkai foto dari bahan stik es krim. Bingkai foto tersebut bisa diisi dengan foto keluarga dari anak-anak didik yang sedang mengenakan busana Islami.

Agar anak-anak didik semakin bersemangat, guru PAUD bisa mengapresiasi setiap karya anak-anak didik dengan cara memberikan pujian atau kata-kata yang motivatif. Guru PAUD bisa memamerkan karya anak-anak didik agar semakin bersemangat belajar dan beraktivitas dalam mengembangkan aneka kecerdasan mereka.

Baca juga: Modul Ajar PAUD Usia 2-3 Tahun, Tema Kegiatan di Bulan Ramadan


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Boy looking camera showing finger ok sign [1]

2. Kids-konnect.com (2022). Teaching ramadan to preschoolers [2]

3. Bayanulquran-academy.com. (2022). Ramadan activities for kids [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.