Top

12 Kegiatan Ramadan yang Melibatkan Orang Tua bersama Anak Didik Usia 5-6 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

03 Mar 2024

  |  

Edukasi

Kegiatan bersama orang tua di satuan PAUD bermanfaat untuk membangun bonding antara orang tua-anak agar semakin akrab dan semakin saling memahami. Orang tua juga akan diajak agar semakin terlibat dalam pendidikan anak, sehingga akan semakin memahami perkembangan anak.

Di bulan Ramadan, ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di satuan PAUD yang melibbatkan orang tua, beberapa diantaranya adalah:

1. Kegiatan Berbuka Puasa Bersama

Kegiatan ini bisa dilakukan di sekolah, Masjid, maupun di rumah salah satu siswa. Manfaat dari kegiatan ini adalah membangun rasa kebersamaan dan solidaritas antar keluarga siswa. Dalam kegiatan ini, setiap siswa diizinkan untuk membawa makanan untuk dinikmati bersama, sehingga bisa membangun sifat gemar berbagi.

 

Aneka Kisah Teladan Nabi Lainnya Bisa Ditemukan dalam Aplikasi KABI.

2. Shalat Tarawih Bersama

Guru PAUD bisa mengajak orang tua siswa untuk melakukan shalat tarawih bersama. Kegiatan ini bisa dilakukan di rumah atau di masjid. Kegiatan ini bermanfaat untuk membangun hubungan spiritual. Orang tua, guru, dan siswa berkesempatan untuk memberikan teladan dalam melakukan ibadah dengan sopan dan khidmat.

3. Bercerita Kisah Nabi

Orang tua dapat menceritakan aneka kisah Nabi kepada anak-anak mereka. Anak-anak didik akan mendapatkan aneka pesan moral dan nasihat yang berharga bagi kehidupan mereka di masa depan melalui orang tua sendiri maupun orang tua dari teman-temannya.

4. Membuat Dekorasi Ramadan

Orang tua dan anak-anak didik dapat membuat aneka hiasan dinding dan hiasan gantung yang bisa dipasang untuk memperindah kelas dan sekolah. Beberapa hiasan juga bisa dibawa pulang sebagai hiasan di rumah.

Kegiatan ini bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas dan daya imajinasi anak-anak didik.

5. Membuat Kalender Ramadan

Orang tua siswa dan anak-anak didik bisa membuat kalender bersama. Aplikasi Canva menyediakan aneka variasi kalender yang bisa dicetak, lalu didekorasi bersama. Anak-anak didik bisa diminta untuk menandai setiap hari puasa dan kegiatan yang mereka lakukan selama bulan Ramadan.

6. Membuat Kartu Ucapan Ramadan

Bersama orang tua, anak-anak didik dapat diminta membuat kartu ucapan Ramadan untuk teman-teman, anggota keluarga, para guru, dan kerabat dekat. Manfaat dari kegiatan ini mengajarkan pentingnya membangun tali silaturahmi dan kepedulian kepada sesama.

7. Mengadakan Kegiatan Amal

Anak-anak didik dibantu oleh orang tua bisa mengumpulkan aneka benda-benda layak pakai yang nantinya bisa didonasikan kepada yang membutuhkan. Anak-anak didik bisa belajar tentang pentingnya kegiatan amal kasih kepada sesama dan mengembangkan empati.

8. Membuat Tasbih

Anak-anak didik dengan bantuan orang tua bisa diajak untuk membuat tasbih berbahan manik-manik. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengenalkan nilai-nilai ibadah dan dzikir kepada anak-anak didik.

Dapatkan Lembar Kerja Anak Terbaru tentang HURUF HIJAIYAH. Silakan klik link di bawah ini:

Hijaiyah Letters #1
Hijaiyah Letters #4
Hijaiyah Letters #5

9. Membaca Al-Qur’an Bersama

Orang tua bisa memandu buah hatinya dalam membaca Al-Qur-an, serta mengaji bersama selama bulan Ramadan. Kegiatan ini bermanfaat membantu anak-anak dalam memahami dan menghafal ayat-ayat Al-Qur’an.

10. Memasak bersama

Dengan melibatkan orang tua, anak-anak didik bisa diajak untuk mempersiapkan menu makanan untuk berbuka bersama-sama. Anak-anak didik bisa belajar tentang keterampilan memasak, kerja sama, dan rasa tanggung jawab.

Kembangkan Karakter Anak Didik bersama RIRI (Cerita Anak Interaktif)

11. Mengadakan Kegiatan Ramadan Kareem

Orang tua dan anak-anak didik dapat diminta untuk melakukan kegiatan nyata yang positif selama bulan Ramadan. Setelah mereka melakukannya, anak-anak didik bisa diminta untuk menceritakan pengalaman mereka di depan anak-anak didik lainnya. Kegiatan ini bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan bercerita / public speaking dan berbagi pengalamam perilaku yang baik.

12. Menonton Kegiatan Keagamaan Bersama

Anak-anak didik bersama orang tua diajak untuk menyaksikan aneka kegiatan keagamaan, misalnya ceramah Ramadan dan pengajian. Dalam kegiatan ini, anak-anak berkesempatan untuk belajar tentang nilai-nilai dari aneka acara keagamaan.

Semoga variasi kegiatan bersama orang tua di atas dapat memperkaya pengalaman anak-anak didik agar semakin mampu melakukan hal-hal positif, baik selama bulan Ramadan maupun di bulan-bulan lainnya. Orang tua dan anak-anak didik pasti juga akan semakin kompak dalam

Semoga kegiatan-kegiatan ini dapat memperkaya pengalaman Ramadan anak-anak PAUD dan memperkuat hubungan antara anak-anak dan orang tua dalam suasana Ramadan.

Aneka Aktivitas Bulan Ramadan untuk PAUD dan Anak Lainnya Bisa Ditemukan dengan Klik EDUCA RAMADAN 


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Mother helping kid with homework front view [1]

2. Twinkl.com. (2022). 30 Days interesting ramadan activity ideas for kids [2]

3. Parents.com. (2022). Fun activities to do with your children for ramadan [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.